Ciri-ciri kelinci hamil

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ciri-ciri kelinci hamil – Mengetahui hewan peliharaan kita sedang hamil adalah berita yang menggembirakan. Dan bagi kamu yang saat ini memelihara kelinci, kamu akan sering medapatkan kabar membahagiakan tersebut. Karena kelinci termasuk salah satu hewan yang berkembang biak dengan sangat cepat. Jika kamu menggeluti bisnis ternak kelinci, maka akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Namun kebanyakan pecinta kelinci tidak begitu memahami bagaimana ciri-ciri kelinci hamil. Pengetahuan tentang ini jangan dianggap remeh. Jika kita tidak mengetahui kalau kelinci kita sedang hamil, maka kita tidak akan memberikan asupan gizi yang cukup saat kelinci hamil. Hal ini akan berdampak buruk pada perkembangan anak-anak kelinci nanti saat dilahirkan.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil Dan Mau Melahirkan

Ciri-ciri kelinci hamil dan mau melahirkan
Sumber: https://www.animalwised.com/

Pada kesempatan ini, Sudut Hewan akan mengulas tentang ciri-ciri kelinci hamil dan mau melahirkan. Berikut daftar ciri-cirinya:

Baca juga: Cara memandikan kelinci

1. Menjadi Lebih Sensitive

Walaupun kamu adalah orang yang sudah dikenal oleh kelinci, namun kelinci bisa sangat sulit untuk dikendalikan. Biasanya mudah untuk menangkap dan mengelusnya, kelinci bisa langsung menjauh atau berlari menghindar. Jika kamu menemukan perilaku tersebut pada kelinci, maka bisa jadi kelinci kamu dalam kondisi hamil.

2. Menjadi Lebih Agresif

Tidak hanya lari menghindari kamu, ciri-ciri kelinci hamil muda juga bisa bertindak agresif. Kelinci yang biasanya tidak pernah mencakar kamu, dalam kondisi hamil kelinci bisa melakukan hal tersebut.

Perilaku agresif ini tidak hanya berlaku untuk kamu, terhadap kelinci jantan yang merupakan pasangannya pun bisa terkena cakaran kelinci betina. Sehingga jika kamu mengetahui gejala seperti ini, maka pisahkan kandang kelinci betina dengan kelinci jantan.

3. Menjadi Lebih Lapar

Hal ini sangat wajar, karena jika kelinci kita sedang hamil, maka asupan makananpun harusnya meningkat. Kelinci yang sedang hamil perlu kita perhatikan asupan makanannya. Bisa ditambah porsinya dan juga kualitas gizinya untuk memastikan perkembangan janin anak kelinci bisa tumbuh dengan baik.

Dan perlu kamu ketahui, jika induk kelinci yang sedang hamil dalam kondisi lapar sekali bisa melakukan tindakan kanibal. Yakni memakan kelinci lain atau anak kelinci yang ada disekitarnya. Sehingga kamu perlu mewaspadahi gejala-gejala seperti ini.

4. Minum Dalam Jumlah Yang Banyak

Selain nafsu makan yang meningkat, kelinci betina yang sedang hamil juga mengalami perubahan pada porsi minumnya. Botol minum penuh yang biasanya habis dalam 12 jam, bisa habis kurang dari 12 jam. Jika kamu mengetahui ciri-ciri tersebut, mungkin kelinci kamu sedang hamil.

5. Perut Terlihat Membesar

Masa mengandung kelinci rata-rata adalah 1 bulan. Sehingga perubahan bentuk fisik pada bagian perut kelinci bisa mulai terlihat pada minggu ke-2. Kamu bisa langsung melihat dengan jelas perubahan ini, sehingga bisa mengetahui bahwa si kelinci sedang dalam masa kehamilan.

6. Terasa Ada Benjolan Di Bagian Perut

Bagi kamu yang sudah mahir untuk mengetahui ciri-ciri kelinci hamil, maka teknik perabaan atau palpasi bisa dilakukan. Tidak seperti melihat secara langsung terjadi pembesaran pada area perut sebagaimana ciri nomor 5 di atas, teknik palpasi bisa mengetahui kelinci hamil tanpa menunggu perut kelinci membesar. Kamu cukup meraba area perut yang tepat, maka kamu akan merasakan benjolan di area tersebut.

7. Tidak Mau Dikawinkan

Jika kamu mengalami kejadian ketika kelinci betina hendak kita kawinkan dengan kelinci jantan dengan cara memasukkan pada kandang yang sama. Namun, kelinci betina malah berlari menjauhi bahkan bisa terjadi perkelahian dengan si jantan. Itu adalah pertanda kalau kelinci betina sedang hamil.

8. Mulut Berwarna Merah

Ternyata ada fakta unik jika kelinci sedang hamil. Yaitu mulutnya bewarna lebih merah dari biasanya.

9. Hidung Bewarna Merah

Dan tidak hanya mulut yang bewarna merah, area hidung juga berubah menjadi agak merah. Ini adalah ciri yang khusus berdasarkan hasil riset terhadap berbagai kelinci yang sedang hamil.

Baca juga: Harga kelinci anggora

10. Mencakar-cakar Kandang Bagian Bawah

Ini adalah salah satu ciri-ciri kelinci hamil dan akan melahirkan. Kelinci secara naluri akan berusaha membuat tempat untuk melahirkan anak-anaknya. Jika kamu menaruh kelinci dalam kandang, maka perilaku kelinci yang akan melahirkan adalah berusaha mengeruk-ngeruk bagian bawah kandang.

11. Kelinci Terlihat Gusar

Ciri yang satu ini biasanya terjadi saat usia kehamilan kelinci sudah tua atau menjelang kelahirannya. Yakni antara hari ke 23 hingga ke 29 kehamilan.

12. Mulut Semakin Merah

Gradasi warna merah pada mulut di tahap ini berbeda dengan tahap sebelumnya. Di usia kehamilan yang semakin tua, mulut kelinci akan semakin berwarna merah bahkan terlihat mengarah ke merah hati. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, maka kamu harus bersiap-siap karena kelinci tidak lama lagi akan melahirkan.

13. Bulu-bulu Rontok

Jika kamu melihat bulu-bulu kelinci kesayangan mulai rontok, kamu tidak perlu terlalu panik dengan menganggap kelinci terkena penyakit. Karena bisa jadi itu adalah ciri-ciri kelinci hamil. Kelinci yang sudah hamil tua biasanya akan mengalami kerontokan pada bulu-bulunya. Hal ini disebabkan terjadi perubahan hormone dalam tubuh kelinci sebagai persiapan mendekati masa melahirkan.

14. Puting Tampak Menonjol

Kelinci adalah hewan mamalia, sehingga nantinya ia pasti akan menyusui anak-anaknya. Hal ini bisa dijadikan salah satu ciri-ciri kelinci hamil. Yakni tampak puting yang ada pada bagian perut kelinci sisi atas lebih menonjol dari sebelumnya.

15. Puting Bewarna Kemerahan

Selain secara fisik tampak lebih menonjol dari sebelum hamil, puting kelinci juga menjadi berwarna agak merah muda. Warna tersebut semakin cerah seiring semakin tua usia kehamilan kelinci kesayangan kita. Namun untuk pengecekan memang agak sedikit repot, kamu harus membalik tubuh kelinci agak miring supaya bisa melihat bagian ini.

Dan karena kelinci yang hamil seringkali sensitive, maka ini yang menjadikan kesulitan tersendiri.

16. Keluar Cairan Pada Alat Vitalnya

Sebagaimana hewan mamalia lainnya, kelinci yang hendak melahirkan juga akan mengeluarkan air semacam air ketuban sebelum melahirkan anak kelinci. Sehingga ketika kamu menjumpai realitas ini, maka siap-siap saja kelinci milikmu bakal melahirkan beberapa saat lagi.

17. Keluar Cairan Mirip Susu Pada Putingnya

Sebagai persiapan akan melahirkan dan menyusui anak-anaknya nanti, pada kelinci yang hamil tua akan terjadi perubahan hormon sebagai langkah persiapan tersebut. Sehingga kelenjar susunya akan mulai memproduksi air susu. Maka jika kamu lihat di bagian putingnya mengeluarkan cairan itu adalah salah satu ciri yang kuat bahwa kelinci kamu sudah dalam masa siap melahirkan.

Perlu kamu ketahui bahwa siklus kelinci melahirkan bisa mencapai 5 kali dalam satu tahun. Dan dalam sekali melahirkan bisa 3 sampai 15 ekor anak kelinci. Masa suburnya pun terbilang sangat cepat, dalam usia 5 bulanan kelinci sudah bisa kawin dan melakukan pembuahan.

Baca juga: Cara membuat kandang kelinci

Jadi jika kamu benar-benar ingin beternak kelinci, maka kamu harus bersiap memiliki lahan yang cukup atau kandang yang nyaman bagi anak-anak kelinci.

Itu dia artikel hari ini seputar dunia kelinci, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *