Jenis kelinci lucu

Jenis-Jenis kelinci

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis kelinciKelinci adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tidak terlalu rumit dalam memeliharanya adalah salah satu alasannya, disamping penampilan kelinci yang cukup menggemaskan. Serial seperti bugs bunny juga turut andil dalam menggambarkan betapa nakal namun lucu dari seekor kelinci.

Jenis-Jenis Kelinci Di Dunia

Di dunia saat ini ada berbagai jenis kelinci yang tersebar di berbagai negara. Secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yakni jenis kelinci pedaging dan jenis kelinci hias. Berikut kami ulas untuk kamu berbagai jenis kelinci tersebut beserta harganya saat ini. Semoga informasi ini akan berguna bagi kamu yang ingin memelihara kelinci.

1. Flemish Giant

Jenis kelinci pedaging
Sumber: https://small-pets.lovetoknow.com/

Dijuluki giant karena memang dalam beberapa kasus, bobotnya ada yang mencapai 22 kg. Namun secara rata-rata kelinci Flemish Giant dewasa memiliki bobot 15 kg. Flemish Giant adalah jenis kelinci pedaging yang terkenal memiliki rasa daging yang paling enak atau paling tidak memiliki cita rasa tersendiri.

Namun saat ini pengembangbiakan Flemish Giant tidak lagi mencerminkan ras asalnya yang memiliki bobot yang fantastis. Tapi tetap saja secara rata-rata, 15 kg adalah bobot yang sangat besar.

Bahkan masalah umum yang ada pada kelinci jenis pedaging ini adalah cedera pada kakinya karena tidak kuat menopang berat badannya sendiri. Harganya kisaran 10 juta.

2. Belgian

Jenis kelinci lokal

Tipe ini termasuk dalam jenis kelinci lokal dan biasa dijadikan hewan peliharaan. Namun memang penampilannya seperti kelinci liar. Kelinci Belgian memiliki tubuh yang cenderung ramping dengan telinga yang cukup panjang. Beberapa orang menganggap jenis Belgian memiliki kecerdasan yang paling unggul diantara banyak kelinci lokal.

3. Hias Lokal

Jenis kelinci hias
Sumber: https://review.bukalapak.com/

Di Indonesia juga memiliki jenis kelinci hias lokal yang banyak ditemui di berbagai toko hewan. Kisaran haranya 50 ribu hingga 1 juta.

4. Jenis Kelinci Anggora

Jenis kelinci anggora
Sumber: http://fredikurniawan.com/

Bulu-bulu yang tebal dan indah adalah ciri khas dari jenis kelinci anggora. Sehingga wajar menjadikan kelinci jenis ini sebagai primadona dari sekian banyak jenis kelinci hias. Ada beberapa jenis kelinci angora, diantaranya Angora peranakan Flemish Giant, Angora peranakan Satin, Angora Jerman, Angora Inggris dan Angora Perancis. Harganya sekitar 600 ribu hingga 2 juta.

5. Angora Giant

Kelinci jenis ini merupakan persilangan antara kelinci English Angora dengan Flemish Giant. Sehingga wajar memiliki ukuran yang cukup besar. Rata-rata beratnya sebenarnya 10 kg lebih rendah dari Flemish Giant, namun karena bulunya yang lebat membuatnya tampak sangat besar. Angora Giant termasuk dalam jenis kelinci anggora.

6. English Angora

Memiliki berat yang paling kecil diantara berbagai jenis kelinci angora. Yakni kisaran 2,3 kg saja. Coba bandingkan dengan jenis Flemish Giant yang bisa mencapai minimal 5 kg.

7. Rex

Jenis kelinci rex
Sumber: https://kampungkelinci.com/

Jenis kelinci ini mungkin di dunia peternakan kelinci tergolong masih baru. Kelinci rex membutuhkan lingkungan dengan hawa yang sejuk, yakni kisaran 5-15 derajat celcius untuk mengembangbiakkan secara optimal. Rata-rata jenis kelinci rex memiliki berat badan 3,6 kg dan bulu-bulunya dikenal halus serta tidak mudah rontok. Harganya kisaran 50 ribu hingga 4 juta.

8. Alaskan

Kelinci Alaskan adalah campuran dari beberapa jenis kelinci, yakni Champagne d’Arget, Dutch, Havana dan Himalaya. Dan dari Kelinci Alaskan ini akan muncul jenis kelinci baru yakni kelinci rex.

9. American Chinchillas

Ada tiga jenis American Chinchillas, yakni America, Standard an Giant. Sebagai perbandingan pada versi standar hanya memiliki bobot 2,2 kg sampai 3,6 kg. Sedangkan jenis giant memiliki berat badan mencapai 4,5 kg hingga 7 kg. Harganya kisaran 50 ribu hingga 700 ribu per ekor.

10. Champagne d’Argent

Kelinci jenis ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga. Hal ini dikarenakan sifat yang ramah dan penuh dengan rasa penasaran pada Champagne d’Argent.

11. New Zealand White

Kelinci jenis ini dalam sekali melahirkan mampu melahirkan 12 ekor anak kelinci. Harganya kisaran 50 ribu hingga 500 ribu per ekor.

12. Netherland Dwarf

Sebagaimana namanya, jenis kelinci ini memiliki ukuran badan yang kerdil. Harganya kisaran dibawah 1 juta.

13. Satin

Berasal dari Amerika Serikat dan bisa cocok sebagai kelinci hias maupun pedaging. Harganya kisaran 50 ribu hingga 1 juta per ekor.

14. English Spot

Dijuluki spot karena dari warna dasarnya yang putih ada beberapa spot warna hitam, abu-abu atau coklat. Harganya kisaran 50 ribu hingga 3 juta.

15. Himalayan

Sama halnya dengan English Spot, kelinci Himalayan juga didominasi warna putih dengan warna lain di bagian hidung, telinga dan kaki. Uniknya kelinci ini memiliki warna mata pink. Harganya paling mahal bisa mencapai 4 juta.

16. Havana

Termasuk jenis kelinci yang dibudidayakan di Belanda sejak tahun 1898. Harganya kisaran 50 ribu hingga 1 juta per ekor.

17. Jersey Wooly

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984, Jersey Wooly saat ini menjelma menjadi kelinci hias yang cukup populer di Amerika Serikat.

18. Dutch

Termasuk kategori kelinci-kelinci yang mungil. Berat kelinci Dutch hanya 1,5 hingga 2 kg saja. Harganya kisaran 100 ribu hingga 2 juta.

19. Netherland

Kelinci jenis ini berasal dari Belanda sebagaimana Netherland Dwarf. Berat tubuhnya tidak lebih dari 1 kg, lebih kecil dari Dutch.

20. Mini Netherland Himalayan

Sebagaimana jenis Netherland, berat badan jenis ini juga tidak lebih dari 1 kg.

21. Dwarf Hotot

Termauk jenis kelinci hias yang mini, namun Dwarf Hotot memiliki kekhasan yakni ada lingkaran hitam di area matanya yang tidak terdapat pada jenis lainnya.

22. Rex Carpet

Harganya kisaran 800 ribu per ekor.

23. Rex Satin

Harganya kisaran 1 juta per ekor.

24. Tan

Harganya kisaran 200 ribu hingga 1 juta per ekor.

25. French Lop

Harganya kisaran 250 ribu hingga 2,5 juta.

26. American Fuzzy Lop

Harganya kisaran 100 ribu per ekor.

27. English Lop

Harganya kisaran 50 ribu hingga 4 juta.

28. Lion Head

Harganya kisaran 50 ribu hingga 700 ribu per ekor.

29. Holland Lop

Harganya kisaran 3-4 juta per ekor.

30. Holland Blue Tort

Harganya kisaran 650 ribu per ekor untuk usia 2 bulanan.

31. Polish

Harganya kisaran 50 ribu hingga 700 ribu per ekor.

32. Fuzylop

Harganya kisaran 150 ribu per ekor.

33. Checkered Giant Rabbit

Untuk anakan kisaran 700 ribu per ekor.

34. Califfornian Rabbit

Harganya kisaran 200 ribu hingga 2 juta per ekor.

35. New Zealand Red Rabbit

Harga indukan kisaran 300 ribu per ekor.

36. Cashmere Lop

Harga kisaran 100-150 ribu per ekor.

37. Swedish

Harga kisaran 400 ribu per ekor.

38. German Lop

Harga kisaran 120-150 ribu per ekor.

39. American Chinchillas Standart

Harga kisaran 200-350 ribu per ekor.

40. American Chinchillas Giant

Harga kisaran 200-350 ribu per ekor.

Itu dia artikel seputar jenis-jenis kelinci dan harganya, semoga bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli kelinci. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *