Harga Ayam Kate

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga ayam kate – Ayam kate sudah cukup dikenal hampir di seluruh kalangan masyarakat kita. Dengan bentuk fisiknya yang unik dan lucu, tentu sangat mudah untuk mengenalinya. Karena hal tersebut juga, ayam kate lebih sering dijadikan sebagai ayam hias ketimbang jadi ayam petelur atau ayam petarung. Harga ayam kate di pasaran juga bisa dikatakan cenderung stabil walaupun agak mahal.

Ayam ini pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di provinsi Banten. Hingga saat itu sampai masa kini, ayam kate terus berkembang dan banyak mengalami persilangan. Sehingga populasi ayam kate yang asli sudah mulai sedikit. Hal itulah yang membuat harganya agak melonjak.

Kriteria ayam kate yang bagus untuk dibeli adalah mempunyai kaki yang besar dan bersih, tubuhnya bulat dan besar, ekor mekar dan tidak bengkok, panjang antara cakar sampai lututnya kurang lebih 2 cm, dan ada garis oval pada bagian jenggernya mulai dari depan sampai ke belakang.

Jenis-Jenis Ayam Kate Beserta Harganya

Jenis-jenis ayam kate dan harganya
Sumber: https://id.carousell.com/

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam jenis ayam kate. Hal ini disebabkan oleh aktivitas kawin silang tadi. Dan harga masing-masing jenisnya juga berbeda karena tiap-tiap jenis memiliki karakteristik dan kualitas yang berbeda.

Baca juga: Harga ayam cemani

1. Ayam Kate Serama

Jenis ayam kate yang pertama adalah ayam kate serama. Jenis ini merupakan yang paling banyak dipelihara karena populasinya sangat banyak. Kemudian seiring waktu, terdapat beberapa jenis kate serama yang memiliki perbedaan pada ukuran tubuh dan dadanya.

Ciri khas dari ayam kate serama adalah ukuran fisiknya yang kecil namun tetap tampil dengan dada yang tegap dan gagah. Harga ayam kate serama bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi pasarnya.

Di Indonesia sendiri seekor ayam kate serama biasa dijual dengan harga sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 500.000 tergantung pada ukuran dan bentuknya. Biasanya semakin dewasa umurnya dan kecil bentuk badannya, maka semakin mahal juga harganya.

Namun ada juga yang menjual ayam kate serama dengan harga mencapai jutaan rupiah karena kualitasnya memang benar-benar bagus atau bahkan sudah menorehkan prestasi.

2. Ayam Kate Batik

Sesuai dengan namanya, jenis ayam kate yang satu ini memiliki ciri khas pada bulunya yang bermotif seperti batik. Corak-corak batiknya juga bisa beragam dan tiap-tiap ayam biasanya memiliki corak yang berbeda. Keunikannya tersebutlah yang membuatnya dihargai cukup mahal.

Untuk membedakan ayam kate batik dengan jenis ayam kate lainnya, cukup dengan melihat dari bulu bermotif batiknya tersebut. Di pasaran, harga ayam kate batik kurang lebih Rp. 300.000.

3. Ayam Kate Putih

Ayam kate putih ini sangat unik karena bulunya berwarna putih polos. Karena bulunya yang indah tersebut maka harganya menjadi sangat mahal. Bisa dibilang ini merupakan variam ayam kate termahal. Harganya berkisar di Rp. 500.000 untuk satu ekornya.

Harga ini dianggap sebanding dengan keunikan yang dimilikinya. Sehingga para pembeli pun biasanya sudah tidak akan ragu lagi ketika membelinya.

4. Ayam Kate Kapas

Jenis ini berasal dari negeri tirai bambu. Ayam kate kapas merupakan jenis ayam kate hasil kawin silang. Bentuknya sangat imut dan lucu karena bulunya yang indah bagaikan kapas. Jenis ini sangat cocok bagi kamu yang mau memelihara ayam kate hias.

Harganya juga relatif terjangkau bila dibandingkan dengan jenis ayam kate yang lain, yaitu antara Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000. Yang jelas harga kate kapas dewasa selalu lebih mahal daripada anakannya.

5. Ayam Kate Jepang

Karakteristik ayam kate jepang hampir sama dan tidak jauh berbeda dengan jenis kate lainnya. Tubuhnya kecil, hanya saja warna bulunya biasanya kuning. Harganya juga tidak jauh beda seperti harga ayam kate biasa di pasaran.

6. Ayam Kate Betina

Biasanya ayam kate betina banyak dicari oleh para penggiat ayam kate atau breeders untuk dijadikan sebagai indukan untuk mendapatkan keturunan yang bagus. Karena indukan juga merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi pada anakan hasil perkawinan ayam kate.

Ayam kate betina dihargai lebih murah daripada ayam kate jantan. Hal ini diakibatkan oleh tampilan visual ayam kate betina yang lebih simpel. Harganya di pasaran dibanderol Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 tentu masih tergantung pada ukuran dan jenisnya.

7. Ayam Kate Sepasang

Bagi kamu yang ingin memulai usaha budidaya ayam kate, tentu memerlukan indukan ayam kate sepasang. Jenis ayam kate sepasang ini cocok bagi kamu yang hobi beternak ayam atau ingin memelihara banyak ayam kate. Karena kamu tidak perlu ribet-ribet mencari pasangan dan menjodohkannya. Sepasang ayam kate bisa dijual di harga antara Rp. 100.000 sampai Rp. 600.000 tergantung jenisnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Ayam Kate

Tentu ada beberapa faktor atau hal yang bisa membuat ayam kate dihargai sebegitu murah atau mahal. Berikut beberapa faktor pengaruhnya.

1. Warna

Semakin indah dan menarik warna seekor ayam kate maka semakin mahal pula harganya. Namun jika warnanya kusam, pucat, maka harganya juga akan turun. Karena untuk mendapatkan warna ayam kate yang indah dan tajam memerlukan perawatan ekstra. Oleh karena itu, ayam kate dengan warna yang unik, menarik dan terawat bisa ditawar dengan harga mencapai jutaan rupiah.

2. Usia

Usia menjadi salah satu hal yang selalu mempengaruhi harga jual seekor ayam, termasuk ayam kate. Semakin tua usianya, maka semakin mahal juga harganya. Namun faktor ini tidak akan berlaku jika umurnya kelewat tua dan sudah tidak produktif lagi. Karena ayam kate yang sudah terlalu tua tidak akan bisa dikembangbiakkan lagi dan menghasilkan keturunan.

3. Pernah Menang Kontes atau Berprestasi

Dan hal terakhir yang bisa mempengaruhi harga jual ayam kate adalah prestasinya. Jika seekor ayam kate sudah pernah ikut suatu perlombaan apalagi memenangkannya, maka harganya akan langsung melonjak drastis. Hal ini dikarenakan ayam kate yang sudah pernah menang kontes kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu harga satu ekor ayam kate yang pernah ikut kontes biasanya sangat mahal.

Baca juga: Harga ayam bangkok

Daftar Harga Ayam Kate

Biasanya harga ayam kate kampung sedikit lebih mahal, karena seperti yang kita tahu ayam kampung memang biasa dijual lebih mahal. Untuk informasi lengkap mengenai harga kate, silahkan lihat pada tabel berikut.

Jenis Ayam KateUmurHarga
Ayam kate serama-Rp. 250.000 – Rp. 500.000
Ayam kate kapas-Rp. 150.000 – Rp. 300.000
Ayam kate betina-Rp. 50.000 – Rp. 100.000
Ayam kate putih-Rp. 500.000
Ayam kate sepasang-Rp. 100.000 – Rp. 600.000
Ayam kate biasa1 bulanRp. 100.000
Ayam kate biasa2 bulanRp. 125.000
Ayam kate biasa3 bulanRp. 150.000
Ayam kate biasa4 bulanRp. 200.000
Ayam kate biasa5 bulanRp. 250.000
Ayam kate biasaDewasaRp. 400.000
Ayam kate putih1 bulanRp. 150.000
Ayam kate putih2 bulanRp. 200.000
Ayam kate putih3 bulanRp. 225.000
Ayam kate putih4 bulanRp. 275.000
Ayam kate putih5 bulanRp. 300.000
Ayam kate putihDewasaRp. 500.000
Ayam kate serama1 bulanRp. 150.000
Ayam kate serama2 bulanRp. 200.000
Ayam kate serama3 bulanRp. 250.000
Ayam kate serama4 bulanRp. 300.000
Ayam kate serama5 bulanRp. 350.000
Ayam kate seramaDewasaRp. 450.000

Demikian informasi kali ini seputar harga ayam kate semua jenis dan penjelasan masing-masing jenisnya. Ayam kate bisa kamu jadikan sebagai peliharaan hewan hias yang indah untuk menemani hari-hari selama di rumah.

One thought on “Harga Ayam Kate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *