Makanan ikan louhan supaya cepat besar

Makanan Ikan Louhan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Salah satu cara merawat ikan louhan yang baik dan benar adalah dengan memberikan pakan yang bagus. Kamu tidak boleh memberikan sembarang makanan kepada ikan louhan peliharaanmu.

Karena ikan louhan tidak dapat mencerna semua makanan dengan baik. Tentunya tidak semua makanan cocok untuk ikan louhan dan pakan ikan louhan yang kurang cocok malah bisa menurunkan kualitas jenong, warna dan membahayakan kesehatannya.

Maka dari itu pastikan kamu selalu memberikan makanan ikan louhan yang bagus dan berkualitas. Untuk membantu kamu memilih makanan yang tepat, berikut beberapa pilihan pakan ikan louhan berdasarkan jenisnya.

Jenis Makanan Ikan Louhan

Pemberian makanan pada ikan louhan merupakan salah satu faktor penting dalam hal pertumbuhannya. Selain harus memerhatikan jenis makanan yang diberikan, kamu juga perlu memerhatikan takarannya. Pemberian makanan yang bagus dengan takaran yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan ikan louhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga ikan louhan menjadi lebih kuat menahan serangan penyakit.

Ada 2 jenis pakan ikan louhan yang bisa kamu pilih, yaitu makanan buatan atau pabrik dan makanan alami. Berikut selengkapnya.

Makanan Ikan Louhan Buatan

Jenis makanan buatan adalah makanan yang sudah diolah, diracik dan dikemas sedemikian rupa oleh pabrik. Sehingga kamu tinggal memberikannya saja secara langsung kepada ikan louhan. Jenis makanan ini tentu lebih praktis dan sederhana, cocok sekali buat kamu yang nggak mau ribet. Kebanyakan makanan buatan ikan louhan berupa pelet. Berikut pilihan makanan ikan louhan supaya cepat besar.

1. Pelet Akari Super Red Louhan

Makanan ikan louhan buatan
Sumber: Iwakbuncit.com

Pelet akari sangat kaya akan protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan louhan. Makanan ini juga dapat membantu memperbesar jenong ikan louhan. Selain kaya akan protein, pelet ini juga memiliki kandungan garlic dan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh ikan louhan dan dapat berperan sebagai anti stres.

Kandungan astaxanthin yang ada di dalamnya juga bisa mencerahkan warna merah terhadap ikan louhan. Harga pelet ikan louhan yang satu ini adalah sekitar Rp. 35.000 per 100 gram.

2. Pelet Tetra Louhan

Pelet tetra louhan

Makanan buatan selanjutnya juga berperan sangat baik dalam membantu pertumbuhan jenong ikan louhan dan pembentukan sel warna merah di tubuh ikan louhan.

Pelet ini memiliki kandungan nutrisi yang memang dikhususkan untuk membantu mempercantik, mencerahkan dan mempertajam warna pada ikan louhan. Jadi kalau kamu cari makanan louhan untuk mencerahkan warna tubuhnya, pilih pelet ini. Harga 250 gram pelet tetra louhan ini adalah sekitar Rp. 75.000.

Baca juga: Harga ikan louhan

3. Pelet Yukari Super Red

Pelet Yukari Super Red

Walaupun pelet ini bukan pelet khusus untuk ikan louhan, namun tetap bisa membantu pembentukan jenong dan pertumbuhan pada ikan louhan.

Pelet dari Yukari ini mengandung probiotik dan astaxanthin yang bermanfaat untuk mempercantik warna ikan louhan. Harga pelet ini relatif lebih mahal, yaitu dibanderol sekitar Rp. 120.000 untuk ukuran 300 gram.

4. Pelet Okiko Platinum Head Huncher

Pelet Okiko Platinum Head Huncher

Pakan selanjutnya yang cocok untuk ikan louhan adalah pelet pabrikan Okiko Platinum Head Huncher. Pelet ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga bisa membantu pertumbuhan jenong ikan louhan dengan mudah.

Selain kaya akan protein, pelet ini juga mengandung spirulina yang berfungsi untuk mempercantik warna ikan louhan. Harganya juga tergolong murah, kok. Kurang lebih hanya Rp. 35.000 saja untuk 100 gramnya.

5. Pelet Topka Platinum Head Huncher

Pelet Topka Platinum Head Huncher

Makanan pabrikan yang satu ini merupakan saingan dari pakan sebelumnya. Sama seperti saingannya, pelet merk Topka ini juga merupakan makanan ikan louhan supaya cepat besar jenongnya karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Meskipun diimpor dari Taiwan, harga pelet Topka ini relatif murah, mulai dari Rp. 20.000-an.

6. Ikan Louhan Black Pelet

Black Pelet ini merupakan salah satu makanan ikan louhan biar merah dan dapat membuat louhan bergerak lebih aktif. Selain itu pakan ini juga mampu mempercepat pertumbuhan jenong ikan louhan.

Kabarnya, Black Pelet ini merupakan pakan ikan asli buatan anak bangsa. Dengan segala kelebihannya tersebut, tidak heran kalau pelet ini dibanderol cukup mahal mulai dari Rp. 145.000-an.

7. Pelet JE

Pelet JE

Masih merupakan pelet karya anak bangsa, selanjutnya ada pelet JE. Pelet JE tersedia dalam beberapa varian, mulai dari pelet JE colour yang bisa mencerahkan warna pada tubuh ikan louhan, pelet JE untuk burayak, pelet JE extra red untuk mempertajam warna merah ikan louhan, pelet JE head untuk merangsang pertumbuhan mutiara dan jenong ikan louhan dan yang terakhir pelet JE sp gold yang paling ampuh untuk merangsang pertumbuhan warna sekaligus jenong ikan louhan.

Pelet JE ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 45.000 tergantung pada variannya. Jadi kamu bisa memilih dan menyesuaikan sendiri ingin membeli varian yang mana, tergantung pada kebutuhan ikan louhan kesayanganmu.

8. Pelet Louhan Ionic

Pelet Louhan Ionic

Makanan buatan ikan louhan selanjutnya adalah pelet ionic. Pelet yang diimpor dari Thailand ini berkhasiat untuk mempertajam, mempercantik dan mempertegas warna tubuh ikan louhan sekaligus jenongnya. Kamu harus merogok kocek hingga Rp. 120.000 untuk bisa mendapatkan pelet ini.

9. Pelet Ikan Louhan Lucky 88

Pelet Ikan Louhan Lucky 88

Pelet yang satu ini juga merupakan pelet lokal buatan asli Indonesia. Pelet Lucky88 memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga cukup bagus untuk merangsang jenong ikan louhan. Di samping itu, pelet ini juga bisa membantu mempertegas warna jenong ikan louhan dan menebalkan tubuhnya. Pelet Lucky88 dijual dengan harga mulai dari Rp. 85.000.

10. Pelet Ikan Louhan 9.9 (Nine Point Nine)

Pelet Ikan Louhan 9.9

Dan pelet ikan louhan terakhir yang direkomendasikan adalah pelet Louhan 9.9 yang diimpor dari Thailand. Pelet ini menyediakan 2 varian, yaitu dome pelet yang khusus untuk membesarkan jenong ikan louhan dan varian super color enhancing food yang dapat mencerahkan warna ikan louhan. Harga pelet 9.9 untuk varian color enhancing food dijual sekitar Rp. 125.000 sampai Rp. 130.000. Sementara untuk varian domenya dijual sekitar Rp. 70.000-an saja.

Baca juga: Makanan ikan arwana terbaik

Makanan Ikan Louhan Alami

Selain dengan menggunakan pakan pelet atau pakan buatan, kamu juga bisa memakai pakan alami untuk memberi makan ikan louhan. Berikut beberapa pilihan makanan ikan louhan yang bagus dari alam.

1. Udang

Makanan ikan louhan alami

Udang memiliki kandungan beta carotene yang sangat baik untuk membantu perawatan warna ikan louhan. Oleh karena itu, udang termasuk ke dalam makanan alami ikan louhan yang bagus dan berkualitas.

Namun, dalam pemberian pakan udang ini, kamu harus membersihkan dan membuang sungut-sungut udangnya terlebih dahulu karena itu bisa melukai mulut ikan louhan. Selain itu, sebaiknya potong kecil-kecil dulu udangnya supaya memudahkan ikan louhan untuk memakannya. Ukuran udang yang terlalu besar kemungkinan tidak akan bisa masuk ke dalam mulut ikan louhan.

2. Kelabang

Kelabang

Hewan yang terkenal menyeramkan dan ganas ini ternyata bisa juga dijadikan makanan louhan. Kelabang dapat membantu untuk mencerahkan dan memerahkan warna tubuh ikan louhan.

Akan tetapi, karena cukup berbahaya pakan ini tidak begitu disarankan. Hanya gunakan kelabang mati yang kebetulan kamu temukan di lingkungan rumah untuk dijadikan makanan louhan peliharaan.

3. Cacing

Cacing

Cacing sudah terkenal menjadi salah satu makanan ikan louhan supaya cepat besar dan jenong. Cacing dijadikan banyak orang sebagai makanan utama untuk ikan louhan. Selain karena khasiatnya, harga cacing juga cukup murah.

Kamu juga bisa mendapatkan pakan cacing secara gratis dengan mencarinya sendiri di lingkungan rumah yang becek dan lembab. Sebab cacing sangat menyukai tempat-tempat seperti itu.

4. Jangkrik

Jangkrik untuk ikan louhan

Bukan hanya burung saja yang menyukai jangkrik, lho. Pasalnya ikan louhan juga ternyata suka makan jangkrik. Bahkan pemberian makan jangkrik pada ikan louhan juga mampu merangsang pertumbuhan ekor, sirip dan tentunya jenong ikan louhan.

Baca juga: Makanan ikan nila

5. Ikan Kecil

Ikan kecil

Dan pakan ikan louhan yang bagus terakhir adalah ikan kecil. Ikan kecil seperti ikan-ikan teri biasanya memiliki kandungan lemak yang bagus untuk memenuhi pemberian nutrisi terhadap ikan louhan. Selain itu, pemberian makan ini juga dapat memperbesar jenong ikan louhan.

Itulah 15 pilihan makanan ikan louhan supaya cepat besar dan jenong. Jadi, makanan mana yang ingin kamu berikan untuk ikan louhanmu? Pastikan kamu juga memberikan pakan secara rutin dan terus menjaga kebersihan akuariumnya supaya ikan louhan kamu tidak mudah stres. Sumber: Eightsun.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *