Cara memandikan kelinci

Cara Memandikan Kelinci

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara memandikan kelinci – Bagi kamu yang memiliki kelinci sebagai hewan peliharaan, tentu kebersihan dan kesehatan kelinci tersebut wajib untuk diperhatikan. Ini adalah bentuk kasih saying yang wajar antara pemilik dan hewan peliharaannya.

Pada umumnya, cara menjaga kebersihan hewan kesayangan seperti anjing, burung dan kelinci adalah dengan memandikannya. Namun, untuk kelinci kamu tidak boleh sembarangan memandikannya. Kelinci pada dasarnya akan menghindari air, sehingga bagaimana cara memandikan kelinci adalah tahapan-tahapan yang harus kamu ketahui. Artikel ini akan membahas lengkap tentang itu.

Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar

Cara memandikan kelinci dengan benar

Sebagai asumsi dasar, memandikan memiliki tujuan untuk membersihkan badan atau bulu kelinci dari segala jenis kotoran sehingga terjaga kebersihan dan pada akhirnya kesehatannya juga. Sehingga memandikan tidak harus menggunakan air, berikut ulasan detailnya.

Baca juga: Cara membuat kandang kelinci

1. Perhatikan Kondisi Bulu Kelinci

Ini adalah tahapan persiapan awal sebelum memandikan kelinci kesayangan kita. Jika tidak terlalu kotor, maka kamu tidak perlu memandikan kelinci dengan air. Lingkungan bermain kelinci memang harus kamu perhatikan, jika kamu memiliki cukup luas taman yang bisa digunakan untuk area berlari dan bermain kelinci, maka akan sangat bagus. Kamu bisa menjaga kebersihan taman tersebut sehingga kebersihan badan kelinci juga bisa terjaga.

2. Perhatikan Panjang Bulu Kelinci

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah panjang bulu dari kelinci. Beberapa jenis kelinci seperti kelinci anggora memiliki panjang bulu yang cukup tebal. Sebenarnya bulu tebal juga memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh kelinci. Namun, jika terlalu tebal, maka bulu-bulu tersebut akan mudah sekali kotor sehingga kita akan lebih rutin untuk membersihkannya.

Potonglah secara rutin bulu kelinci yang sudah panjang, sisakan sekitar 3 cm agar kelinci tetap terjaga dari serangan udara dingin.

3. Menggunakan Sisir

Langkah berikutnya adalah gunakan sisir untuk membersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran kasar yang terlihat di bulu-bulu kelinci. Langkah ini perlu dilakukan agar nantinya hanya menyisakan kotoran yang sedikit dan memang susah dibersihkan pada saat memandikan kelinci. Sebenarnya semakin pendek waktu memandikan kelinci, maka semakin baik. Karena kelinci yang lama terkena air bisa kedinginan dan mengalami masalah.

4. Basahi Sisir

Jika kotoran yang menempel pada bulu kelinci agak sulit dibersihkan hanya dengan sisir biasa, maka basahi sisir tersebut. Sisir yang basah akan lebih mudah dalam mengangkat kotoran yang menempel. Penggunaan sisir basah juga bisa menjadi alternative cara memandikan kelinci yang efisien, sehingga tidak perlu banyak air untuk memandikannya.

5. Bersihkan Hanya Area Yang Kotor

Karena kelinci tidak begitu suka dengan air, maka usaplah dengan air area yang kotor saja. Jadi jangan membasahi seluruh badan kelinci, apalagi sampai menaruh kelinci dalam bak yang berisi air.

6. Gunakan Tisu atau Kain Untuk Mengeringkan

Setelah dirasa cukup dengan menggunakan sisir basah saja untuk memandikan kelinci, maka untuk mengeringkan badannya cukup dengan tisu atau kain bersih. Tidak perlu menggunakan handuk dikarenakan area yang terkena air tidaklah banyak.

7. Menggunakan Tisu Basah

Ternyata tisu basah juga bisa dimanfaatkan untuk memandikan kelinci kesayangan. Kandungan anti bakteri dari tisu basah juga sangat baik untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di badan atau bulu kelinci.

Bagaimana cara memandikan kelinci dengan tisu basah? Gunakan beberapa helai tisu basah untuk membasuh secara langsung bagian-bagian kelinci yang memang dirasa kotor. Setelah itu biarkan saja mengering secara alami terkena angin.

8. Mulailah Dari Bagian Bawah Badan

Bagian yang paling sering kotor adalah area badan bagian bawah si kelinci. Hal ini dikarenakan area tersebutlah yang paling dominan bersentuhan dengan tanah, sehingga pastinya akan lebih kotor dari area selainnya.

9. Lakukan Dengan Perlahan

Karena kelinci tidak terbiasa dengan air, maka dalam proses memandikannya kamu harus melakukannya secara perlahan. Sehingga kelinci tidak berontak dan makin menyulitkan kamu untuk memandikannya.

10. Perhatikan Area Kaki

Selain area bawah badannya yang dianggap paling kotor, area telapak kaki juga dianggap paling kotor. Sebagaimana bagian bawah badannya, area kaki juga bersinggungan langsung dengan tanah. Sehingga saat memandikan kelinci, perhatikan area ini.

11. Bersihkan Area Hidung

Setelah membersihkan area bawah badan dan kaki, maka tahapan memandikan berikutnya bisa kamu lakukan di area hidung. Seringkali area ini tampak kotor yang disebabkan tumpukan sisa-sisa makanan. Pada saat kelinci hendak makan, ia biasanya mengendus makanannya sebelum dimakan. Kebiasaan ini menjadikan seringkali sebagian makanan menempel di area sekitar hidung.

12. Bersihkan Bagian Telinga

Bagian tubuh lainnya dari kelinci yang perlu dibersihkan saat memandikannya adalah telinga. Kita tahu bahwa telinga adalah bagian tubuh kelinci yang sangat menarik dan lucu. Sehingga kebersihannya sangat perlu diperhatikan.

13. Jangan Merendam Kelinci

Ingat, jangan sekali-kali memandikan kelinci dalam bak yang berisi air. Hal ini akan menjadikan tubuh kelinci bisa mengalami keadaan kedinginan dan ini berbahaya bagi kelinci.

14. Jangan Gunakan Selang Air

Menggunakan selang air untuk memandikan dampak negatifnya tidak jauh berbeda dengan merendam kelinci. Karena debit air yang keluar untuk memandikan kelinci pastinya banyak.

15. Keringkan Dengan Handuk Lembut

Setelah kelinci dimandikan, maka gunakan handuk dengan tekstur kain yang lembut untuk mengeringkan badan kelinci. Hal ini akan menjadikan kelinci tetap merasa nyaman pasca dimandikan.

16. Belitkan Handuk Ke Tubuh Kelinci

Lakukan kegiatan ini beberapa menit, karena akan mempercepat mengembalikan suhu badan kelinci menjadi hangat kembali setelah mandi. Melilitkan handuk juga menjadikan air yang masih menempel di bulu kelinci akan terserap semua ke handuk.

17. Gunakan Hair Dryer

Penggunaan handuk untuk mengeringkan badan kelinci terkadang tidak benar-benar bisa mengeringkan. Sehingga kamu bisa menggunakan alat lainnya seperti hair dryer untuk mengeringkan bulu dan badan kelinci, sekaligus membuat kelinci mendapatkan kenyamanan karena hembusan udara hangat.

18. Biarkan Bermain Di Bawah Sinar Matahari

Ini adalah cara alami dalam mengeringkan badan kelinci selepas mandi. Dan cara ini sangat direkomendasikan karena kelinci bisa sambil bermain saat berada di bawah panas matahari. Tetapi ingat jangan lakukan pada pukul 09:00 keatas ya, karena justru sinar mataharinya tidak baik. Lakukan dibawah jam 09:00 pagi karena sinar mataharinya tidak terlalu terik dan tidak mengandung sinar UV yang berbahaya.

19. Merapikan Bulu Kelinci

Jangan lupa untuk kembali merapikan bulu-bulu kelinci. Karena selepas mandi, bulu-bulu kelinci akan jadi tak beraturan.

20. Perlakukan Khusus Untuk Anak Kelinci

Untuk cara memandikan kelinci kecil, kamu perlu ekstra hati-hati. Kelinci dewasa saja jika terkena air yang banyak dan dalam waktu yang lama bisa mengalami hipotermia apalagi kelinci yang masih kecil.

Jika badan kelinci tidak begitu kotor yang berdampak pada kesehatannya, saran kami tidak perlu dimandikan menggunakan air. Cukup dengan di bersihkan menggunakan sisir.

Baca juga: Harga kelinci anggora

21. Perlakukan Khusus Untuk Kelinci Anggora

Cara memandikan kelinci anggora agak berbeda dengan kelinci jenis lainnya. Bulu-bulu kelinci anggora menjadi bagian tubuh yang sangat butuh perhatian lebih. Kelinci anggora memang dikenal memiliki bulu yang lebat dan indah, sehingga penggunaan shampoo saat proses memandikan adalah cara memandikan kelinci jenis ini sangat tepat.

Kamu juga dapat mengikuti cara pada video berikut.

Itu dia artikel mengenai kelinci pada hari ini, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *