Harga ikan louhan terbaru

Harga Ikan Louhan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Salah satu ikan hias yang sangat terkenal adalah ikan louhan. Ikan louhan terkenal sebagai ikan hias terpopuler yang ada di Indonesia saat ini. Selain itu, harga ikan louhan juga dikenal sangat mahal. Ikan louhan terkenal akan kecantikan warna dan keunikannya tersendiri, yaitu sebuah benjolan atau jenong yang ada di kepalanya.

Semakin besar dan ideal benjolan di kepalanya, maka semakin mahal juga harga sebuah ikan louhan. Namun, benjolan yang terlalu besar dan terlihat kurang bagus juga dapat menurunkan harganya. Karena benjolan yang terlalu besar juga menjadi pertanda bahwa umurnya sudah tua.

Jenis-Jenis Ikan Louhan dan Harganya

Harga ikan louhan kamfa, anakan, cencu, srd

Ada banyak jenis ikan louhan, yang paling mudah untuk dibedakan adalah ikan louhan lokal dan impor. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis ikan louhan dan harganya.

1. Ikan Louhan Kamfa

Ikan louhan kamfa merupakan jenis ikan louhan yang sangat populer di Indonesia. Yang membuat ikan louhan dari Indonesia dan Singapura ini terkenal adalah ciri khas warna merah meronanya, hiasan corak bintik-bintik warna putih di seluruh tubuh dan bintik-bintik hitam di bagian tengah tubuhnya.

Karena warna merahnya yang menyala dan mencolok, ikan louhan kamfa ini juga dikenal dengan sebutan louhan mutiara.

Harga ikan louhan kamfa saat ini adalah sekitar Rp. 3,5 juta per ekor. Sementara harga ikan louha kamfa anakannya sekitar Rp. 800 r. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan louhan Super Red Dragon atau yang biasa disingkat ikan louhan SRD merupakan jenis ikan louhan impor dari Thailand. Louhan SRD merupakan hasil perkawinan silang dari louhan chicild dan louhan cencu.

Ciri khas ikan louhan SRD adalah ukuran kepalanya yang jauh lebih besar dan berbeda dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, serta warna merah yang lebih dominan di kepalanya.

Harga ikan louhan SRD di pasaran adalah Rp. 1,5 juta. Jika jenong dan corak warnanya lebih bagus lagi, maka tentu harganya juga lebih mahal. Sedangkan untuk anakan louhan SRD dijual sekitar Rp. 400 ribu.

Baca juga: Harga ikan arwana terbaru

3. Ikan Louhan Bonsai

Nama bonsai diambil dari tanaman bonsai yang kecil dan mungil, persis seperti tubuh jenis ikan louhan yang satu ini. Louhan bonsai mempunyai tubuh yang kecil, walaupun begitu tubuhnya tetap tidak kalah cantik dengan louhan-louhan lainnya.

Ikan louhan bonsai masih banyak dicari untuk menghiasi akuarium di rumah. Tapi harga satu ekor ikan louhan bonsai masih terbilang terjangkau, yaitu Rp. 800 ribu. Dan untuk anakannya sekitar Rp. 250 ribu.

4. Ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan louhan golden red merupakan salah satu jenis ikan louhan termahal yang ada di Indonesia saat ini. Balutan warna merah keemasan dari mulai ujung kepala sampai ekor membuat ikan louhan golden red terlihat sangat menarik dan mempesona.

Perpaduan warnanya yang indah ini membuat ikan louhan golden red dijual dengan harga mencapai Rp. 3 juta per ekor. Sementara anakan ikan louhan golden red biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 600 ribu.

5. Ikan Louhan Golden Base

Sesuai namanya, ikan louhan golden base memiliki warna tubuh yang dominan kuning, dengan warna benjolan kuning sedikit kemerahan. Jika jenis ikan louhan lain pada umumnya memiliki corak warna hitam, maka tidak dengan jenis golden base ini. Hal itu juga merupakan salah satu ciri khas yang membuatnya sangat berbeda dengan jenis ikan louhan yang lain.

Satu ekor ikan louhan golden base dijual dengan harga yang cukup mahal, sekitar Rp. 1,8 juta. Dan untuk anakan louhan golden base biasanya hanya dipatok harga berkisar di Rp. 400 ribuan saja.

6. Ikan Louhan Rainbow King

Sangat sesuai dengan namanya, ikan louhan rainbow king mempunyai perpaduan banyak warna yang cantik nan indah bagai pelangi di tubuhnya. Biasanya perpaduan warnanya terdiri dari kuning, hijau, biru, ungu, pink dan merah.

Karena keistimewaannya tersebut, jenis louhan rainbow king juga termasuk ke dalam jenis ikan louhan termahal. Harga satu ekor ikan louhan rainbow king bisa sangat fantastis, yakni Rp. 3 juta rupiah, sementara anakannya bisa mencapai Rp. 600 ribu.

7. Ikan Louhan Cencu

Louhan jenis cencu memiliki corak warna yang lebih beragam dibanding jenis louhan lain pada umumnya. Perpaduan warna pada louhan cencu biasanya dimulai dari kuning, merah, coklat hingga putih.

Harga ikan louhan cencu juga terbilang relatif lebih murah daripada louhan lainnya, yaitu hanya Rp. 750 ribu. Dan harga anakan ikan louhan cencu adalah sekitar Rp. 150 ribu.

8. Ikan Louhan Strom

Ikan louhan strom bisa dibilang masih cukup asing di kalangan penggemar ikan hias Indonesia. Hal ini dikarenakan louhan strom merupakan ikan louhan hasil budidaya para pecinta ikan hias dari Thailand yang penyebarannya masih belum menyeluruh. Oleh karena itu keberadaan ikan louhan strom di Indonesia masih cukup jarang.

Namun sekarang ada banyak orang yang mulai tertarik dengan kecantikannya dan ingin memelihara ikan ini. Tak heran jika harga louhan strom cukup mahal di pasaran, yaitu Rp. 2,5 juta. Sementara untuk anakan louhan strom dihargai sekitar Rp. 650 ribuan.

9. Ikan Louhan SRS (Super Red Synspilum)

Ikan louhan SRS merupakan jenis ikan louhan impor yang juga berasal dari Thailand. Louhan SRS sering dijuluki sebagai louhan kamfa versi Thailand. Kombinasi warna merah dan oranye menyala yang sempurna serta tidak adanya bintik-bintik di tubuh merupakan ciri khas dari louhan SRS.

Louhan jenis ini juga terkenal akan daya tahan tubuhnya yang baik terhadap berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, selain karena keindahannya, louhan SRS juga diminati karena kekebalan tubuhnya.

Harga ikan louhan SRS masih di angka 2 jutaan, kurang lebih sekitar Rp. 2,5 juta dan untuk anakannya hanya sekitar Rp. 400 ribu.

10. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Sama seperti saudaranya, ikan louhan SRT juga berasal dari Thailand. Jenis ini merupakan hasil persilangan antara louhan Texas chicild abu-abu dengan louhan golden red. Oleh karena itulah diberi nama Texas.

Louhan SRT memiliki tubuh berwarna merah merona disertai bintik-bintik putih yang merata. Sayangnya tidak seperti jenis louhan yang lain, louhan SRT tidak akan mempunyai benjolan yang besar walau sudah berumur dewasa.

Satu louhan SRT dibanderol sekitar Rp. 2,3 juta. Sementara anakannya dibanderol sekitar Rp. 600 ribuan.

Tabel Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa

Berikut daftar harga semua jenis ikan louhan anakan dan dewasa.

Baca juga: Harga ikan koi

Jenis Ikan LouhanHarga AnakanHarga Dewasa
Ikan Louhan KamfaRp. 800.000-anRp. 3.500.000-an
Ikan Louhan SRDRp. 400.000-anRp. 1.500.000-an
Ikan Louhan BonsaiRp. 250.000-anRp. 800.000-an
Ikan Louhan Golden RedRp. 600.000-anRp. 3.000.000-an
Ikan Louhan Golden BaseRp. 400.000-anRp. 1.800.000-an
Ikan Louhan Rainbow KingRp. 600.000-anRp. 3.000.000-an
Ikan Louhan CencuRp. 150.000-anRp. 750.000-an
Ikan Louhan StromRp. 600.000-anRp. 2.500.000-an
Ikan Louhan SRSRp. 400.000-anRp. 2.500.000-an
Ikan Louhan SRTRp. 500.000-anRp. 2.300.000-an

Demikian artikel mengenainai jenis-jenis ikan louhan dan harga ikan louhan. Yang pasti, harga ikan louhan anakan selalu lebih murah daripada louhan yang sudah berusia dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *