Cara membuat pakan lele organik

Cara Membuat Pakan Lele

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Budidaya lele merupakan salah satu kegiatan bisnis dengan prospek yang sangat menarik. Selain itu kebutuhan pasar yang masih besar juga membuatnya masih laris. Saat proses budidaya ikan lele, maka Anda harus mempertimbangkan pakan terbaik. Disini kita akan membahas cara membuat pakan lele.

Pakan ikan lele memang menjadi salah satu hal yang diperlukan supaya kegiatan budidaya menjadi lebih sukses. Untuk pakan terbaik sendiri bukan hanya berupa pelet ya, Anda juga harus memberikan pakan berupa makanan organik. Lalu apa saja jenis pakan lele organik? Apa saja bahan pembuatan pakan organik?

Cara Membuat Pakan Lele dan Bahannya

Perlu diketahui kalau yang namanya organik tentu saja kita akan memakai berbagai macam bahan alami. Beberapa bahan pakan lele organik tersebut tentunya bukan hanya jenis yang baru dibeli saja, Anda juga bisa memanfaatkan bahan buangan atau yang tidak digunakan. Untuk semua jenis pakan lele organik tersebut, cek saja selengkapnya di bawah ini:

Baca juga: Harga bibit lele terbaru

1. Pakan Dedak

Pertama saya akan merekomendasikan pakan dedak. Untuk cara membuat pakan lele dari dedak ini kita tentunya bukan hanya memakai dedak saja ya. Untuk bahan campurannya kita memerlukan bekatul, pelet, garam, minya sayur dan air putih. Siapkan juga wadah untuk proses pencampuran pakan.

Lalu untuk pembuatannya, Anda bisa memasukkan dedak bersama dengan pelet, garam dan air. Usahakan air ini sudah direbus. Selanjutnya tinggal aduk saja adonan tersebut sampai benar-benar rata. Kalau sudah tercampur dengan baik, selanjutnya diamkan saja paling tidak selama 1 jam dulu.

Kalau sudah Anda diamkan, maka tinggal tambahkan saja minyak sayur secukupnya saja. Aduk lagi sampai benar-benar rata kembali. Sebelum digunakan, tiriskan dulu adonan. Selain itu simpan dan diamkan dulu sampai satu malam. Untuk pemberian pakan campuran dedak ini, bisa diberikan 2 kali sehari.

Banyak sekali orang yang melakukan budidaya ikan lele dengan memberikan makanan lele dari bahan dedak ini.

2. Pakan Ampas Tahu

Ampas tahu juga merupakan salah satu bahan pembuatan pakan lele yang sangat disukai. Untuk cara membuat pakan lele dari ampas tahu ini juga terbilang sangat mudah. Kita terlebih dahulu akan mempersiapkan beberapa bahan seperti ampas tahu, bekatul, tapung udang, tapung jagung, minyak ikan, suplemen ikan dan air.

Untuk cara pembuatannya terbilang sangat mudah dilakukan. Anda bisa langsung memasukkan saja semua bahan yang sudah kita siapkan sebelumnya pada wadah. Perlu diketahui kalau pakan ini harus kita fermentasikan terlebih dahulu. Jadi wadah yang kita gunakan tadi akan langsung ditutup untuk proses fermentasi.

Proses fermentasi pakan ampas tahu ini sendiri akan memakan waktu setidaknya 5-7 hari. Setelahnya Anda bisa langsung mengeluarkan adonan pakan ampas tahu dan mencetaknya menggunakan alat. Kalau sudah dicetak, maka tinggal dikeringkan. Proses pengeringan ini sendiri akan membuat pakan menjadi tahan lama.

Baca juga: Harga ikan lele terbaru

3. Pakan Daun Pepaya

Dedaunan merupakan salah satu pakan organik yang bisa digunakan untuk makanan lele. Salah satu jenis daun yang populer digunakan sebagai pakan lele yaitu daun pepaya. Tentu saja daun pepaya memiliki gizi yang baik buat lele. Selain itu daun pepaya juga sangat mudah kita temukan di kebun belakang rumah.

Disini tentu saja kita tidak hanya menggunakan daun pepaya saja ya. Kita juga harus menambahkan bahan lain seperti turi, lamtoro, daun kangkung dan tentunya memakai pelet juga. Pelet sendiri akan kita gunakan sebagai sumber protein. Jadi semua gizi pakan ini akan lebih lengkap.

Untuk cara membuat pakan lele dari daun pepaya sendiri juga sangat mudah. Kita bisa terlebih dahulu memotong dedaunan yang sudah kita siapkan dalam ukuran yang pas. Selanjutnya tinggal campurkan saja bersama pelet dan air. Selanjutnya langsung dapat kita gunakan untuk pakan ikan lele.

4. Pakan Ayam Tiren

Ayam tiren merupakan salah satu limbah unggas yang sering digunakan sebagai pakan ikan lele. Terlebih lagi untuk Anda yang tinggal di wilayah dekat dengan peternakan ayam. Penggunaan ayam tiren sendiri terbilang sangat bagus karena ikan lele juga termasuk pemakan segala yang tentunya suka makan daging.

Untuk tahapan membuat pakan lele satu ini tentunya sangat mudah ya. Walaupun bisa langsung diberikan pada ikan, tapi akan lebih baik digunakan dengan cara disiapkan terlebih dahulu. Proses penyiapan ini meliputi perebusan sampai dengan pembersihan bulu ayam terlebih dahulu.

Perebusan daging ayam sendiri akan membuat segala bakteri atau kuman jadi hilang. Bulu juga harus kita bersihkan supaya kolam tetap bersih. Bahkan sebenarnya akan lebih baik lagi apabila daging ayam yang akan kita berikan kepada lele yaitu dibersihkan dulu tulangnya.

5. Pakan Keong dan Bekicot

Keong yang akan kita gunakan tentu saja berupa keong mas atau keong sawah. Selain itu akan kita campurkan juga dengan bekicot. Untuk pemberian pakan berupa keong dan bekicot ini kita wajib memberi perawatan khusus. Disini kita tidak boleh memberikan keong dan bekicot beserta cangkangnya, melainkan dibersihkan dulu.

Selain itu akan lebih baik memberikan keong atau bekicot yang direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ini juga akan mempermudah Anda dalam mengambil dagingnya. Kalau sudah dikeluarkan dari cangkangnya, maka bisa langsung diberikan kepada lele. Anda tidak perlu memberikan tambahan apapun karena pasti langsung disambar.

Baca juga: Umpan lele

Semua bahan pembuatan ikan lele tersebut tentu saja memang sangat bagus buat ikan lele. Selain itu juga hemat karena kita bisa mencarinya sendiri. Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat pakan lele dari bahan organik. Siap untuk membuat semua jenis pakan lele tersebut? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *