Ikan koi termahal

Ikan Koi Termahal

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan koi termahal – Bagi pecinta ikan hias air tawar, ikan koi adalah salah satu ikan hias yang paling diminati. Bentuk fisik yang sangat menarik dan mudah dalam perawatannya menjadi salah satu alasan mereka yang memeliharanya.

Tahukah Anda bahwa ikan yang berasal dari negara Jepang ini dulunya menjadi konsumsi keseharian masyarakat Jepang. Namun karena penampilannya yang cantik, maka lama kelamaan ikan koi menjadi salah satu ikan hias yang dipelihara di rumah-rumah. Berikut ulasan Sudut Hewan.

Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal

Jenis ikan koi termahal dan tercantik

Ikan koi ternyata memiliki banyak segala varian jenis atau spesies. Perbedaan corak di setiap badan menjadi salah satu indikator yang membedakan masing-masing jenis. Berikut kami ulas lengkap berbagai jenis ikan koi termahal hingga tercantik.

1. Kikokuryu

Dikenal juga dengan sebutan koi tanpa kepala atau doitsu. Memiliki warna dasar putih pada tubuhnya dengan beberapa area hitam dalam barisan sisiknya dan di bagian dekat mata dan hidung. Di pasaran sebenarnya cukup sulit menemukan jenis ikan koi ini.

Jika Anda beruntung menemukannya, maka anda bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di kisaran Rp 150.000 hingga Rp 800.000. Semakin bagus corak warnanya tentu akan semakin mahal, dan ini berlaku pada semua jenis koi berikutnya.

2. Shuisui

Memiliki corak warna khas kelabu di bagian belakang kepala hingga ekor. Serta warna kuning di area tepi kepala. Dan corak ini bisa dibilang cukup simetris, sehingga menjadikannya sangat unik dan menarik. Anda bisa mendapatkan ikan koi shuisui dengan banderol kisaran Rp. 400.000 tiap ekornya.

3. Soragoi

Ikan koi yang satu ini jika sudah berada di sudut kolam ikan, maka seringkali kita tidak dapat mengetahui keberadaannya. Hal ini dikarenakan corak warna pada tubuhnya yang abu-abu pekat, sehingga tampak tersamarkan oleh warna air. Soragoi juga ada yang bewarna hitam pekat menyerupai warna ikan lele atau patin. Di pasar, ikan koi jenis yang satu ini dibanderol di angka yang relatif sama dengan jenis Shuisui, yakni Rp. 400.000.

4. Slayer

Bisa dibilang jenis yang satu ini menjadi salah satu yang tercantik. Bagaimana tidak, koi slayer memiliki sirip-sirip yang panjang bak gaun indah yang menjuntai. Dan bagi para kolektor ikan koi, ini yang paling banyak diincar. Koi slayer ada dua jenis, slayer platinum dan slayer kumpay.

Slayer platinum memiliki warna putih platinum yang tampak cantik berkilau. Harga ikan koi slayer platinum ukuran kecil hanya Rp. 160.000, namun jika dalam kondisi dewasa dengan sirip-sirip yang tumbuh sempurna, maka ikan koi slayer platinum bisa mencapai Rp. 5.000.000 per ekor. Menjadikannya ikan koi termahal di dunia.

5. Ki Utsuri

Warna dasar ikan koi ki utsuri adalah hitam dengan corak warna kuning terang, sehingga tampak elegan. Perpaduan warna seperti itu membuat ikan koi jenis ini cukup langkah di pasaran. Harga untuk tiap ekornya cukup terjagkau, yakni Rp. 130.000.

6. Shiro Utsuri

Berbeda dengan Ki Utsuri yang memiliki corak warna kuning terang diatas warna dasar yang gelap. Shiro Utsuri memiliki corak warna putih perak yang bersih. Koi jenis utsuri memang cukup banyak yang meminati karena beragamnya corak warna yang ada di atas warna dasar yang hitam.

Di pasaran, Anda bisa mendapatkan jenis ikan koi yang satu ini dengan kisaran harga Rp. 130.000 – Rp. 300.000 tiap ekornya.

7. Tancho

Corak warna pada koi tancho sangat unik. Hanya ada semacam titik berwarna merah tepat diatas kepalanya. Sedangkan seluruh badannya memiliki corak warna putih yang bersih. Jika Anda berminat pada ikan koi tancho, harganya tidaklah mahal utuk kualitas yang didapatkan. Yakni mulai dari Rp. 125.000 – Rp. 550.000.

8. Matsuba

Ikan koi matsuba memiliki sedikitnya 3 jenis. Pertama adalah Gin Matsuba yang memiliki warna dasar putih, kedua Ki Matsuba yang memiliki warna dasar kuning dan Aka Matsuba yang memiliki warna dasar merah. Walaupun warna dasarnya berbeda-beda, namun memiliki kemiripan di corak warna bagian punggung ikan yang bermotif jaring pada ketiga jenis ikan koi Matsuba. Jenis Matsuba dipasaran harganya mencapai Rp. 500.000 per ekornya.

9. Kinginrin

Secara bentuk fisik, ikan koi kinginrin memiliki kemiripan dengan ikan mas. Warna dominan kuning yang dimilikinya juga semakin menguatkan kemiripannya. Ternyata memang ikan koi kinginrin merupakan hasil persilangan beberapa generasi. Sehingga diwajari ada kemiripan dengan jenis ikan yang lain.

Harga di pasaran untuk ikan jenis ini relatif mahal, bisa mencapai Rp. 900.000 per ekornya. Para penghobi ikan hias juga menyebutnya dengan nama koi perak karena ciri khasnya yang selalu ada warna perak berkilau di badannya.

Ada tiga jenis koi kinginrin yang memiliki kesamaan yakni warna perak di badannya. Yakni kinginrin kohaku, kinginrin sanke dan hikarimono kinginrin.

10. Ogon

Salah satu ikan koi termahal adalah ikan koi jenis ogon. Warna kuning keemasan dipadu dengan warna dasar putih bersih membuat banyak penghobi ikan sangat meminatinya. Warna yang indah tersebut ternyata hasil persilangan dari dua jenis ikan koi, yakni koi berpunggung kuning dengan shiro-fuji.

Butuh 6 kali generasi keturunan dari ikan hasil persilangan ini, baru muncul ikan koi ogon yang memiliki warna sangat elegan. Anda perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp. 1.500.000 agar dapat membeli ikan jenis ini. Selain itu, ciri khas koi ogon adalah kepalanya yang selalu berwarna kuning keemasan yang cerah dan ketika suhu air agak naik, warnanya tidak akan pudar sebagaimana ditemui pada jenis ikan koi yang lainnya.

11. Goromo

Barangkali ini menjadi salah satu ikan koi termahal di Indonesia. Tiap ekornya bisa mencapai harga Rp. 1.800.000 dan ini cukup sebanding dengan corak warnanya yang sangat unik dan indah. Perpaduan antara biru, hitam dan merah membuat tampilan ikan ini sangat eksotis. Ada tiga jenis koi goromo, yakni budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Pada tulisan Jepang, sebenarnya yang benar adalah koromo namun pelafalannya terdengar goromo, sehingga jadilah sebutan ikan koi ini sebagai koi goromo. Koromo sendiri memiliki arti pakaian, mungkin nama ini diberikan karena corak warna pada ikan koi tampak seperti sedang memakai pakaian dengan corak yang khas pakaian adat Jepang.

Daftar ikan koi termahal diatas bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis ikan koi mana yang hendak anda pelihara. Selain memberikan efek relaksasi atau suasana yang sejuk, memelihara ikan koi juga di beberapa kalangan dipercaya dapat mendatangkan hoki.

Tentunya bagi saya ini adalah sugesti, dengan percaya ini membawa hoki, maka pembawaan kita juga akan damai sehingga menjadi pribadi yang bisa menyelesaikan segala persoalan. Tapi yang pasti jika memelihara ikan koi dijadikan bisnis, maka ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena harga yang cukup mahal tiap ekornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *