Cara Membuat Kandang Kelinci

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kelinci merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan aktif. Supaya kelinci bisa tetap lucu dan aktif, maka kita wajib menjaga kesehatannya. Salah satu hal yang dapat menjaga kesehatan kelinci adalah kandangnya. Disini kita akan mencoba belajar mengenai cara membuat kandang kelinci simple yang sehat.

Kandang kelinci sendiri tentunya sama sekali tidak boleh dibuat secara sembarangan. Kita harus memikirkan semua kebutuhan kelinci supaya bisa nyaman dan selalu sehat. Kandang kelinci sendiri tidak perlu besar dan mahal. Kita bisa membuat yang sederhana akan tetapi tetap maksimal digunakan.

Baca juga: Harga kelinci anggora

Cara Membuat Kandang Kelinci Paling Simple

Kelinci sendiri merupakan hewan yang tidak asing di mata orang. Sebenarnya zaman dulu asalnya paling banyak dari Afrika yang kemudian mulai dilakukan budidaya di wilayah Indonesia. Kelinci jinak dengan ukuran kecil sendiri di Indonesia sangat tersebar luas. Banyak yang masih memakainya jadi hewan peliharaan tapi tidak jarang juga yang menjadikannya hewan pedaging.

Dalam perawatan kelinci seperti yang telah kita sebutkan tadi, perlu sekali kandang yang tepat. Bukan hanya pemilihan ukuran tapi juga bahannya. Pasti diluaran sana kita bisa menemukan cara membuat kandang kelinci dari kawat, cara membuat kandang kelinci dari bambu, cara membuat kandang kelinci dari kayu dan cara membuat kandang dari berbagai jenis bahan lainnya.

Karena disini kita akan membuat kandang sederhana, maka kita akan memakai bahan berupa kayu dan kawat sebagai bahan utamanya. Untuk membuat kandang ini sendiri akan membutuhkan biaya yang sangat sedikit. Selain itu cara membuatnya juga sangat mudah karena dilakukan dengan cara yang terstruktur dengan baik. Lalu apa saja bahan dan cara membuat kandang tersebut?

Baca juga: Cara ternak kelinci

1. Bahan dan Persiapan

Cara membuat kandang kelinci bertingkat

Untuk kandang kelinci yang akan kita buat ini sebenarnya bisa masuk untuk 6 ekor kelinci. Tapi bisa juga kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Karena kita akan membuat kandang sederhana dan ringkas, maka yang akan kita ikuti adalah cara membuat kandang kelinci bertingkat. Dimana akan ada dua tingkat dengan masing-masing tingkatnya terdapat 3 kotak.

Untuk pembuatan kandang ini sendiri memang cukup lama, tapi kelebihannya akan lebih mudah dibersihkan dibanding membuat kandang yang untuk banyak kelinci sekaligus. Untuk bahan yang perlu disiapkan sendiri berupa balok kayu, kawat galvanis, paku usuk serta paku bambu, dan asbes.

Jangan lupa juga menyiapkan tempat kotoran kelinci yang dilengkapi lapisan kantong plastik besar. Peralatan yang wajib kamu siapkan lainnya yaitu penggaris, obeng, palu serta gergaji.

2. Persiapan Kontruksi

Kandang kelinci dari kayu
Sumber: https://programhcs.com/

Untuk proses pembuatannya disini kita akan membuat balok kawat yang akan disokong oleh kayu kecil. Nantinya akan kita rekatkan dengan balok berukuran besar. Langkah pertama disini yaitu dengan membuat kerangka dari kayu yang menyesuaikan dengan bentuk. Semua kandang kecil ini harus sama satu sama lain. Jangan lupa juga membuat pintu pada bagian tengah ataupun sampingnya.

Pintu tersebut harus dijamin kuat sehingga tidak bisa terlepas. Nantinya kalau kita sudah membuat kerangka segi empat, maka tinggal pasang kawat pada bagian sampingnya. Supaya bisa lebih kuat, maka pasang juga kail kawat pada bagian sampingnya. Usahakan pintu yang sudah kita bahas tadi dibuat sebelum baloknya kita jadikan satu.

Kalau semua balok kecil tersebut sudah kita pasang kawatnya, maka kita bisa mulai masuk dalam tahap merekatkan balok kayu tersebut supaya bisa berbentuk lebih besar lagi. Usahakan serapat mungkin supaya bentuknya kelihatan lebih bagus. Jangan lupa juga memasang tempat kotoran buat kelinci. Buat saja dari bahan tatakan kayu maupun kantong pada bagian bawah dari rumah kelinci tersebut.

Usahakan jangan pakai kardus ya! Kardus sendiri kalau digunakan untuk tempat kotoran, maka nantinya bisa saja lembab sehingga kandang malahan terus terasa lembab. Awalnya nanti wajib menggunakan ukuran paling tepat supaya kotoran si kelinci tidak jatuh berserakan. Maka dari itu peran kantong plastik akan sangat penting buat kotoran kelinci.

3. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara memang sangat penting sekali buat kelinci. Terutama kalau kamu punya tempat yang luas, maka usahakan buat saja kandang yang lebih lebar. Hal ini sendiri untuk mendukung kelinci yang sangat aktif bergerak. Adapun kalau kamu punya ruang yang cukup sempit, maka bisa membuat paling tidak 3-4 kali dari lebar kelinci supaya kandangnya cukup nyaman.

Jangan lupa pada bagian alas kandang supaya benar-benar kuat. Hal ini supaya saat kelinci melakukan pergerakan, maka gak akan bergoyang. Tentu saja alas kandang yang kuat juga akan membuat kelinci tidak terjepit ataupun kandang yang bisa saja dimasuki sama hewan lain. Untuk alas kandang kelinci ini usahakan dipasang lagi sama alas lain yang bisa dicopot untuk dibersihkan.

Baca juga: Cara merawat kelinci

4. Penempatan Kandang

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan yaitu penempatan kandang yang tepat. Usahakan menaruh kandang pada tempat teduh akan tetapi masih terjangkau oleh sinar matahari yang cukup. Usahakan menaruh kandang kelinci pada tempat yang disinari matahari pada jam 6-8 pagi saja. Sinar matahari sendiri akan sangat bermanfaat bagi kelinci.

Usahakan sinar matahari bukan hanya menyinari kandang akan tetapi juga sampai ke dalam kandang mengenai si kelinci. Selain itu kamu juga wajib memperhatikan jarak kandang dengan tanah. Usahakan paling tidak berjarak 30 cm. Hal ini akan membuat kelinci tidak terlalu dekat dengan kotoran yang jatuh supaya lebih sehat dan bersih.

Jika kamu masih bingung dengan cara-cara diatas, maka silahkan ikuti video berikut ini.

Kandang kelinci memang tidak perlu memiliki ukuran atau bahan yang paling bagus atau mahal. Kita bisa memakai bahan murah tapi kualitasnya terjamin. Kita memang wajib menjaga kenyamanan kelinci peliharaan dengan menjaga sirkulasi udara sampai dengan menempatkan kandang di tempat yang tepat. Itulah pembahasan cara buat kandang kelinci paling sederhana. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *