Makanan sugar glider hamil

Makanan Sugar Glider

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Makanan sugar glider agar sehat – Sugar glider adalah hewan mungil mirip seperti tupai namun memiliki kantong. Saat ini banyak yang suka dan memelihara hewan ini. Sifat agak pemalasnya menjadikan hewan ini cukup jinak untuk dipelihara.

Bagi Anda yang ingin memeliharanya, perlu Anda ketahui beberapa sifat dari hewan ini. Salah satu sifat yang paling penting adalah mudah bosan terhadap menu makanan. Jadi sugar glider tipikal pilih-pilih makanan. Secara umum makanan yang paling digemari adalah jenis buah dan sayur, namun sugar glider juga menyukai serangga-serangga kecil.

Makanan Sugar Glider Agar Cepat Besar

Makanan sugar glider umur 2 bulan

Berikut kami rangkum untuk Anda berbagai jenis makanan sugar glider yang dapat Anda temui dengan mudah di pasar maupun toko hewan peliharaan.

1. Alpukat

Tekstur yang lembut dari daging buah alpukat sangat digemari sugar glider. Dan alpukat mengandung banyak sekali vitamin, serat dan juga lemak, sangat baik untuk mencukupi kebutuhan zat gizi sugar glider. Potonglah buah alpukat menjadi dua bagian, dan berikan langsung ke sugar glider.

2. Anggur

Makanan berikutnya adalah anggur. Buah yang satu ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sugar glider agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam menyajikannya sangat disarankan berikan secara utuh dengan menggantungnya dibagian atas kandang, sehingga tetap menjaga kelincahan sugar glider.

Baca juga: Makanan burung hantu

3. Apel

Selain variasi jenis makanan, perlu juga divariasi tekstur makanan sugar glider. Apel adalah salah satu buah yang memiliki tekstur yang agak keras dan ini sangat baik bagi sugar glider. Anda bisa memberikan menu apel satu kali dalam seminggu sebagai variasi menu saja. Buah apel memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, serta berbagai mineral. Kandungan semacam itu akan sangat baik bagi kesehatan sugar glider.

4. Brokoli

Selain baik bagi manusia, sayuran brokoli juga sangat bagus untuk sugar glider. Sayuran hijau ini secara warna juga menarik bagi sugar glider, Anda bisa menjadikan sayuran ini sebagai menu sampingan. Jangan lupa untuk senantiasa menyajikannya dalam keadaan mentah karena jika direbus, banyak kandungan zat gizi yang bakal hilang.

5. Jangkrik

Di habitat alami mereka, jangkrik menjadi menu makanan sugar glider yang paling disukai. Kandungan protein pada serangga seperti jangkrik juga sangat tinggi sehingga baik untuk sugar glider. Kami sarankan untuk memberikan jangkrik dalam kondisi hidup, agar naluri mencari makanan pada sugar glider bisa terjaga. Anda bisa membeli jangkrik di toko-toko pakan burung karena jangkrik juga menjadi makanan favorit burung berkicau.

6. Kubis

Dikenal juga dengan nama kol. Sayuran ini mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6. Zat-zat gizi tersebut sangatlah baik untuk menjaga agar sugar glider tetap sehat. Sajikan kubis dalam keadaan utuh atau mungkin lembaran, namun jangan disajikan dalam kondisi sudah direbus semisal Anda mengambil dari kubis yang ada di sayur sop. Sebabnya kubis yang sudah diolah menjadi sayur sop sudah terkontaminasi dengan berbagai bumbu-bumbu penyedap atau garam yang ini akan menjadi masalah bagi kesehatan pencernaan sugar glider.

7. Lobak

Lobak adalah salah satu makanan alami yang ada di habitat asli sugar glider, sehingga hewan ini juga sangat menyukainya. Anda bisa menyajikan dalam potongan-potongan kecil sesuai ukuran tangan sugar glider agar mudah digenggam.

8. Madu

Sugar glider adalah hewan yang menyukai makanan yang manis. Oleh karenanya berbagai jenis buah-buahan sangat digemari oleh hewan yang satu ini. Namun rasa manis harus bersumber dari yang alami seperti buah dan juga madu. Karena jika rasa manis berasal dari pemanis buatan seperti yang dikonsumsi oleh manusia, maka sugar glider bisa mengalami masalah pencernaan.

Madu sangat baik bagi sugar glider karena berbagai kandungan nutrisinya. Dan madu merupakan makanan yang biasa tersedia di habitat alami sugar glider yang berada di pepohonan.

9. Melon

Buah yang satu ini memiliki tekstur daging yang lembut. Oleh karena itu sangat baik sebagai makanan sugar glider umur 2 bulan. Potong buah melon kecil-kecil sehingga sugar glider yang masih kecil tidak kesulitan dalam menggenggam dan memakannya. Kandungan nutrisi melon yang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan kalium sangat baik bagi pertumbuhan dan daya tahan tubuh sugar glider.

10. Pepaya

Kandungan gizi dalam pepaya sangatlah komplit. Didalamnya terdapat vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, protein bahkan lemak. Hal ini sangatlah baik bagi kesehatan sugar glider. Sajikan dalam bentuk potongan kecil-kecil yang pas di genggaman sugar glider. Pepaya juga menjadi salah satu makanan sugar glider hamil karena tekstur yang lembut dan kaya akan zat gizi penting.

11. Pisang

Buah yang satu ini pasti sangat mudah ditemukan. Pisang sangat disukai sugar glider. Kebiasaan sugar glider yang melompat dari satu pohon ke pohon lainnya, tentunya memerlukan kaki-kaki yang kuat. Buah pisang yang mengandung banyak sekali zat besi dan kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang sugar glider.

Anda bisa menyajikan buah pisang dalam bentuk yang sudah terpotong kecil atau dalam bentuk utuh bersama dengan kulitnya. Penyajian yang utuh dapat menjaga naluri mencari makan sugar glider.

12. Semangka

Jika Anda hidup di daerah tropis yang sedang musim kemarau, waspadahilah dehidrasi pada hewan peliharaan Anda, termasuk sugar glider. Hewan ini juga rawan mengalami dehidrasi jika pemberian minumannya kurang. Jika Anda sering lupa mengecek minuman sugar glider, Anda bisa memberikan buah yang kaya kandungan airnya seperti semangka.

Buah ini selain kaya akan kandungan air, tentu saja kaya kandungan gizi lainnya yang penting untuk kesehatan sugar glider. Nutrisi pada semangka yang paling banyak adalah kalsium dan vitamin C.

13. Ubi

Ubi juga meruapakan makanan kesukaan dari sugar glider. Bisa ubi jalar maupun ubi kayu. Tekstur yang keras sangat baik sebagai variasi makanannya. Sajikan dalam keadaan mentah dan terpotong-potong kecil.

14. Ulat Hongkong

Ternyata tidak hanya burung yang gemar memakan ulat hongkong, sugar gliderpun sangat suka. Sebagaimana serangga seperti jangkrik, ulat hongkong sangat kaya akan protein. Untuk menyajikannya agar ulat hongkong tidak bergerak kemana-mana, maka siapkan wadah khusus. Baca juga: Cara ternak ulat hongkong

15. Wortel

Tekstur keras yang ada pada wortel memiliki manfaat dapat menstimulasi gigi sugar glider. Vitamin A dan serat yang ada pada wortel juga sangat baik untuk kesehatan sugar glider. Anda bisa menyajikan wortel apa adanya dalam bentuk utuh. Sebagaimana kubis, wortel sebaiknya jangan diambil dari olahan sayur sop.

16. Pir

Buah yang satu ini juga digemari oleh sugar glider. Sebagaimana buah apel, teksturnya bisa menjadi variasi makanan untuk sugar glider. Banyak kandungan serat dan air sehingga sugar glider tidak mudah dehidrasi dan bermasalah pada pencernaan.

Baca juga: Makanan untuk kura-kura

Sebagaimana informasi diatas, bahwa sugar gliter memiliki tipikal pilih-pilih makanan atau cepat bosan. Sehingga Anda perlu memberikan menu makanan yang berbeda-beda. Dalam satu hari anda bisa memberikan 2-3 menu yang berbeda. Menu diatas juga merupakan makanan sugar glider joey, terutama sayuran dan buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *