Harga bibit ikan lele hari ini
Sumber: https://gcrl.usm.edu/

Harga Bibit Ikan Lele

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan lele sampai saat ini telah menjadi ikan budidaya primadona yang banyak dicari masyarakat. Banyaknya kebutuhan masyarakat sampai mudahnya dibudidayakan, membuat ikan lele tetap jadi favorit. Buat Anda yang tertarik memudidayakannya, wajib tahu daftar harga bibit ikan lele terbaru.

Pengetahuan tentang harga bibit sendiri merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib diketahui oleh para peternak ikan. Apalagi buat Anda yang saat ini baru mau memulai proses budidaya lele. Pemilihan bibit lele buat budidaya juga harus penting. Baik dari jenis sampai dengan ciri fisik ikan lele.

Jenis-Jenis Ikan Lele Terbaik

Sebelum tahu harga bibitnya, wajib tahu semua jenis lele terbaik untuk dibudidayakan. Berikut ini beberapa jenis ikan lele terbaik yang dapat Anda budidayakan:

1. Ikan Lele Sangkuriang

Untuk jenis ikan lele rekomendasi pertama yaitu ikan lele Sangkuriang. Ikan lele Sangkuriang pernah memiliki nama yang sangat pamor terutama pada tahun 80 sampai 2000-an. Ikan lele Sangkuriang juga mulai berkembang lagi terutama pada tahun 2002 dimana diteliti lagi sama BBPBAT Sukabumi.

Ikan lele Sangkuriang sendiri memiliki beberapa kelebihan yang disukai. Misalnya saja daya haisl telur yang sangat cepat. Hal ini membuat produksi ikan lele Sangkuriang cenderung sangat tinggi. Apalagi kemudian telur ikan lele juga bisa menetas dengan kemungkinan 80%. Bahkan lebih baik dari lele dumbo.

Ikan lele sangkuriang juga punya daya tahan terhadap penyakit yang baik. Ikan lele ini juga terbilang punya tekstur yang sangat padat, gurih dan renyah. Setelah diolah juga tidak bau lumpur. Jadi budidaya ikan lele Sangkuriang bakalan menguntungkan. Terlebih harga bibit ikan lele sangkuriang sangat bersahabat.

2. Ikan Lele Phyton

Ikan lele phyton sebenarnya dikembangkan secara khusus demi mendapatkan ikan lele yang tahan akan cuaca atau suhu dingin. Ikan lele phyton senditi memang terkenal karena punya kemampuan dalam beradaptasi sampai kekebalan tubuh yang sangat baik. Maka dari itu bibit lele phyton sangat kuat.

Karena kemampuan tahan terhadap cuaca, maka lele phyton juga dapat dibudidayakan dalam segala cuaca, iklim sampai suhu udara. Ikan lele phyton juga memiliki tekstur daging yang sangat menguntungkan. Maka dari itu ikan lele phyton menjadi salah satu favorit banyak peternak atau pebisnis.

Ikan lele phyton juga tergolong sangat aktif dalam bergerak. Hal ini membuat kandungan lemak dalam tubuhnya jadi lebih sedikit. Alhasil dagingnya sangat gurih dan empuk. Membudidayakan ikan lele phyton juga bakalan lebih menguntungkan karena harga bibit lele yang bersahabat.

2. Ikan Lele Masamo

Lele masamo merupakan ikan lele yang ciri fisiknya cukup berbeda dengan jenis lain. Ikan ini dilengkapi dengan bentuk tubuh yang mirip dengan sepatu pantofel zaman dulu. Badannya memang cenderung panjang dengan warna yang di dominasi warna kehitaman. Patilnya juga cenderung lebih tajam.

Untuk beberapa kelebihan ikan masamo yaitu bisa tumbuh sangat cepat dan ukurannya cenderung besar. Selain itu pertumbuhannya juga cenderung sangat bagus, jadi tidak akan mengganggu pertumbuhan satu sama lain. Ikan lele masamo juga cenderung tidak mudah stres dan cepat beradaptasi pada lingkungan baru.

Ikan lele masamo juga sangat tahan terhadap penyakit. Tapi tentunya supaya lebih tahan lagi, maka perlu diberikan vaksin ikan. Perawatan kualitas air juga harus selalu diperhatikan. Kelebihan lainnya, ikan lele masamo memiliki sifat kanibalismenya sangat rendah, jadi budidaya lele masamo mempunyai peluang besar untuk berhasil.

3. Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo merupakan ikan lele yang memiliki fisik warna hitam agak kehijauan. Umumnya kalau ada perubahan suhu ataupun lagi stres, ikan lele dumbo akan memunculkan bercak hitam atau putih. Tapi kalau sudah tidak stres lagi dan suhu kembali normal, maka bercak ini bakal hilang.

Beberapa kelebihan dari ikan lele dumbo yaitu bisa menghasilkan telur yang banyak. Bahkan bisa lebih banyak sampai 4000 butir. Selain itu harga bibit ikan lele per ekornya juga tidak berbeda. Walaupun tergolong dalam ikan yang sangat rakus, tapi sebanding dengan pertumbuhannya yang cepat.

Sesuai juga sama namanya, ikan lele dumbo juga memiliki ukuran yang lebih besar terutama dibandingkan sama lele lokal. Ketahanan akan penyakit juga sangat bagus. Untuk membudidayakannya, Anda bisa menggunakan kolam tanah. Hal ini karena lele dumbo tidak akan membuat lubang pada kolam.

Baca juga: Umpan ikan lele paling ampuh

Harga Bibit Ikan Lele Terbaru

Harga bibit lele per ekor, per kg, per box
Sumber: https://akurat.co/

Kalau kita berbicara mengenai harga, maka antara bibit dan ikan dewasa berbeda ya… Umumnya untuk semua jenis bibit lele itu dibanderol dalam harga yang tidak jauh berbeda. Selain itu umumnya banyak penjual yang menawarkan harga bibit ikan lele per kg, per ekor atau per box.

Tapi yang paling umum digunakan oleh para penjual itu per box. Untuk isi per box juga berbeda-beda tergantung ukuran. Misalnya saja ukuran 2-3 cm yang per box berisi 8000 ekor dan dihargai Rp. 1.110.000-an. Lalu kalau ukuran yang lebih besar seperti 3-5 cm biasanya berisi 5000 ekor dengan harga Rp. 1.220.000-an.

Anda juga bisa membeli yang ukurannya lebih besar seperti 4-6 cm. Ukuran ini umumnya dihargai Rp. 1.230.000 per box dengan isi 4000 ekor. Kalau ukuran bibit terbesar itu 5-7 cm. Umumnya ukuran ini dijual Rp. 1.260.000 per box-nya.

Ukuran IkanIsi per BoxHarga
2-3 cm8000 ekorRp. 1.160.000-an
3-4 cm6000 ekorRp. 1.220.000-an
3-5 cm5000 ekorRp. 1.260.000-an
4-6 cm4000 ekorRp. 1.260.000-an
5-7 cm3000 ekorRp. 1.320.000-an

Selain memutuskan harga bibitnya, Anda perlu sekali memikirkan jenis ikan lele yang ingin dibudidayakan. Usahakan pilihlah jenis ikan lele yang paling bagus dan sesuai untuk Anda budidayakan. Dengan hal ini, maka proses budidaya lele yang Anda lakukan jadi maksimal. Itulah bahasan mengenai bibit ikan lele. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *