Harga ikan bawal
Sumber: https://godongijo.com/

Harga Ikan Bawal

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan air tawar adalah salah satu jenis komoditi pangan yang selalu dibutuhkan dipasaran saat ini. Jenis ikan air tawar yang masih dicari terus sampai saat ini tentu saja adalah ikan bawal. Kali ini, kita akan membahas mengenai jenis, tips memilih sampai dengan update mengenai harga ikan bawal terbaru.

Perlu diketahui kalau jenis ikan tawar sendiri bukan hanya satu saja, tetapi ada jenis yang berasal dari laut ataupun air tawar. Seperti yang disebut sebelumnya kita juga telah membahas mengenai umpan untuk ikan bawal. Tentu penting terutama buat Anda yang ingin memancing ikan bawal untuk dibudidayakan.

Mengenal Jenis Ikan Bawal

Harga bawal terbaru
Sumber: https://www.bibitikan.net/

Ikan bawal sendiri adalah jenis ikan yang asalnya dari Amerika Serikat. Kalau kita lihat di wilayah Brazil, maka sering ditemukan di wilayah Sungai Amazon. Sedangkan kalau di negara Amerika Selatan lain yaitu Venezuela, maka bisa ditemukan di Sungai Orinoco. Banyak juga ditemukan di negara Amerika Selatan lainnya.

Walaupun berasal dari Amerika Selatan, tapi ikan bawal juga banyak ditemukan di wilayah Asia, Amerika sampai Eropa seperti Inggris. Jika di dunia Internasional, ikan bawal itu sering juga disebut red bally. Hal ini disebabkan dari bagian perutnya yang warnanya kemerahan.

Kalau di Indonesia sendiri ikan bawal itu masuk pertama kali pada tahun 1986. Pada saat ini ikan bawal lebih banyak digunakan sebagai ikan hias saja. Katena pertumbuhannya yang sangat cepat, maka disukai para pembudidaya. Apalagi hanya kita tumbuhkan saja selama 3 bulan saja bobotnya bisa mencapai 1 kg.

Ikan bawal juga masuk dalam ikan karnivora atau pemakan daging. Jadi kalau pakannya di kolam habis dan dia kelaparan, maka bisa saja dia makan sesamanya. Disebabkan setiap tahunnya meningkat terus produksinya, maka selanjutnya ikan bawal dijadikan sebagai ikan konsumsi. Apalagi rasanya bila diolah memang gurih dan empuk.

Seperti saya katakan ikan bawal ada jenis yang dari laut dan air tawar ya. Berikut ini beberapa jenis ikan bawal yang sering dibudidayakan:

Baca juga: Harga ikan arwana

1. Ikan Bawal Air Tawar

Ikan bawal air tawar merupakan salah satu jenis yang paling banyak ditemukan. Terutama karena fisiknya pada bagian bawah yang berwarna merah. Ikan bawal ini kalau kita mencari dipasaran, maka pasti yang paling banyak dijual. Terutama karena proses budidaya yang mudah.

Ikan bawal air tawar ini sendiri sangat disukai karena kandungan baiknya berupa omega 3 sampai omega 6 AA. Selain itu kandungan kalori dan karbohidratnya cenderung rendah. Jadi kalau Anda lagi diet, maka cocok untuk memakan ikan ini.

2. Ikan Bawal Putih

Ikan bawal putih ini kalau di wilayah Indonesia sering juga disebut sebagai naman kuli paser putih. Sementara itu kalau di dunia internasional, ikan bawal putih ini disebut sebagai silver pomfret. Ikan satu ini sering juga hidup di sekitar wilayah perairan pantai, air payau sampai di perairan air tawar juga.

Ikan ini juga hidup di wilayah yang cenderung berlumpur, Bisa hidup di perairan mulai dari 15-25 meter. Akan tetapi bisa juga hidup sampai kedalaman 100 meter. Jika di Indonesia, ikan ini banyak ditemukan di wilayah pantai timur Indonesia. Bisa juga ditemukan di wilayah Laut Jawa, timur Sumatera sampai pantai Laut Cina Selatan.

Untuk bentuk tubuhnya sendiri cenderung lebar dan mirip dengan belah ketupat. Kalau mencari dipasaran, Anda juga bisa mencari dengan kata kunci harga ikan bawal bintang. Jika Anda tertarik membudidayakannya juga sangat menguntungkan karena bisa diberi makan berupa plankton serta udang dan ikan kecil.

Apabila hidup di kedalaman 100 meter, umumnya ikan bawal putih ini membentuk gerombolan terutama dalam jumlah yang sangat besar. Untuk warnanya sendiri pada bagian atas cenderung abu-abu dengan bagian bawahnya putih perak. Sementara itu pada bagian siripnya cenderung memiliki warna yang gelap.

Kalau ukurannya sendiri tidak berbeda dengan jenis lain. Umumnya bisa tumbuh dari ukuran 15-20 meter. Tapi ada juga ikan bawal putih yang bisa tumbuh sampai 29 cm. Sementara itu kalau bobotnya sendiri bisa mencapai ukuran 1,5-2 kg satu ekornya.

3. Ikan Bawal Hitam

Ikan bawal hitam kalau di dunia internasional disebut dengan black pomfret. Kalau di Indonesia sangat banyak kita temukan di wilayah Laut Jawa, Selat Malaka, Sulawesi Selatan, perairan Kalimantan, Laut Arafuru sampai ke wilayah Teluk Bengal. Banyak juga kita temukan di Teluk Siam, sampai wilayah Laut Cina Selatan dan Filipina.

Umumnya ikan bawal hitam ini banyak ditemukan hidup pada wilayah perairan dengan lumpur, misalnya muara sungai. Untuk bentuk fisiknya sendiri cenderung lebih pipih dan tinggi. Kalau kita lihat memang seperti bentuk belah ketupat. Walaupun disebut hitam, tapi sebenarnya punya warna abu keunguan dan bagian bawahnya berwarna perak.

Sementara itu untuk makanan ikan ini sendiri tentunya hewan kecil dan beberapa tumbuhan. Untuk beberapa hewan kecil yang bisa Anda berikan adalah ikan kecil, udang dan sebagainya. Makanan yang ekonomis ini tetap membuat harga ikan bawal laut hitam ini sangat bagus dipasaran. Tetap menguntungkan untuk kita budidayakan.

Harga Ikan Bawal Di Pasaran

Untuk harga ikan bawal kecil ataupun yang besar sendiri saat ini per kg saja. Kalau harga ikan bawal per kg hitam dihargai kisaran Rp. 59.000. Lalu untuk bawal putih dihargai Rp. 49.000, ikan bawal bintang dihargai Rp. 54.000. Terakhir kalau bawal laut paling mahal yaitu dihargai Rp. 69.000.

Jenis BawalHarga
Ikan bawal hitamRp. 59.000-an
Ikan bawal putihRp. 49.000-an
Ikan bawal bintangRp. 54.000-an
Ikan bawal lautRp. 69.000-an
Ikan bawal air tawarRp. 25.000-an

Tips Memilih Ikan Bawal

Pada saat Anda beli ikan bawal, usahakan pilihlah yang paling bagus. Lihat pada bagian mata yang harus bening dan lekat. Sementara itu insang dan dagingnya juga masih segar. Jangan memilih yang gak bagus dimana matanya kelihatan pucat dan sedikit tenggelam.

Itulah bahasan mengenai jenis, cara memilih dan harga ikan bawal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *