Harga ikan gurame terbaru
Sumber: https://www.bulelengkab.go.id/

Harga Ikan Gurame

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Gurame adalah salah satu ikan jenis air tawar yang lumayan laris di pasaran Indonesia karena diminati banyak masyarakat. Selain karena harga ikan gurame yang cukup terjangkau, ikan dengan ukuran jumbo ini juga sering sekali digunakan sebagai bahan dasar dari beragam makanan lezat. Selain itu, manfaat ikan gurame juga banyak dirasakan oleh masyarakat. Karena alasan inilah usaha budidaya ikan gurame di Indonesia kian meningkat.

Harga Ikan Gurame Semua Jenis Terbaru

Daftar harga ikan gurame per kilo, per ekor, per box
Sumber: https://masandy.com/

Hingga kini, setidaknya terdapat 8 jenis ikan gurame di Indonesia yang paling banyak dibuidayakan dan dijual. Harga jual ikan gurame umumnya ditentukan oleh jenis serta ukurannya. Ikan gurame juga biasa dijual per ekor, per kilo bahkan hingga per box. Biasanya harga ikan gurame per box relatif lebih murah daripada harga ikan gurame per ekor. Berikut informasi lengkap mengenai jenis-jenis ikan gurame dan harganya.

1. Ikan Gurame Batu

Karakteristik utama ikan gurame batu adalah tekstur kulit dan warnanya yang kasar seperti batu. Sayangnya, jenis gurame batu ini tidak terlalu populer seperti jenis gurame lainnya. Oleh karena itu, ikan gurame jenis ini sudah mulai jarang terlihat di pasaran dan menjadi cukup langka.

Ada 2 faktor utama yang menjadi alasan kenapa ikan gurame batu jarang dijual lagi di pasaran. Faktor pertama adalah pembudidayaannya yang membutuhkan waktu lama. Hal tersebut dapat membuat boros pengeluaran untuk kebutuhan pakan dan pemeliharaan lainnya. Dan faktor kedua adalah rasanya kurang enak bagi sebagian besar masyarakat. Atas dasar inilah ikan gurame batu sudah kekurangan peminat.

Namun, jika kamu ingin tetap mencari dan membeli ikan gurame batu, tidak perlu khawatir karena harga ikan tawar jenis ini cukup murah. 1 kg ikan gurame batu biasa dijual dengan harga Rp. 30.000 untuk kualitas biasa. Sementara kualitas supernya dijual sekitar Rp. 35.000.

Baca juga: Harga ikan louhan

2. Ikan Gurame Soang

Selain disebut ikan gurame soang, gurame yang satu ini juga sering disebut “Ikan Gurame Jawa Barat”. Karena Jawa Barat, terutama daerah Ciamis dan sekitarnya merupakan daerah yang pertama kali membudidayakan ikan gurame jenis ini.

Ciri-ciri ikan gurame soang adalah dahinya. Dahi ikan gurame soang jantan akan terlihat lebih menonjol daripada ikan gurame soang betinanya. Semakin bertambah usianya, maka semakin menonjol ke atas juga bentuk dahi ikan gurame soang ini. Tonjolan pada dahinya tersebut berbentuk seperti kepala angsa. Dan dalam Bahasa Sunda, angsa juga disebut sebagai “Soang”. Oleh karena itulah ikan gurame jenis ini disebut gurame soang.

Kamu bisa menemukan ikan gurame soang baik di pasar tradisional maupun di pasar modern dengan harga jual sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 45.000 tergantung pada kualitasnya.

3. Ikan Gurame Jepun

Ikan gurame jepun adalah salah satu jenis ikan gurame yang paling banyak diminati masyarakat untuk dikonsumsi. Jenis yang satu ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu “Gurame Purwokerto” dan “Gurame Jawa Tengah”. Nama ini mencerminkan di mana ikan gurame jepun dibudidayakan, yaitu dari wilayah Purwokerto.

Bila dilihat sekilas, tampilan fisik gurame jepun hampir mirip seperti gurame soang. Namun, bila dilihat lebih detail lagi, maka kamu akan menemukan perbedaan. Perbedaan dari dua spesian gurame ini terletak pada bagian moncongnya. Moncong ikan gurame jepun berukuran relatif lebih panjang.

Kamu bisa langsung datang ke pasar terdekat untuk membeli ikan gurame jepun. Di pasaran, ikan gurame jepun terdiri dari 2 macam kualitas, yaitu kualitas biasa dan super. Ikan gurame jepun kualitas biasa dibanderol dengan harga Rp. 40.000. Sementara harga ikan gurame per kilo jenis jepun dengan kualitas supernya adalah sekitar Rp. 45.000.

4. Ikan Gurame Baster

Ikan gurame baster banyak dipilih oleh para pelaku usaha untuk dibudidayakan karena masa pertumbuhannya yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya. Sehingga para pelaku budidaya bisa lebih menghemat biaya pakan dan kebutuhan lainnya. Waktu pembudidayaan ikan gurame baster juga lebih efisien yang membuat hasil panennya dapat diambil lebih cepat.

Setelah masa budidaya selama kurang lebih 1 tahun terlewati, ikan gurame baster akan mempunyai berat badan rata-rata 3 kg. Semakin tinggi beratnya maka semakin tinggi juga harga jual ikan gurame baster di pasaran. Sekarang, ikan gurame baster kualitas biasa dijual sekitar Rp. 50.000 untuk kualitas biasa. Sementara kualitas supernya dijual sekitar Rp. 60.000 per kg. Dan untuk harga bibit ikan gurame telah dibahas pada artikel sebelumnya.

5. Ikan Gurame Padang atau Albino

Jenis ikan gurame ini memang berasal dari daerah Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat sesuai dengan namanya. Disamping hal tersebut, jenis gurame yang satu ini dikenal juga dengan nama ikan gurame albino. Karena jenis gurame ini mempunyai karakteristik sisik yang berwarna putih bersih disebabkan kelainan genetik albino.

Tidak hanya kelainan genetik kulitnya yang menjadi keunikan dari gurame albino ini, jenis ini juga memiliki keunikan lain. Aktivitas reproduksi ikan gurame padang cukup tinggi, dalam sekali pemijahan saja, ikan ini mampu menghasilkan sekitar 3000 butir telur. Jadi, bagi kamu yang ingin memulai usaha berprofit tinggi, ikan gurame padang atau albino ini sangat cocok.

Harga gurame padang juga jauh lebih mahal daripada jenis gurame lainnya. Satu kg ikan gurame padang kualitas biasa dapat mencapai harga Rp. 60.000. Sementara kualitas supernya dijual sekitar Rp. 70.000 per kg.

6. Ikan Gurame Paris

Hanya karena namanya paris, bukan berarti ikan gurame yang satu ini berasal dari Perancis. Pemberian nama tersebut sekadar strategi para pedagan guna menarik perhatian dan minat konsumen. Ikan gurame paris berkarakteristik utama tubuh yang didominasi dengan warna merah mulai dari bagian kepala sampai ekornya.

Selain warna kulit dan namanya yang unik, ikan gurame paris juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Bila dibudidayakan dengan benar, satu ekor gurame paris dapat menghasilkan hingga 5.000 butir telur dalam sekali pemijahan.

Harga gurame paris ini juga tergolong tinggi di pasaran. Kualitas biasa ikan gurame paris dijual sekitar Rp. 55.000. Sementara untuk kualitas supernya dipatok harga Rp. 65.000.

7. Ikan Gurame Blue Safir

Karakteristik utama ikan gurame blue safir adalah warna kulitnya yang merah cerah. Jika dibudidayakan dengan benar, ikan ini dapat mencapai panjang maksimal sampai 35 cm. Dan berat maksimalnya adalah 2 kg.

Dalam satu kali proses memijah, gurame blue safir dapat menghasilkan mulai dari 4.000 sampai 5.000 telur. Harga dan permintaan ikan gurame blue safir di pasaran tergolong stabil. Ikan gurame blue safir kualitas biasa dijual Rp. 55.000. Dan ikan gurame blue safir kualitas super dijual Rp 60.000.

Baca juga: Harga ikan discus

Berikut daftar harga ikan gurame per kilo berdasarkan provinsinya lengkap.

NoProvinsiHarga per KG
1JakartaRp. 48.000-an
2Jawa BaratRp. 42.500-an
3Jawa TengahRp. 43.000-an
4Jawa TimurRp. 43.500-an
5YogyakartaRp. 46.000-an
6BaliRp. 56.000-an
7AcehRp. 52.500-an
8LampungRp. 53.000-an
9BantenRp. 46.000-an
10RiauRp. 53.500-an
11Sumatera UtaraRp. 54.000-an
12Sumatera SelatanRp. 53.000-an
13Kalimantan BaratRp. 55.000-an
14Kalimantan TimurRp. 54.000-an
15Sulawesi UtaraRp. 55.000-an

Itulah informasi lengkap mengenai harga ikan gurame semua jenis. Ikan gurame bisa kamu jadikan sebagai pilihan usaha budidaya karena permintaan dan harganya yang cukup stabil di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *