Harga burung kepodang

Harga Burung Kepodang

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung kepodang – Mungkin banyak sekali jenis burung kicau yang ada di Indonesia bahkan di dunia tapi tidak memiliki keindahan pada bulunya. Adalah salah satu jenis burung yang sangat populer karena memiliki suara yang indah dan bulu yang cantik yaitu, burung kepodang.

Burung kepodang merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki bulu yang sangat indah dan menawan. Dia memiliki kemampuan khusus dalam membuat sarangnya sendiri dan itu sangat bagus dibandingkan burung lainnya. Burung ini biasanya di cari-cari oleh orang untuk dijadikan hiasan di rumah karena bulunya yang sangat cantik.

Banyak sekali jenis burung kepodang seperti burung kepodang emas, burung kepodang sungu, burung kepodang dada merah, burung kepodang sumatera. Harga burung kepodang ini sangat beragam mulai dari yang murah sampai yang mahal karena memiliki ciri khasnya masing-masing seperti berikut.

Jenis-Jenis Burung Kepodang Dan Harganya

Jenis jenis burung kepodang dan harganya

Karena burung kepodang ada banyak macamnya, maka sebelum Anda ingin membelinya Anda harus mengetahui jenis dari burung kepodang yang ingin dibeli, berikut penjelasannya.

Baca juga: Harga burung ciblek

1. Burung Kepodang biasa

Burung kepodang yang memiliki nama latin Oriolus Chinensis ini berasal dari Negeri Tirai Bambu atau China. Burung ini berukuran cukup besar karena memiliki kurang lebih 25 cm dan memiliki warna bulu kuning berkilau seperti emas di bagian kepala, ekor dan sayap. Burung kepodang ini memiliki suara yang merdu dan mempunyai kemampuan yang unik. Dia bisa menirukan beberapa suara burung lainnya.

Burung kepodang ini cukup sulit dibedakan jenis kelaminnya karena hanya sedikit perbedaan yang terdapat pada burung ini contohnya seperti berikut.

  • Postur tubuh dari burung kepodang jantan cenderung lebih besar dibandingkan burung kepodang betina.
  • Di bagian tengkuk burung kepodang terdapat garis hitam. Yang membedakannya hanya lebar dari garis tersebut. Biasanya burung kepodang betina memiliki warna hitam yang lebih lebar dibandingkan burung kepodang jantan.
  • Kepala dari burung kepodang betina akan terlihat lebih bulat, jika burung kepodang jantan akan lebih kecil dan lancip.
  • Paruh si jantan akan lebih besar dan berwarna merah lebih menyala dibandingkan lawan jenisnya.
  • Warna kuning emas pada pangkal ekor burung kepodang ini yang sangat gampang dilihat dan dibedakan. Burung kepodang memiliki warna kuning emas yang menyala, jika betina dia cenderung lebih kusam.
  • Warna kuning di bagian ekor burung kepodang jantan akan terlihat menyebar dan sangat banyak. Sedangkan burung kepodang betina terlihat lebih sedikit dan tidak melebar.

Harga burung kepodang jantan dibandrol dengan harga Rp. 1.100.000 untuk harga burung kepodang betina dibandrol dengan harga Rp. 1.000.000. Harga burung kepodang memang terhitung lumayan mahal tapi sangat direkomendasikan karena kecantikan bulu dan suaranya.

2. Burung Kepodang Emas

Burung kepodang emas adalah salah satu burung kicau yang memiliki kasta tinggi, harga burung ini pun lumayan cukup tinggi. Bagaimana tidak, burung ini pun bahkan menjadi maskot oleh pemerintah di daerah Jawa Tengah. Burung ini dijadikan maskot Jawa Tengah karena melambangkan kejayaan dan kemakmuran dilihat dari warna bulunya yang berwarna emas menyala.

Burung ini senang berganti warna, contohnya yang masih anakan dia akan berwarna lebih gelap, setelah dewasa bulunya akan rontok dan berganti menjadi warna kuning emas yang sangat terang. Burung ini sangat langka, untuk saat ini tidak salah juga harga kepodang ini cukup mahal. Walaupun memiliki warna dan suara yang indah burung ini lebih sering dijadikan hiasan di rumah dibandingkan untuk ikut perlombaan.

Harga burung kepodang ini dibandrol dengan harga Rp. 1.500.000 tapi jika masih anakan Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 250.000.

3. Burung Kepodang Sungu

Burung kepodang sungu ini memiliki postur ukuran tubuh yang berbeda dari burung kepodang lainnya. Burung kepodang biasanya hanya memiliki maksimal ukuran tubuh yaitu 25 cm sedangkan burung kepodang sungu bisa mencapai 28 cm.

Warnanya pun berbeda yang biasa nya memiliki warna kuning keemasan dia memiliki bulu berwarna abu-abu di bagian dada, bagian sayap berwarna putih sedikit, perutnya memiliki warna abu-abu yang sedikit samar dan paruh berwarna hitam. Burung ini biasanya tinggal di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian 1.500 Mdpl.

Harga burung kepodang sungu ini dibandrol dengan harga Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000. Harga kepodang yang jenis ini cukup terhitung mahal karena sulit dicari, dikarenakan habitat aslinya berada di pegunungan dan tinggal di pohon-pohon yang cukup tinggi.

4. Burung Kepodang Sumatera

Burung kepodang sumatera adalah salah satu jenis burung podang yang banyak dijual di Indonesia. Karena populasinya yang sangat banyak dan tersebar di Indonesia dan sangat laku keras di pasar Indonesia ini.

Tidak beda jauh dengan burung kepodang lainnya, tapi burung kepodang ini memiliki warna kuning emas yang sedikit pudar dibandingkan jenis lainnya. Tapi mengapa begitu populer? Berikut alasan mengapa orang-orang membeli burung kepodang sumatera:

  • Suara burung kepodang sumatera memiliki suara kicau yang sangat kuat dan indah dibandingkan jenis burung kepodang lainnya. Burung ini diminati oleh banyak orang karena suaranya yang begitu istimewa.
  • Harga burung kepodang yang tergolong murah ini membuat semakin orang banyak yang membelinya karena biasanya burung kepodang dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, apalagi yang sudah gacor.
  • Gampang dirawat dan tidak perlu menyediakan budget yang terlalu besar.

Burung kepodang sumatera dibandrol dengan harga Rp. 100.000 – Rp. 300.000. Sangat murah dan terekomendasikan bagi Anda pecinta burung kicau.

5. Burung Kepodang Dada Merah

Burung kepodang dada merah pun memiliki warna yang berbeda dibandingkan burung kepodang lainnya. Biasanya burung kepodang cenderung mempunyai warna bulu yang dominasinya berwarna kuning. Tapi kali ini burung kepodang dada merah memiliki cukup banyak warna hitam di bulunya dan ada warna merah sedikit di bagian sayap dan kaki.

Burung kepodang dada merah termasuk burung kepodang yang langka, sehingga tidak banyak orang yang memiliki burung kepodang ini. Populasi di Indonesia cukup sedikit karena jarang sekali muncul di pemukiman manapun. Burung kepodang dada merah dibandrol dengan harga Rp. 800.000.

Baca juga: Harga burung dara

Daftar Harga Burung Kepodang

Berikut beberapa harga burung kepodang dari semua jenisnya:

NoJenis Burung KepodangHarga Burung Kepodang
1Burung Kepodang Dada MerahRp. 800.000
2Burung Kepodang LokalRp. 1.100.000
3Burung Kepodang EmasRp. 1.500.000
4Burung Kepodang KapurRp. 210.000
5Burung Kepodang GacorRp. 800.000
6Burung Kepodang JawaRp. 550.000
7Burung Kepodang SumateraRp. 100.000 - Rp. 300.000
8Burung Kepodang AnakanRp. 150.000
9Burung Kepodang Batu AnakanRp. 250.000
10Burung Kepodang Vor TotalRp. 350.000
11Burung Kepodang BaliRp. 300.000
12Burung Kepodang Bincarung AnakanRp. 400.000

Harga burung kepodang terbaru yang dicantumkan adalah harga pasar saat ini. Harga bisa saja berubah kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *