Harga kelinci anggora

Harga Kelinci Anggora

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kelinci merupakan hewan peliharaan yang sangat disukai semua orang. Sama seperti kucing, Kelinci juga memiliki banyak jenis, salah satu jenisnya adalah Kelinci Anggora. Kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam jenis beserta daftar harga kelinci anggora yang paling barunya saat ini.

Kelinci anggora sendiri merupakan jenis kelinci yang memiliki ciri sama seperti jenis hewan anggora lainnya. Dimana kelinci anggora juga dilengkapi dengan bulu panjang, lebat, serta terkesan sangat halus. Ciri khas bulu seperti ini juga menutupi hampir keseluruhan bagian tubuh pada kelinci Anggora.

Jenis-Jenis Kelinci Anggora

Kelinci anggora sendiri berasal dari Ankara, Turki yang terkenal dengan berbagai hewan dengan bulu panjang seperti kucing sampai kambing. Kelinci anggora selain umum dipakai sebagai hewan peliharaan, juga seringkali dibudidayakan hanya sebagai hewan penghasil wol saja. Lalu apa saja jenis kelinci anggora? Berapa kisaran harga kelinci anggora saat ini? Kita cari tahu selengkapnya dibawah ini:

1. Kelinci Anggora Prancis

Untuk jenis kelinci anggora pertama yaitu ada Kelinci Anggora Prancis. Kelinci satu ini dikenal dengan bentuk tubuh menyerupai Kelinci Giant akan tetapi ukurannya saja yang lebih kecil. Ukuran beratnya sendiri bisa mencapai 3-5 kg. Jadi memang masih tergolong cukup besar.

Kelinci Anggora Prancis sebenarnya lebih terkenal dengan bulu yang lebih banyak tumbuh pada bagian dada. Bulu pada Kelinci Anggora Prancis tidak menutupi bagian mata ataupun telinga, tidak seperti pada Kelinci Anggora Inggris. Selain itu Kelinci Anggora Prancis juga dilengkapi rumpai kecil dibagian belakang kakinya.

2. Kelinci Anggora Inggris

Selanjutnya ada jenis Kelinci Anggora Inggris yang sampai saat ini masih jadi jenis kelinci anggora paling populer. Selain bentuk tubuh sampai bulunya yang unik, Kelinci Anggora Inggris juga dicintai karena sifatnya. Bagaimana tidak, kelinci anggora jenis ini memang sangat jinak dan gampang diajak bermain.

Kalau dibandingkan dengan berbagai jenis kelinci anggora lain, maka Kelinci Anggora Inggris termasuk dalam kelinci yang bulunya sangat panjang serta tebal. Bahkan seringkali dapat terlihat bagian mata sampai telinganya yang tertutup bulu.

Ciri khas lainnya yang dapat kita temui pada Kelinci Anggora Inggris yaitu telinganya. Bisa kita lihat sendiri telinganya begitu tegak menyerupai anjing. Meskipun beratnya bisa mencapai 2-4 kg, tapi tetap saja Kelinci Anggora Inggris bisa jadi binatang peliharaan yang baik.

3. Kelinci Anggora Jerman

Kelinci Anggora Jerman umumnya bakalan banyak kita temui di wilayah Amerika Utara seperti Amerika Serikat dan Kanada. Disana umumnya Kelinci Anggora Jerman banyak digunakan sebagai hewan penghasil wol. Terutama karena bulunya yang sangat panjang, lebat dan tumbuh lebih cepat.

Tentu saja Kelinci Anggora Jerman bukan hanya dipakai sebagai hewan penghasil wol. Banyak juga yang memelihara Kelinci Anggora Jerman sebagai hewan peliharaan. Hal ini karena bulunya yang lebat tapi sangat halus. Selain itu kelinci ini juga memiliki sifat ceria dan sangat lincah walaupun beratnya bisa mencapai 2-5 kg.

4. Kelinci Anggora Giant

Terakhir ada Kelinci Anggora Giant. Sesuai namanya jenis kelinci anggora satu ini memang dilengkapi dengan bobot dan ukuran badan besar. Satu ekor Kelinci Anggora Giant saja bobotnya bisa mencapai 4-6 kg. Kalau kamu suka hewan peliharaan yang memiliki ukuran besar, maka kelinci ini bisa jadi pilihan tepat.

Untuk ciri utama Kelinci Anggora Giant selain tubuhnya yang besar ada pada bulunya. Umumnya Kelinci Anggora Giant dilengkapi dengan bulu panjang dan lebat yang berwarna putih. Sebenarnya kelinci ini bukanlah jenis murni melainkan hasil persilangan varietas antara Kelinci Anggora Jerman, Giant Flemish dan Kelinci Lop Prancis.

Penggabungan varietas sehingga menghasilkan Kelinci Anggora Giant ini sendiri berhasil diciptakan oleh Louise Walsh. Karena bulunya yang super panjang, umumnya Kelinci Anggora Giant lebih banyak hidup di kandang dan dimanfaatkan bulunya untuk membuat wol.

Harga Kelinci Anggora Di Pasaran

Harga kelinci anggora terbaru

Kalau kita berbicara mengenai harga, maka pastinya harga kelinci anggora dewasa dan harga anak kelinci anggora akan berbeda ya! Selain itu yang membedakan harga lagi yaitu keasliannya, apakah itu jenis yang murni ataukah campuran dengan yang lain. Lalu umur kelinci juga bisa berpengaruh pada harga.

Saat ini kalau kisaran harga kelinci anggora anakan mulai dari umur 2 bulan akan dihargai Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000-an. Harga ini tergantung lagi dengan keadaan si kelinci, apakah dalam keadaan baik atau tidak. Semakin bagus keadaannya, maka kisaran harganya dijamin bakalan lebih mahal lagi.

Lalu bagaimana dengan kelinci anggora dewasa? Harga yang dewasa disini kita bisa mengambil contoh dari sepasang Kelinci Anggora Inggris produktif. Disini harganya dijamin bisa lebih mahal, bahkan bisa berada dikisaran Rp. 500.000 sampai Rp. 3.400.000-an.

Jenis KelinciUmurHarga
Kelinci Anggora Biasa2 BulanRp. 50.000-an
Kelinci Anggora Biasa3 BulanRp. 100.000-an
Kelinci Anggora Biasa5 BulanRp. 150.000-an
Kelinci Anggora Inggris2 BulanRp. 200.000-an
Kelinci Anggora Inggris3 BulanRp. 350.000-an
Kelinci Anggora Inggris5 BulanRp. 500.000 sampai Rp. 3.400.000-an
Kelinci Anggora Hias2 BulanRp. 75.000-an
Kelinci Anggora Hias3 BulanRp. 100.000-an
Kelinci Anggora Hias5 BulanRp. 125.000-an

Untuk pembelian kelinci anggora ini saya sendiri menyarankan kamu langsung mencari di peternak. Hal ini sendiri dikarenakan para peternak pasti memiliki kelinci kualitas bagus yang sudah pasti sehat karena dirawat dengan baik. Selain itu kamu juga bisa memperoleh banyak ilmu tentang kelinci anggora dari para peternak.

Tapi sebenarnya ada kekurangan juga ketika membeli di peternak. Misalnya saja harga kelinci di peternakan lebih mahal. Ditambah lagi bakalan sulit cari perternak terbaik. Tapi karena kualitasnya sudah dijamin, maka dari itulah saya pribadi lebih menyarankan beli di peternak kelinci anggora sekalian.

Kalau kelinci anggora yang dibeli berkualitas, maka uang yang sudah dikeluarkan rasanya bakalan sebanding. Itulah pembahasan jenis dan harga kelinci anggora terbaru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *