Cara membuat kolam ikan

Cara Membuat Kolam Ikan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kolam ikan selain digunakan sebagai tempat budidaya ikan, juga bisa digunakan sebagai salah satu hiasan rumah yang cantik. Kalau Anda mau membuat kolam untuk hiasan rumah, maka perlu memiliki panduan yang tepat. Kali ini kita akan mengetahui bersama tentang cara membuat kolam ikan lengkap.

Dalam pembuatan sebuah kolam ikan sendiri tentunya bukan menjadi hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan. Mulai dari pertimbangan luas, desain, bahan material sampai dengan biaya. Lalu bagaimana cara membuat kolam sederhana? Apa saja yang perlu disiapkan?

Panduan Cara Membuat Kolam Ikan Untuk Pemula

Panduan membuat kolam ikan sederhana

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya kalau sebelum Anda mengetahui cara membuat kolam ikan minimalis yang benar, ada beberapa pertimbangan penting. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan:

1. Desain Kolam Ikan

Untuk desain kolam ikan sendiri saat ini Anda bisa mencontoh dari orang lain. Ataupun kalau mau yang berbeda dari yang lain, contoh saja desain kolam ikan dari internet. Untuk pemilihan desain kolam yang baik ini Anda perlu mempertimbangkan luas rumah sampai dengan lebar pekarangan Anda sendiri.

Jangan sampai pemilihannya terlalu memaksa sehingga hasilnya tidak maksimal. Kalau rumah Anda tergolong minimalis, maka lebih disarankan memilih kolam ikan dengan bentuk persegi atau persegi panjang. Kalau mau yang lebih unik, Anda bisa mencoba juga desain melingkar. Intinya sesuaikan dengan luas lahannya.

2. Ukuran Kolam Ikan

Ukuran kolam sebenarnya masih tergolong dalam desain kolam. Disini Anda perlu menentukan ukuran kolam yang akan dibuat. Kalau Anda mau menambahkan ornamen seperti air mancur, maka buatlah kolam yang ukurannya tergolong besar. Susun juga di dalam desain kolam mengenai penampatan hiasan kolam.

Pada pembuatan desain memang perlu dipikirkan terutama supaya harus dibuat dengan strategis. Usahakan juga memberikan kesan indah dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari kita. Untuk posisi kolam ikan juga tidak perlu hanya di bagian depan rumah saja, tetapi juga bisa dibagian belakang.

3. Material Kolam Ikan

Bahan material pembuatan kolam ikan merupakan hal yang sangat penting dipikirkan. Perlu diketahui kalau mau membuat kolam bagus, tidak perlu harga atau budget yang terlalu tinggi. Tapi tetap saja Anda wajib selalu menggunakan material terbaik dalam pembuatan kolam ikan.

Untuk bahan awal dalam pembuatan kolam umumnya memang cukup banyak, selain itu perawatannya juga terbilang besar. Dalam bahan material ini tidak hanya adonan semennya saja ya! Ada juga persiapan batu alam, patung air dan sebagainya.

4. Isi Kolam Ikan

Anda juga harus mempertimbangkan isi di dalam kolam nantinya. Memang cara membuat kolam ikan koi, ikan mas atau yang lainnya tidak berbeda, tapi tetap saja ada beberapa pengetahuan dasar yang diperlukan. Misalnya saja kalau melihat tren saat ini, usahakan memilih peliharaan ikan yang perawatannya mudah.

Selain menambahkan ikan yang merupakan aktor utama, jangan lupa tambahkan juga ornamen lain. Ornamen ini juga harus menyesuaikan dengan tema kolam ikan. Ornamen ini sendiri harus Anda sesuaikan menurut tempat kolam ikan. Apalagi kolam ikan itu bukan hanya ditempatkan pada luar ruangan saja, tapi ada juga yang indoor.

Langkah Membangun Kolam Ikan Sederhana

Setelah Anda memikirkan berbagai hal penting diatas, kini saatnya kita membuat kolam ikan. Ikuti panduan atau langkah cara membuat kolam ikan sederhana lengkap berikut ini:

1. Peralatan dan Bahan Material

Siapkanlah semua bahan material dan peralatan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan beberapa bahan material seperti pasir, semen, batu bata sampai dengan cat. Siapkan juga peralatan seperti sekop, meteran, cangkul dan sebagainya. Dimungkinkan juga ada bor dan mesin pemotong kalau Anda ingin memakai keramik.

2. Membuat Galian Dasar Kolam

Untuk galian yang akan kita buat yaitu harus sesuai dengan desain yang sebelumnya telah kita buat. Kalau galian ini sudah berhasil kita bentuk, maka tinggal pasang saja tatanan batu bata sampai dengan adonan semen dan pasir.

Usahakan adonan semen ini sudah berhasil Anda campur dengan baik. Campuran yang baik pada adonan semen ini akan membuat kolam tidak mudah bocor. Kalau perlu supaya anti bocor, Anda juga bisa mengaplikasikan pelapis waterproof anti bocor di dinding kolam.

3. Dinding dan Dasar Kolam

Sebagai alternatif saja, pada bagian dinding kolam ini Anda bisa gunakan keramik dengan pola mozaik. Tapi kalau Anda tidak mau memakai keramik, tetap disarankan memakai unsur yang mempercantik kolam. Dan yang paling mudah adalah mengecat dinding kolam dengan warna netral seperti putih.

4. Pembuatan Saluran Masuk Air

Anda memang harus detail sekali dalam memikirkan saluran masuk air pada kolam. Untuk membuat saluran air yang bagus Anda bisa memakai pipa yang kemudian dihubungkan dengan pompa air ataupun keran pengisi air. Hal ini akan membuat proses air yang berganti jadi lebih mudah.

5. Pasang Filter Kolam

Filter air sendiri akan menjaga kebersihan air kolam sehingga oksigen dapat tercukupi dengan baik. Supaya kerja filter air semakin bagus, usahakan memakai yang sitem pompa mekanik. Anda bisa memperoleh filter air semacam ini di toko ikan terdekat. Di beberapa supermarket juga dijual. Atau Anda bisa membuat filter kolam ikan sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah.

6. Tambahkan Ornamen Khusus

Untuk hiasan tambahan ini Anda bisa menambahkan lampu sebagai penerangan pada bagian sisi kolam. Penggunaan lampu ini sendiri akan membuat visual kolam ikan Anda lebih hidup. Apalagi di malam hari yang bakalan kelihatan makin cantik.

Anda juga dapat mengikuti cara berikut ini.

Pembuatan kolam ikan memang membutuhkan banyak pertimbangan. Apalagi Anda tidak menginginkan kolam yang lebih cepat rusak. Itulah bahasan langkah-langkah pembuatan kolam ikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *