Harga burung hantu terbaru

Harga Burung Hantu

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung hantu – Burung hantu dikenal sebagai hewan yang memiliki berbagai mitos dan penampilan yang menyeramkan. Burung ini termasuk ke dalam kategori hewan pemangsa yang memangsa hewan lain.

Saat berburu, burung hantu akan mencari dan mengintai mangsanya secara diam-diam dengan penglihatan dan pendengarannya yang sangat tajam. Saat terbang dan mengepakkan sayap, burung hantu tidak mengeluarkan suara sama sama sekali. Secara diam-diam ia akan langsung menerka mangsanya.

Namun, bagi kamu yang ingin memelihara burung hantu, tidak perlu khawatir. Keunggulan-keunggulannya tidak membuat harga burung hantu menjadi mahal. Selain itu, karena di pasaran burung hantu masih belum terlalu dicari juga, maka tak heran jika harganya masih relatif terjangkau.

Sejak dulu, burung hantu memang dikenal sebagai hewan liar yang jarang dipelihara. Bahkan sampai saat ini juga masih sedikit orang yang tertarik untuk memeliharanya. Mungkin karena mitos yang menyertainya dan penampilan fisiknya yang menyeramkan, membuat orang enggan untuk mencoba memeliharanya. Tapi jangan salah, burung hantu juga dapat menjadi hewan peliharaan yang eksotis.

Karakteristik Umum Burung Hantu

Berikut beberapa karakteristik umum burung hantu.

  • Mata yang bulat menghadap lurus ke depan.
  • Kepala yang dapat berputar 360 derajat penuh.
  • Bentuk paruh kecil yang bengkok.
  • Bulu yang membentuk lingkar di wajah.
  • Corak bulu yang khas.
  • Jenis burung yang susah ditemukan.
  • Ekornya pendek tapi sayapnya panjang.

Baca juga: Harga burung perkutut

Jenis-Jenis Burung Hantu

Harga burung hantu celepuk, jinak, anakan

Apabila kamu ingin membeli dan memelihara seekor burung hantu, sebaiknya kamu mengenali dulu jenis-jenis burung hantu yang dijual di pasaran. Terdapat berbagai macam jenis burung hantu. Masing-masing jenis burung hantu memiliki karakteristik unik yang berbeda. Makanan burung hantu yang cocok agar tetap sehat sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Yang jelas, seekor burung hantu mempunyai sifat pendiam tapi sangat gesit. Akan lebih baik juga jika kamu membeli dan memelihara burung hantu yang masih kecil agar nantinya menjadi lebih jinak dan dapat dilatih. Apalagi harga burung hantu anakan jauh lebih murah. Sementara itu harga burung hantu jinak yang sudah bisa dilatih biasanya lebih mahal. Berikut penjelasan jenis-jenis burung hantu yang dijual.

1. Burung Hantu Celepuk

Karena memiliki bentuk fisik yang hanya berukuran 19 cm saja, burung hantu jenis celepuk mempunyai perawakan yang imut. Warna burung hantu celepuk adalah coklat kemerahan disertai jumbai di telinga dan di kepalanya. Pada bagian wajahnya juga terdapat lingkar bulu yang tebal. Indonesia merupakan habitat aslinya. Dan kamu akan lebih mudah menemukan burung hantu celepuk di pulau Jawa.

Harga burung hantu celepuk masih sangat terjangkau, berkisar antara Rp. 70.000 sampai Rp. 150.000.

2. Burung Hantu Tyto Alba

Burung hantu jenis tyto alba adalah jenis burung hantu yang biasanya digunakan sebagai penjaga sawah. Selain dapat dijadikan sebagai penjaga sawah, kamu juga tetap bisa memelihara burung hantu tyto alba. Tyto alba juga merupakan jenis burung hantu yang paling populer. Kamu pasti sering melihat wujudnya di pasaran.

Warnanya coklat kemerahan dengan bintik hitam di kepala dan warna putih di bagian bawahnya. Tubuhnya mempunyai panjang 25 – 50 cm sementara sayapnya 70 – 100 cm. Biasanya burung hantu tyto alba lebih banyak dicari oleh para petani untuk menghadang tikus. Oleh karena itu, jenis ini lebih banyak dicari di pasaran dan harganya juga lebih tinggi. Harga burung hantu tyto alba biasanya di kisaran Rp. 80.000 hingga Rp. 300.000.

3. Burung Hantu Salju

Burung hantu salju memiliki nama lain Snowy Owl. Tubuhnya ditutupi dengan bulu-bulu halus berwarna putih. Terdapat bercak hitam pada bagian kepalanya bagi seekor pejantan, sementara bagi betina bercak hitamnya terletak di sayap. Burung hantu salju jantan juga cenderung lebih berwarna putih di seluruh tubuhnya. Tampaknya tersebut terkesan sangat misterius dan cantik.

Ukuran tubuh seekor burung hantu salju dapat mencapai hingga sekitar 30 cm. Snowy Owl ini dapat ditemukan di daerah Arktik (Amerika Utara), Eropa dan Asia. Keunikan dan kelangkaannya membuat harga snowy owl jauh lebih tinggi dibandingkan burung hantu jenis lainnya, yaitu sekitar Rp. 400.000.

4. Burung Hantu Putih

Burung hantu putih berwujud elegan dengan sentuhan warna putih pada tampilan fisiknya. Ukuran tubuh seekor burung hantu putih dewasa relatif besar karena dapat mencapai angka 35 cm.

Dengan ukuran tersebut, burung hantu putih terlihat tampil gagah berani. Untuk dapat membeli satu ekor burung hantu putih, setidaknya kamu perlu menyiapkan uang paling sedikit Rp. 300.000.

5. Burung Hantu Bubo Sumatranus

Burung hantu bubo adalah jenis burung hantu termahal. Bubo menjadi jenis burung hantu termahal bukan tanpa alasan, ukuran tubuhnya merupakan yang paling tinggi dibandingkan yang lain. Seekor bubo dewasa dapat memiliki tinggi hingga 50 cm.

Bentuk, warna mata dan bulunya menampilkan kesan garang pada saat pertama kali kamu melihatnya. Jenis ini cukup sulit untuk didapatkan, tidak heran jika harganya sangat mahal bahkan dapat mencapai Rp. 1 juta rupiah.

6. Burung Hantu Bubby Fish

Di Indonesia sendiri, burung hantu Bubby Fish lebih dikenal dengan nama burung hantu Bubo Ketupu. Jenis ini merupakan jenis pemangsa ikan. Tubuhnya berukuran mulai dari 40 cm sampai 48 cm dan sayapnya memiliki panjang 295 – 390 mm.

Terdapat jumbai horizontal di atas matanya. Warna bulu burung hantu bubby fish adalah coklat dengan bercak-bercak hitam. Wujudnya tersebut membuatnya terkesan menyeramkan. Harga jenis bubby fish ini juga terbilang tinggi, yaitu sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 800.000.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Burung Hantu

Ada berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi harga dari seekor burung hantu. Faktor yang pertama adalah usia dan ukurannya. Burung hantu dengan usia yang lebih muda dan ukuran yang lebih kecil jauh lebih murah daripada burung hantu dewasa dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki dana terbatas, sebaiknya beli burung hantu anakan saja yang masih kecil. Perbedaan harganya juga terbilang cukup jauh.

Selain faktor diatas, masih ada faktor lain lagi yaitu sistem penjualan satuan atau sepasang. Tingkat kelangkaan jumlah juga dapat mempengaruhi. Semakin langka burung hantu maka semakin mahal juga harganya.

Masih ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi, seperti kualitas mata, kualitas bulu, dan tingkat kejinakan burung. Maka dari itu harga pasaran burung hantu tentu dapat mengalami fluktuasi sewak-waktu.

Daftar Harga Burung Hantu Terbaru

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli burung hantu, sebaiknya kamu mengetahui harga-harganya terlebih dahulu. Berikut tabel harga dari burung hantu yang dijual di pasaran.

Baca juga: Harga burung jalak suren

NoJenis Burung HantuHarga
1Burung hantu celepukRp. 125.000-an
2Burung hantu oriental bayRp. 300.000-an
3Burung hantu barn owlRp. 350.000-an
4Burung hantu javan olwRp. 375.000-an
5Burung hantu strix
seleputo
Rp. 550.000-an
6Burung hantu brown hawk owlRp. 650.000-an
7Burung hantu bubby fish owlRp. 850.000-an
8Burung hantu bubo sumatranusRp. 1.200.000-an

Demikian informasi lengkap mengenai burung hantu, mulai dari karakteristik burung hantu, jenis-jenis burung hantu dan harga burung hantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *