Makanan ikan koi biar cepat besar

Makanan Ikan Koi

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ada banyak jenis ikan hias yang biasa dipelihara sebagai ikan peliharaan di dalam akuarium rumah ataupun kolam khusus untuk ikan. Mulai dari ukuran ikan yang kecil hingga yang besar. Juga jenis-jenis ikan hias yang kian hari kian beragam dan bervariasi.

Salah satu jenis ikan hias yang sering dipelihara, yaitu ikan koi. Ikan koi merupakan jenis ikan yang dapat tumbuh sampai besar. Banyak pecinta ikan yang memelihara ikan koi di dalam kolam khusus ikan dengan jumlah yang cukup banyak.

Untuk mendapatkan ikan koi yang besar, terdapat resep makanan ikan koi yang mampu mempercepat pertumbuhan ikan koi. Meskipun ikan koi termasuk ke dalam kategori ikan yang tidak pilih pilih makanan, namun makanan ikan koi tentunya harus memiliki kandungan nutrisi yang mampu untuk mendorong perkembangan ikan koi agar cepat besar.

Makanan Ikan Koi Alami

Pakan ikan koi terbaik tentunya berasal dari bahan-bahan yang baik pula. Mengingat ikan koi yang tidak pilih pilih makanan, jenis makanan yang dapat diberikan kepada ikan koi pun beragam. Bisa menggunakan makanan instan atau buatan pabrik atau makanan ikan koi alami buatan sendiri, bergantung pada cara perawatan dan kebutuhan masing masing.

1. Cacing Sutera

Cacing sutera, makanan ikan koi kecil

Makanan ikan koi yang bisa didapatkan secara alami dan disiapkan sendiri yang pertama ialah cacing sutera. Kandungan nutrisi dan protein yang terdapat di dalam tubuh seekor cacing sutera sangat bagus dan efektif untuk mendorong pertumbuhan ikan koi. Selain itu, protein yang terdapat pada cacing sutera dapat meningkatkan kadar kualitas sel telur dan sel sperma yang terkandung pada ikan koi.

Pemberian makan seperti cacing sutera yang memiliki kandungan protein tinggi tentunya harus seimbang dengan makanan yang lain pula. Kekurangan kadar protein dapat menyebabkan pertumbuhan ikan koi yang lambat serta gangguan tulang pada ikan koi.

Baca juga: Harga ikan koi

2. Daun Kelor

Makanan ikan koi terbaik, daun kelor

Pakan ikan koi terbaik dengan nutrisi tinggi selanjutnya ialah daun kelor, mungkin akan terdengar aneh jika daun kelor diberikan kepada ikan koi. Namun, ternyata daun kelor justru memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan koi untuk berkembang dengan cepat. Selain karena kandungan nutrisinya yang bagus, daun kelor juga mudah didapatkan dan mudah untuk ditanam sendiri. Makanan ikan yang dapat dihasilkan sendiri tentunya akan lebih menghemat pengeluaran.

3. Roti

Roti, pakan ikan koi

Pemberian makan ikan koi harus seimbang dengan kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkannya. Selain nutrisi dan protein, kebutuhan karbohidrat juga dibutuhkan oleh ikan koi untuk membantu pertumbuhannya. Memberikan makan berupa roti kepada ikan koi dapat membantu pembentukan energi bagi ikan koi. Energi ini nantinya akan menjadi metabolisme ikan koi agar tidak mudah sakit dan aktif bergerak.

Namun, kembali lagi pada keseimbangan asupan gizi yang dibutuhkan. Pemberian roti pun tidak boleh sampai berlebihan. Terlebih jika akan diberikan sebagai makanan ikan koi kecil, porsi yang diberikan harus beruapa 5% dari jumlah porsi ikan koi dewasa.

4. Kedelai

Kedelai

Kedelai yang mengandung protein tinggi dapat membantu ikan koi untuk mengisi serta menyimpan zat-zat yang dibutuhkan oleh ikan koi dan menjadi bagian penting dari dinding sel ikan koi. Selain mengandung protein, kedelai juga mengandung asam lemak esensial. Ikan koi yang kekurangan asam lemak esensial dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang berdampak bagi kesehatan dan pertumbuhan ikan koi.

5. Bekicot

Bekicot

Ikan koi yang tidak pilih-pilih makanan dan termasuk ke dalam kategori ikan omnivora atau pemakan segala, membuat makanan ikan koi seperti bekicot dapat dikonsumsi dan membantu pertumbuhan ikan koi. Sama seperti bahan alami lainnya, bekicot juga dapat ditemukan di mana saja dengan mudah.

6. Jeruk

Jeruk

Bukti lain dari ikan koi yang termasuk ke dalam kategori ikan pemakan segala atau omnivora ialah ikan koi mau memakan buah-buahan seperti jeruk. Selain karena meliki sifat sebagai omnivora, ternyata kebutuhan nutrisi dari buah jeruk pun dibutuhkan oleh ikan koi. Nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk ialah vitamin C.

7. Ganggang

Ganggang

Ikan koi yang mayoritas dipelihara di kolam ikan bisa memakan tanaman ganggang yang tumbuh di atas permukaan air kolam. Walaupun terlihat seperti tanaman rambat yang menjalar di atas permukaan air kolam, namun ganggang memiliki manfaat tersendiri bagi ikan koi. Manfaat yang dihasilkan dari ganggang yang dimakan oleh ikan koi ialah warna yang dimiliki oleh ikan koi akan tetap terjaga dan memberikan pengaruh pada pigmen warna merah.

Namun, sama seperti makanan ikan koi yang lainnya, memakan ganggang terlalu banyak atau berlebihan dapat berkibat buruk bagi ikan koi. Pigmen warna yang dimiliki ikan koi akan memudar dan akan menimbulkan hasil berupa warna yang semakin memutih, sehingga warna yang dihasilkan terlihat seperti merah muda atau pink.

8. Udang

Udang

Hewan kecil satu ini memiliki manfaat yang hampir sama seperti tanaman ganggang jika dimakan oleh ikan koi. Udang memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kadar pigmen warna pada kulit ikan koi. Namun, berbeda dengan tanaman ganggang yang jika dimakan terlalu banyak akan menyebabkan warna memudar, kekurangan nutrisi yang terkandung pada udang akan menyebabkan warna memudar dan berubah menjadi warna albino.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon

Makanan tambahan serta enak yang dapat dimakan oleh ikan koi yaitu irisan daging ikan salmon. Seperti yang diketahui bahwa ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan tersebut selain dapat menjadi sumber energi dan membantu tumbuh kembang ikan koi, ternyata juga dapat membantu menjaga warna ikan koi seperti yang diberikan oleh manfaat dari udang dan ganggang

10. Selada Air

Selada air

Selain makanan yang mampu memberikan manfaat dan memberikan dampak pada pigmen ikan koi, makanan ikan koi alami juga dapat membantu pencernaan ikan koi. Salah satu makanan yang mampu membantu pencernaan ikan koi yaitu selada air. Kandungan yang terdapat pada selada air mampu mendorong pencernaan ikan koi hingga lancar. Namun, pemberian makan menggunakan seladara air cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam satu minggu saja.

11. Kuning Telur Rebus

Kuning telur rebus

Anak ikan koi dapat diberikan makan berupa kuning telur rebus, jika diberikan makanan pada umumnya, porsinya harus dikurangi. Namun, makanan ikan koi kecil seperti kuning telur rebus dapat dimakan secara aman tanpa harus mengurangi porsinya. Kekurangannya ialah kolam akan cepat keruh dan kotor jika dimasukkan kuning telur rebus. Oleh karena itu, pemberian kuning telur rebus sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit.

12. Kutu Air

Meskipun kutu air memiliki ukuran yang sangat kecil, namun kutu air bisa diibaratkan sebagai kecil kecil cabe rawit. Kutu air mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan ikan koi, terutama bagi ikan koi anakan. Ikan koi yang masih kecil kecil jika diberi makan seperti kutu air yang masih hidup, dampak yang diberikan akan bagus. Proses pertumbuhan ikan koi anakan tentunya memerlukan sumber protein yang bagus dan tinggi, maka pemberian kutu air yang masih hidup untuk ikan koi anakan sangatlah tepat.

13. Cacing Darah

Sama seperti cacing sutera, cacing darah biasa digunakan oleh para pecinta ikan koi untuk dijadikan makanan utama ikan koi. Selain mengandung protein, cacing darah juga mengandung lemak dan mineral yang bagus untuk mengisi metabolisme tubuh ikan koi. Untuk mendapat cacing darah, dapat dicari di alam terbuka atau membelinya di toko pakan ikan dalam bentuk yang sudah beku.

Baca juga: Makanan ikan louhan

14. Bayam dan Kangkung

Bayam dan kangkung

Selain selada air, sayuran seperti bayam dan kangkung dapat menjadi pilihan menu makanan untuk ikan koi. Membantu memperlancar sistem pencernaan ikan koi menggunakan bayam dan kangkung sebagai makanannya merupakan solusi yang tepat. Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, ternyata bayam dan kangkung juga memiliki kandungan yang mampu menjaga pigmen warna merah dan warna kuning.

15. Jangkrik

Jangkrik

Tidak hanya bisa dijadikan umpan pancing untuk jenis ikan lain, jangkrik juga bisa dijadikan sebagai alternatif makanan ikan koi. Kandungan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh jangkrik dapat membantu ikan koi untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Memberikan makanan ikan koi harus sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan koi, dengan takaran dan porsi yang pas. Terima kasih telah mengunjungi Sudut Kebun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *