Harga burung ciblek
Sumber: kacer.co.id

Harga Burung Ciblek

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung ciblek – Burung perenjak jawa atau yang biasa dikenal dengan sebutan burung ciblek merupakan burung pengicau dari suku Cisticolidae. Burung kecil yang lincah ini mudah ditemukan di area terbuka atau bersemak seperti di hutan kota atau hutan kecil, hutan bakau, pekarangan, taman, dan tepi sawah. Meskipun pada mulanya burung ciblek hanya dibiarkan berkeliaran bebas seperti halnya burung pipit atau burung gereja, namun burung ciblek menjadi burung yang sering dicari oleh para pecinta burung.

Karakteristik Burung Ciblek

Burung ciblek ialah burung pengicau berukuran kecil yang berkisar antara 13 cm. Warna bulu dominan yang menghiasi sisi atas tubuhnya ialah cokelat hijau zaitun. Tenggorokan dan dada burung ciblek pada umumnya berwarna putih dan bagian perut hingga pantat berwarna kuning. Ciri khas burung ciblek ialah sayap dengan dua garis putih serta ekor panjang yang berujung hitam dan putih. Memiliki paruh yang runcing dan berwarna coklat agak merah, serta kaki yang langsing.

Meskipun terbilang dapat dijumpai di beberapa wilayah seperti Sumatera, Jawa, dan Bali, namun burung ciblek termasuk ke dalam kategori burung endemik. Kemampuan beradaptasi yang dimiliki burung ciblek serta kejinakannya menjadikan burung ini banyak dicari untuk dipelihara.

Namun ternyata, burung ciblek termasuk ke dalam jenis burung yang mudah merasa stres atau depresi. Sehingga penangkaran untuk burung ciblek terbilang sulit.

Tentu saja, walaupun dengan risiko seperti itu, para pecinta burung tetap mencari dan memelihara burung ciblek. Harga burung ciblek relatif lebih murah dibandingkan harga burung lainnya. Harga burung ciblek bisa dibedakan berdasarkan wilayah tempat asalnya serta populasinya. Oleh karena itu, ada beberapa macam jenis burung ciblek yang wajib diketahui oleh para pecinta burung.

Baca juga: Harga burung dara

Jenis-Jenis Burung Ciblek Dan Harganya

Jenis-jenis burung ciblek dan harganya
Sumber: burungcantik.com

Beberapa macam jenis burung ciblek ialah:

1. Burung Ciblek Dada Kuning

Jenis burung ciblek yang satu ini merupakan jenis burung ciblek yang umum. Burung ciblek dada kuning dijadikan sebagai gambaran dari burung ciblek pada umumnya. Burung ciblek yang memiliki tubuh kecil dengan warna yang meneduhkan. Populasi burung ciblek dada kuning masih bisa dikatakan banyak, karena populasinya yang juga banyak. Ciblek dada kuning hanyalah sebagai ciri dari jenis ciblek ini. Sebetulnya ciblek dada kuning sendiri ialah ciblek jawa yang tentunya banyak ditemukan di wilayah Jawa.

Harga ciblek kuning relatif murah jika dibandingkan dengan jenis ciblek lainnya. Harga ciblek kuning berkisar antara Rp. 100.000 saja. Harga tersebut merupakan harga untuk burung ciblek dada kuning atau ciblek jawa yang sudah dewasa, namun jika mencari ciblek jawa anakan harganya akan lebih terjangkau.

Burung ciblek sendiri akan lebih bernilai harganya ketika sudah memiliki suara yang bagus dan sering berkicau. Apalagi jika burung ini sudah pernah mengikuti ajang lomba, harganya akan sangat fantastis.

2. Burung Ciblek Alang Alang

Prinia polychroa atau ciblek alang-alang adalah jenis lainnya dari burung ciblek yang ada di Indonesia. Burung ciblek alang-alang identik dengan warnanya yang berwarna cokelat dan panjangnya yang bisa mencapai 18 cm. Bulu berwarna cokelat yang mendominasi tubuh bagian atasnya menjadikan burung ini identik dan berbeda dengan lainnya.

Ciblek alang-alang mungkin masih asing terdengar di telinga para pecinta burung. Ketenarannya pun kalah dengan ciblek jawa. Sekilas mungkin akan terlihat mirip dengan burung gereja yang biasa berterbangan di depan pekarangan rumah, namun ekor yang dimiliki burung ciblek alang-alang ini lebih panjang.

Meskipun penyebarannya di Indonesia hanya tersebar di wilayah Jawa, namun ciblek alang-alang ini memiliki empat sub-spesies yang tersebar dibeberapa wilayah, diantaranya:

  • Prinia Polychroa Cooki – Myanmar, China, Yunnan, Thailand, Kamboja, dan Laos.
  • Prinia Polychroa Bangsi – China.
  • Prinia Polychroa Rocki – Vietnam.
  • Prinia Polychroa – Jawa, Indonesia.

Harga ciblek alang-alang di pasaran biasa dijual dengan harga yang relatif murah. Namun harga ciblek alang-alang didasarkan pada perbedaan suaranya dengan rentang harga yang cukup jauh, yaitu Rp. 30.000 hingga Rp. 220.000 harga yang relatif seperti itu dikarenakan ciblek alang-alang lebih sulit dijinakkan dibandingkan ciblek lainnya.

3. Burung Ciblek Tebu

Penampilan ciblek tebu hampir mirip dengan ciblek alang-alang. Namun, jenis burung ciblek yang satu ini memiliki suara yang lebih keras dibandingkan ciblek alang-alang. Warna bulunya yang mendominasi pun ialah warna cokelat. Namun ciri khas dari ciblek tebu ini ialah warna putih kekuningan pada bagian dadanya. Harga ciblek tebu yang biasa dibandrol pada jenis burung ciblek ini ialah Rp. 220.000 hingga Rp. 250.000 untuk harga ciblek tebu yang sudah dewasa. Harga burung ciblek memang didasarkan pada perbedaan-perbedaan seperti itu.

4. Burung Ciblek Jantan

Pada setiap macam burung ciblek yang ada di Indonesia mauapun luar Indonesia, memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Dan tentunya ada beberapa ciri-ciri yang dapat membedakan burung ciblek jantan dan burung ciblek betina. Berikut ini ialah ciri-ciri ciblek jantan:

  • Ciblek jantan anakan mempunyai titik berwarna hitam pada bagian ujung paruh.
  • Paruh dari burung ciblek jantan yang sudah dewasa berwarna hitam pekat.
  • Memiliki rongga mulut berwarna hitam.
  • Warna bulu pada bagian atas hingga sayap abu-abu gelap.
  • Paruh tebal.
  • Tubuh dari burung ciblek berjenis kelamin jantan lebih besar dibanding yang betina.

Harga burung ciblek jantan yang biasa dibandrol di pasaran bergantung pada jenis atau macam burung ciblek yang diperjualbelikan.

5. Burung Ciblek Betina

Sama seperti ciblek jantan, ciblek betina pun mempunyai ciri-cirinya sendiri, yaitu:

  • Burung ciblek betina memiliki kaki yang kecil serta berwarna merah pucat atau pink.
  • Postur tubuh ciblek betina lebih kecil dan pendek dari pada ciblek jantan.
  • Ciblek betina mempunyai garis berwarna putih yang menyerupai seperti alis.
  • Suara dari burung ciblek betina lebih monoton dan kurang bervariasi, berbeda jauh dengan burung ciblek jantan yang bervariasi.

Burung ciblek betina dihargakan berdasarkan jenis burung ciblek yang diperjualbelikan. Harga burung ciblek yang bervariasi tentunya menjadi pertimbangan dan perhitungan keuntungan bagi para pecinta burung. Namun, ketika burung ciblek sudah mendapatkan penghargaan kejuaraan, harga burung ciblek akan sangat mahal.

Baca juga: Harga burung pentet

Harga Burung Ciblek Terbaru

Berikut ialah daftar harga burung ciblek:

Jenis Burung CiblekHarga Burung Ciblek
Ciblek JawaRp. 75.000 - Rp. 100.000
Ciblek Alang Alang MudaRp. 30.000
Ciblek Alang Alang DewasaRp. 50.000
Ciblek Alang Alang GacorRp. 220.000
Ciblek TebuRp. 220.000 - Rp. 250.000
Ciblek TasikRp. 175.000
Ciblek Jawa TimurRp. 75.000
Ciblek KristalRp. 200.000
Ciblek SemiRp. 100.000
Ciblek GunungRp. 250.000
Ciblek Gunung AnakanRp. 100.000 - Rp. 150.000
Ciblek SawahRp. 125.000
Ciblek BahanRp. 100.000
Ciblek Dada PutihRp. 350.000
Ciblek Kristal AnakanRp. 50.000
Ciblek Lumut AnakanRp. 15.000
Ciblek Lumut GacorRp. 50.000
Ciblek Klawu AnakanRp. 30.000
Ciblek Klawu GacorRp. 125.000
Ciblek Merah AnakanRp. 30.000
Ciblek Merah GacorRp 180.000
Ciblek Putih Anakan JantanRp. 135.000 - Rp. 160.000
Ciblek Putih Anakan BetinaRp. 65.000

Itulah artikel seputar burung ciblek dari Sudut Kebun. Harga burung ciblek yang sangat beragam menandakan bahwa jenis burung ciblek pun sangat beragam. Menurut Anda jenis apa yang paling menarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *