Harga ikan arwana anakan

Harga Ikan Arwana Anakan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Salah satu jenis ikan yang dari zaman dulu menjadi komoditi budidaya adalah ikan Arwana. Untuk Anda yang merupakan pembudidaya baru, maka wajib tahu berapa harga ikan arwana anakan terbaru beserta bagaimana cara memilihnya.

Proses budidaya bukan hanya ikan Arwana tapi berbagai jenis ikan lainnya juga harus dipikirkan dengan baik. Apalagi ikan arwana tergolong dalam ikan yang harganya mahal dan perawatannya juga tidak boleh sembarangan. Jadi harus direncanakan dengan baik. Lalu berapa kisaran harga bibit arwana saat ini?

Jenis dan Harga Anakan Arwana Terbaik

Sepeti kita ketahui kalau jenis ikan arwana ada banyak, jadi sebelum membudidayakan, Anda wajib tahu dulu mana jenis Arwana yang akan dibudidayakan. Ada juga jenis anakan arwana yang sangat sulit untuk ditemukan karena sangat langka ditemukan dipasaran. Untuk harga anakan selengkapnya sudah Sudut Kebun rangkum dibawah ini:

1. Anakan Arwana Super Red

Jenis anakan arwana rekomendasi pertama yaitu anakan ikan arwana super red. Kalau di alam liar, kita bisa menemukannya di daerah seperti Kalimantan Barat dan sekitarnya. Jenis arwana super red memiliki ciri fisik pada sirip, bibir sampai dengan sungut jika masih muda.

Kalau dewasa, nantinya warna merah akan lebih merata pada tubuhnya. Untuk jenis arwana super red sendiri juga ada 4 jenis berbeda. Keempat jenis tersebut yakni Chili Red, Blood Red, Golden Red dan Orange Red. Sementara itu untuk harga ikan arwana anakan super red dengan ukuran 10 cm sendiri berkisar Rp. 900.000-an.

2. Anakan Arwana Silver

Ikan Arwana Silver adalah ikan yang memiliki fisik cenderung cukup panjang terutama pada bagian sirip sampai seluruh tubuhnya. Bahkan ikan arwana silver yang paling panjang ditemukan mencapai 1 meter. Ikan arwana silver banyak ditemukan di Indonesia walaupun namanya ikan arwana brazil.

Karena ukuran yang tergolong bisa sangat besar, maka bisa melompat keluar. Jadi mangsa yang ada di udara dekat air bisa ditangkap dengan mudah. Harga ikan arwana anakan silver sendiri cukup murah yaitu Rp. 90.000-an. Jadi ikan arwana silver memang bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

3. Anakan Arwana Golden Red

Rekomendasi anakan selanjutnya yaitu ikan arwana golden red. Ikan ini sering juga disebut sebagai Red Tail Golden. Kalau Anda tertarik membelinya, maka tidak perlu datang ke daerah asalnya. Tapi memang kalau mau yang terbaik, bisa membeli dari Riau atau beberapa daerah Sumatera lain.

Ikan arwana golden red ini sangat disukai karena perpaduan atau kombinasi warnanya. Anda bisa menemukan kombinasi warna biru, hijau sampai keemasan. Untuk warna merahnya sendiri cukup sedikit. Lalu kalau harga ikan arwana anakan golden red Rp. 820.000-an.

4. Anakan Arwana Papua

Ikan Arwana Papua atau Arwana Jardini memang banyak ditemukan di wilayah Papua, Indonesia. Selain itu Jardini juga banyak ditemukan di perairan Australia. Ikan ini bisa ditemukan dengan panjang tubuh mencapai 90 cm dengan berat tubuh yang mencapai bobot 17 kg.

Ikan ini memiliki ciri fisik yang sedikit keemasan tapi tetap soft alias tidak mencolok. Sebenarnya untuk warna dasarnya adalah hitam kecoklatan dilengkapi sedikit bintik keemasan. Sementara itu untuk kisaran harga bibit arwana papua ini Rp. 150.000-an dengan ukuran 12-15 cm.

5. Anakan Arwana Banjar

Sesuai sama namanya, ikan arwana banjar merupakan ikan yang banyak ditemukan di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Walaupun cenderung berwarna merah, tapi merahnya tidak terlalu kuat seperti arwana Super Red. Umumnya arwana banjar dilengkapi warna oranye dengan ekor yang sedikit kekuningan.

Ikan Arwana Banjar juga bisa memiliki panjang sampai 90 cm. Kalau Anda tertarik memudidayakannya, maka perlu sekali akuarium atau tempat pemeliharaan yang besar. Terlebih ikan ini cenderung sangat aktif bergerak. Untuk harga bibitnya masih Rp. 345.000-an.

Baca juga: Harga ikan arwana terbaru

Harga Bibit Ikan Arwana Hari Ini

Jenis Ikan ArwanaHarga
Arwana super red anakanRp. 900.000-an
Arwana silver anakanRp. 90.000-an
Arwana golden red anakanRp. 820.000-an
Arwana Papua anakanRp. 150.000-an
Arwana Banjar anakanRp. 345.000-an

Tips Memilih Anakan Arwana Terbaik

Kalau Anda akan membeli ikan Arwana, maka harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya saja mempertimbangkan bentuk tubuh yang wajib lengkap dan normal, sirip harus sejajar, selain itu warna anakan arwana juga harus cerah, dan dapat ditingkatkan kualitas warnanya dengan perawatan.

Selanjutnya saat kita melihat ikan tersebut harus memiliki cara berenang yang baik. Cara berenang anakan ikan arwana pun tentunya harus anggun dan lancar. Selain itu juga sering berdekatan dengan permukaan air. Perhatikan juga bagian sirip anakan ikan arwana ketika sedang berenang.

Usahakan sirip ini harus selalu dapat terbuka dan punya bentuk cukup proporsional. Kalaupun ada ikan yang siripnya rusak, seringkali terjadi karena ikannya berkelahi atau tidak ada perawatan. Jika ada yang rusak, lebih baik jangan dipilih. Lebih baik memilih yang normal saja.

Lalu pada bagian kepala, lihat juga sungut yang warnanya harus sama dengan warna tubuhnya. Sungut ini pun wajib memiliki bentuk sehat yaitu panjang dan kokoh. Ukurannya juga proporsional. Lihat juga pada bagian mata yang tidak boleh sampai keluar menonjol.

Jangan lupa lihat juga bentuk mulutnya yang harus besar dan cukup miring. Bentuk mulut yang baik juga harus mulut yang tertutup dengan baik. Perhatikan juga bagian sisiknya, sisik ini wajib selalu cerah dan susunannya rapi. Ukuran sisik tersebut juga harus sama dan warnanya cerah.

Selanjutnya cek juga tutup insang harus punya gerakan lembut. Terakhir cek juga bagian gigi yang harus selalu rapi dan tidak menonjol.

Kalau memperhatikan harga dan pemilihan bibit yang benar, saya yakin proses budidaya Anda bisa sukses dengan baik. Itulah bahasan harga ikan arwana anakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *