Harga burung tledekan

Harga Burung Tledekan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung tledekan – Burung tledekan ialah burung penyanyi yang memiliki suara istimewa dan mempunyai banyak penggemar di kalangan para pecinta burung. Burung ini termasuk ke dalam kategori keluarga burung sikatan atau flycatcher. Suaranya yang merdu dan gacor pernah menempati tempat tertinggi dalam ajang kontes kejuaraan burung kicau, meskipun saat ini sudah mulai menurun popularitasnya. Walau begitu, suara burung tledekan sangatlah merdu dan jenis-jenis burung tledekan pun mempunyai warna-warna yang indah.

Karakteristik Burung Tledekan

Selain dikenal dengan sebutan burung tledekan, burung ini juga dikenal dengan sebutan burung sulingan. Keindahan warnanya menjadi daya tarik yang sangat unggul yang dimiliki burung tledekan. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh burung ini ialah kemampuannya untuk menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan burung lain kemudian ia dengar. Apalagi jika burung tledekan ini dirawat dan dilatih sejak masih menjadi burung tledekan anakan, hasil yang akan didapatkan ketika burung tledekan ini dewasa tentunya akan sangat memuaskan.

Burung tledekan atau burung sulingan mempunyai panjang tubuh yang berkisar antara 8 cm hingga 10 cm. Saat berada di alam liar atau alam bebas, burung tledekan akan mudah dijumpai di area tropis, seperti hutan lebat serta pohon-pohon bambu yang dekat dengan sungai atau sekitar area hutan mangrove.

Populasi burung tledekan meliputi beberapa negara, yaitu Bhutan, China, India, Kamboja, Nepal, Thailand, dan Indonesia. Untuk wilayah Indonesia sendiri, burung tledekan atau burung sulingan tersebar di wilayah pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Tidak jauh berbeda dengan jenis burung lainnya, burung tledekan memangsa hewan-hewan serangga kecil seperti capung, ulat, dan sesekali memakan buah-buahan. Kesukaan burung tledekan yang senang hidup di alam bebas dengan kondisi angin yang kencang membuat burung tledekan menjadi lincah dengan suara kicau yang merdu.

Harga burung tledekan biasa disesuaikan dengan jenis burung tledekan apa yang akan diperjualbelikan. Namun, harga burung tledekan yang biasa dipasang di pasaran biasanya berkisar mulai dari yang paling rendah yaitu Rp. 50.000 hingga yang paling mahal yaitu Rp. 500.000. Harga burung tledekan ini tentu bisa dikatakan murah jika dilihat dari kualitas bulunya yang sangat bagus.

Baca juga: Harga burung betet

Jenis-Jenis Burung Tledekan Dan Harganya

Harga burung tledekan laut, biru, bambu, gunung
Sumber: https://www.burungcantik.com/

Berikut ini ialah jenis-jenis burung tledekan yang populer:

1. Burung Tledekan Laut

Sulingan laut, sebutan lain dari burung tledekan laut. Seperti nama jenisnya yang menyertakan kata laut, jenis burung tledekan satu ini memang hidup dan berpopulasi di sekitar lautan atau hutan bakau. Kebanyakan populasi dari tledekan laut dapat dijumpai di wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Karimun Jawa. Burung tledekan laut memang sepertinya tidak memiliki keistimewaan pada suaranya, namun suaranya cukup keras dan merdu.

Tledekan laut jantan memiliki ciri seperti bagian atas tubuhnya diselimuti oleh bulu berwarna biru mengkilap dan juga terdapat warna hitam pada bagian wajah, leher, dan dada burung. Sedangkan bagian atas jenis betinanya memiliki ciri tubunya berwarna cokelat ditambah sedikit warna abu-abu.

Harga burung tledekan laut yang beredar di pasaran berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 150.000,-. Harga tledekan laut tersebut berdasarkan pada ukuran yang dimiliki oleh burung tersebut dan kicauannya yang sudah gacor atau biasa-biasa aja. Harga untuk burung anakan tledekan laut mungkin murah, hal itu berdampak dari cara perawatan burung tledekan yang berbeda dengan burung lain.

2. Burung Tledekan Biru

Cyornis Unicolor atau yang biasa dikenal dengan nama burung tledekan biru merupakan salah satu dari beberapa jenis burung tledekan yang ada di Indonesia. Tledekan biru dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Ninon dan Sikatan Biru Muda. Namun, jenis burung tledekan biru yang lebih terkenal ialah biru muda. Populasi burung tledekan biru lebih banyak menyebar di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Seperti namanya yaitu tledekan biru, burung tledekan ini mempunyai warna bulu dominan yaitu biru. Burung tledekan biru jantan mempunyai warna biru terang pada bagian tubuh atasnya. Sedangkan burung tledekan biru betina mempunyai warna bulu yang cenderung berwarna cokelat ke abu-abuan pada bagian tubuh atasnya. Harga burung tledekan biru yang beredar di pasar antara Rp. 30.000,- hingga Rp. 300.000,-. Harga yang dibandrol di pasaran dapat berubah kapan saja sesuai dengan situasi dan kondisi lainnya.

3. Burung Tledekan Bambu

Jenis burung tledekan yang satu ini juga merupakan salah satu nama terkenal dari jenis burung tledekan gunung. Dinamakan tledekan bambu karena jenis burung tledekan ini sangat menyukai berada di alam bebas dan bertengger pada bambu-bambu. Selain itu jenis burung tledekan yang satu ini juga menyukai berkeliaran bebas pada area hutan lebat seperti gunung.

Untuk membedakan antara burung tledekan bambu atau tledekan ganung, ada beberapa ciri-ciri yang dapat diperimbangkan, yaitu:

  1. Tledekan bambu atau tledekan gunung jantan anakan memiliki warna bulu hitam kebiru-biruan pada bagian sayap, tepi, dan ujung ekor. Sedangkan burung tledekan bambu atau tledekan gunung betina anakan memiliki warna biru muda pada bagian tubuh atasnya dan berubah menjadi biru tua ketika sudah beranjak dewasa.
  2. Warna burung tledekan bambu atau tledekan gunung jantan anakan lebih memiliki warna biru muda dan akan menjadi biru tua ketika dewasa. Sedangkan untuk tledekan bambu atau tledekan gunung memiliki bulu berwarna cokelat kusam.

Harga burung tledekan bambu atau harga burung tledekan gunung saat ini berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 200.000,-. Harganya yang murah tentu menarik perhatian para pecinta burung.

Harga Burung Tledekan Terbaru Hari Ini

Untuk lebih jelasnya, beberapa harga burung tledekan anatara lain:

Jenis Burung TledekanHarga Burung Tledekan
Tledekan Gunung AnakanRp. 50.000
Tledekan Gunung DewasaRp. 200.000
Tledekan LautRp. 50.000 - Rp. 150.000
Tledekan KembangRp. 250.000
Tledekan Bambu AnakanRp. 50.000
Tledekan Bambu GacorRp. 300.000
Tledekan Biru Dewa SahutanRp. 35.000
Tledekan Biru TrotolanRp. 100.000
Tledekan Biru NgriwikRp. 200.000
Tledekan Biru GacorRp. 300.000
Tledekan Biru MungilRp. 300.000

Harga burung tledekan di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun saat ini ketenaran burung tledekan sudah tidak seheboh dulu lagi, namun apakah Anda masih berminat untuk memelihara burung tradekan ini?

Cara Merawat Burung Tledekan

Cara merawat burung tledekan ialah dengan menjalankan perawatan yang rutin, yaitu:

  1. Membersihkan kandang setiap hari, ukuran kandang yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Harus mempunyai ukuran yang luas dan ventilasi udara yang baik.
  2. Memandikan burung tledekan setiap pagi.
  3. Menjemur burung tledekan setelah mandi.
  4. Mengeringkan kadang tledekan dengan cara ditiup angin.
  5. Memberikan pakan burung berupa voer dan air minum. Serta berikan EF arau Extra Fooding seperti jangkrik, kelabang, belalang, cacing atau ulat.

Baca juga: Harga burung kepodang

Burung tledekan yang mempunyai kemampuan untuk menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan oleh masteran, tentunya menjadi sangat menarik untuk menghiasi halaman depan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *