Harga ayam bangkok anakan

Harga Ayam Bangkok

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga ayam bangkok – Ayam bangkok terkenal sebagai ayam petarung di kalangan para pecinta ayam aduan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari negara tetangga, yaitu Thailand. Kualitasnya sebagai ayam petarung sudah terbukti memang benar-benar bagus. Sementara berbicara soal harga, sampai saat ini, harga ayam bangkok cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Karakteristik ayam bangkok mirip-mirip seperti ayam liar yang akan terus bertarung demi mempertahankan area kekuasaaannya. Dalam hal bertarung, ayam ini memiliki beragam keunggulan. Mulai dari pergerakan yang cepat hingga pukulan serta hentakannya yang mematikan. Saat bertarung, ayam bangkok juga akan menggunakan otaknya untuk mengatur strategi.

Ciri-ciri ayam bangkok adalah ukuran tubuh yang besar dan tegap hampir 90 derajat. Kemudian bagian dadanya terlihat bidang dan sangat gagah. Kakinya terlihat cenderung bulat, bersisik rapi warna kuning dan kering. Lehernya panjang. Paruhnya tebal berwarna kuning dan agak panjang. Matanya terlihat cerah.

Jenis-Jenis Ayam Bangkok dan Harganya

Harga ayam bangkok super
Sumber: https://kompak.net/

Ayam bangkok terbagi dalam beberapa jenis. Tentunya masing-masing jenis ayam bangkok tersebut memiliki sedikit perbedaan dan keunggulan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak informasi seputar jenis ayam bangkok beserta harganya berikut ini.

1. Ayam Bangkok Super

Sesuai dengan namanya, ayam bangkok super merupakan jenis ayam bangkok yang paling banyak dicari untuk dijadikan sebagai ayam aduan. Karena, jenis ini dinilai merupakan ayam petarung sejati dan memiliki kemungkinan menang lebih besar dalam sebuah pertandingan. Para pecinta ayam seharusnya tidak asing lagi dengan jenis yang satu ini.

Berikut beberapa ciri-ciri ayam bangkok super.

  • Mempunyai postur badan yang kekar.
  • Bentuk tulang dan jarinya sangat panjang dan runcing.
  • Memiliki struktur sambungan antara tulang leher dan badan yang sangat rapat.

Di Indonesia sendiri harga ayam bangkok super ini sangat variatif, berkisar mulai dari Rp. 800.000 sampai Rp. 2.000.000 tergantung pada postur tubuhnya. Tak jarang ayam bangkok super yang pernah memenangi kejuaraan memiliki harga yang sangat mahal juga, bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Baca juga: Harga ayam kate

2. Ayam Bangkok Birma

Ayam bangkok birma merupakan jenis ayam bangkok hasil perkawinan silang antara ayam asli Myanmar dan ayam bangkok asli Thailand. Sama seperti ayam bangkok super, ayam bangkok birma juga cocok untuk dijadikan ayam aduan.

Biasanya ayam birma diimpor dari Myanmar atau dari Thailand. Karena hal tersebut, harga ayam bangkok birma dapat mencapai jutaan rupiah.

Bila dibandingkan dengan ayam bangkok Thailand, ayam bangkok birma memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Sementara untuk urusan berat badan, ayam bangkok birma dewasa bisa berbobot 1.9 kg – 2.5 kg.

Satu ekor ayam bangkok birma dihargai sekitar Rp. 3.000.000 sampai Rp. 4.500.000 untuk yang dewasa. Kalau sudah pernah menang kejuaraan, harganya juga bisa melonjak lebih tinggi lagi.

3. Ayam Bangkok Betina

Ayam bangkok betina dicari untuk dijadikan indukan dan menghasilkan keturunan yang berkualitas. Oleh sebab itu, ketika ingin membeli jenis ayam bangkok ini, kamu perlu ekstra hati-hati dalam memilihnya. Ayam bangkok betina yang baik akan menghasilkan keturunan yang sering juara, tidak rentan terhadap penyakit, dan memiliki trah keturunan bagus.

Ciri-ciri ayam bangkok betina yang bagus adalah bentuk kepala depan yang mirip seperti bentuk kepala ular, bentuk badan yang mirip botol kalau dipegang, dan mata yang menjorok lebih ke dalam.

Harga ayam bangkok betina biasanya lebih murah daripada ayam bangkok jantan. Di pasaran Indonesia sendiri harganya berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 tergantung pada umur dan bentuk badannya.

4. Ayam Bangkok Super Jalu

Ayam bangkok super jalu biasa dibilang merupakan jenis yang satu tingkat lebih tinggi dari ayam bangkok super. Kelebihannya terletak pada kakinya yang berupa jalu sehingga lebih unggul dalam bertarung. Harganya tidak jauh beda dengan bangkok super.

5. Ayam Bangkok Impor

Sesuai dengan namanya, jenis ini merupakan jenis hasil impor dari negara asalnya, yaitu Thailand. Biasanya ayam bangkok impor mempunyai harga yang cenderung stabil. Namun bila ayam tersebut sudah biasa menjuarai kontes baik skala nasional maupun internasional, maka harganya tentu bisa melambung tinggi.

Sebagai referensi, ayam bangkok impor putih dari Thailand dipatok harga mulai dari Rp. 16.000.000 hingga Rp. 20.000.000 karena keindahannya sudah diakui.

6. Ayam Bangkok F1

Jenis ini juga merupakan salah satu yang paling banyak dicari penghobi ayam aduan. Ayam bangkok F1 merupakan jenis ayam bangkok dengan kualitas terbaik. Karena kualitasnya tersebut jenis ini diberi kode F1. Keunggulannya terletak pada mental pemenang saat diadu dan struktur tulangnya yang kuat. Sehingga harga ayam bangkok F1 ini juga sangat mahal.

7. Ayam Bangkok Mangon

Ciri-ciri ayam bangkok mangon adalah bulunya yang sangat lebat. Biasanya ayam bangkok ini banyak diminati oleh para pecinta ayam aduan karena tulangnya yang kuat dan ukuran tubuhnya yang besar. Sementara harganya tidak jauh beda dengan jenis yang lain.

8. Ayam Bangkok Blorok

Kemudian ada jenis ayam bangkok blorok. Ayam bangkok blorok ini mempunyai ciri khas motif warna totol-totol pada bulunya. Warna totol-totolnya sendiri bisa terdiri dari berbagai macam warna sehingga bisa dibilang cukup bervariasi.

Selain mempunyai bulu totol-totol yang indah, ayam bangkok ini juga memmpunyai insting bertarung yang cukup tajam. Harganya juga tidak terlalu mahal dan hampir serupa dengan jenis-jenis lainnya.

9. Ayam Bangkok Jalak

Ayam bangkok jalak merupakan jenis ayam bangkok lainnya yang tak kalah menarik. Ayam bangkok ini mempunyai tubuh dengan postur yang tegak dan susunan tulang yang kuat. Tentu sangat cocok buat kamu yang suka adu ayam.

Ciri ayam bangkok jalak adalah bagian kakinya memiliki sisik yang rapi dan berderet. Sedangkan harganya bisa mulai dari Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000.

10. Ayam Bangkok Juara

Dan jenis ayam bangkok yang terakhir adalah ayam bangkok juara. Ayam bangkok juara merupakan ayam bangkok yang sudah berprestasi dalam hal bertarung atau aduan.

Biasanya ayan bangkok juara berupa ayam bangkok birma, super dan yang lainnya. Harganya tentu sangat mahal karena prestasi yang pernah diraihnya. Ayam bangkok juara cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet dan mau praktis mendapatkan ayam bangkok berpengalaman.

Baca juga: Harga ayam cemani

Daftar Harga Ayam Bangkok

Untuk informasi lebh lengkap seputar harga ayam bangkok, kamu bisa membacanya dari tabel berikut.

Jenis Ayam BangkokUsiaHarga
Ayam Bangkok BirmaDewasaRp. 3.000.000 – Rp. 4.500.000
Ayam Bangkok BetinaDewasaRp. 300.000 – Rp. 500.000
Ayam Bangkok SuperDewasaRp. 800.000 – Rp. 2.000.000
Ayam Bangkok ImporDewasaRp. 16.000.000 – Rp. 20.000.000
Ayam Bangkok f1 Anakan2 MingguRp. 150.000
Ayam Bangkok f1 Anakan1-6 BulanRp. 350.000
Ayam Bangkok Persilangan Nusantara2 MingguRp. 70.000
Ayam Bangkok Persilangan Nusantara1-6 BulanRp. 170.000
Ayam Bangkok f1 Biasa-Rp. 700.000
Ayam Bangkok f1 Super-Rp. 2.500.000
Ayam Bangkok Anakan Biasa-Rp. 350.000

Begitulah informasi kali ini seputar harga ayam bangkok semua jenis. Harganya tentu bisa berubah sewaktu-waktu dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Jadi, kira-kira kamu tertarik pada jenis ayam bangkok yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *