Cara merawat burung pleci biar gacor

Cara Merawat Burung Pleci

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara merawat burung pleci – Burung pleci yang juga sering disebut dengan nama burung kacamata merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai suara dan nada yang merdu. Keunggulannya dalam berkicau membuat burung yang mempunyai beberapa jenis dan macam warna ini digemari dan dicari para pecinta burung.

Selain untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah serta menghidupkan suasana dengan suaranya, burung yang memiliki mata seperti sedang menggunakan kacamata ini juga dapat dilombakan dalam kontes burung kicau.

Cara Merawat Burung Pleci Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Cara merawat burung pleci biar ngekek panjang

Untuk mendapatkan suara yang gacor dan ngekek, ada beberapa cara merawat burung pleci yang dapat dilakukan para pecinta burung pleci agar cepat mendapatkan suara burung pleci yang gacor dan ngekek. Namun, sebelum melakukan langkah-langkah perawatan yang pas, para pecinta burung harus mengetahui terlebih dahulu mengenai karakteristik burung pleci yang dimilikinya. Beberapa cara merawat burung pleci yang dapat dilakukan ialah:

1. Memilih Pakan Burung Yang Bagus

Cara merawat burung pleci yang pertama ini sama seperti dengan cara merawat burung lainnya. Pakan baik pasti akan memberikan hasil yang baik pula untuk burung pleci. Pemberian pakan pada burung pleci bergantung pada kebutuhan yang diperlukan oleh burung pleci itu sendiri.

Pola pemberian pakan yang disiplin waktu serta jumlah pakan yang diberikan pun menjadi satu hal yang krusial dan dibutuhkan untuk perkembangan burung pleci. Tidak hanya untuk mendapatkan suara yang gacor dan ngekek namun juga untuk kesehatan sang burung pleci.

Menu pakan yang disajikan tidak hanya dapat disajikan dengan menu pakan biasa. Para pemiliki burung pleci atau pleci mania juga bisa memberikan pakan berupa buah-buahan yang segar seperti pisang, pepaya, dsb. Juga bisa menyediakan menu sayuran segar seperti tomat, wortel, dsb.

Pemberian pakan EF pun diperlukan untuk pertumbuhan dan percepatan keluarnya suara gacor dari burung pleci. Extra Fooding yang diberikan pada burung pleci dapat berupa ulat kandang yang masih muda.

2. Konsumsi Air Yang Bervariasi Namun Sehat

Air minum yang disajikan untuk burung pleci, sesekali dapat diganti dengan minuman yang dicampur dengan cuka apel yang mengandung asam sitrat. Terkadang air mineral biasa yang memiliki pH terlalu tinggi atau pH terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada burung pleci.

Selain itu, pleci mania pun biasa menambahkan Bird Mineral pada air yang diminum oleh burung pleci. Untuk menghidari kemungkinan suara serak yang bisa dialami oleh burung pleci, tak ada salahnya untuk memberikan minuman penyegar pada burung pleci. Minuman penyegar pun baik untuk kesehatan burung pleci.

3. Memilih Master Yang Tepat

Sebelum memberikan suara masteran kepada burung pleci, para pecinta burung pleci harus mengetahui dulu karakteristik suara burung pleci yang sedang terjadi. Jika suara burung pleci yang dimiliki berada pada karakteristik suara yang ngerol, burung pleci tersebut dapat dimaster dengan suara-suara burung bertipe ngerol seperti kenari, kolibri, dsb.

Namun, jika suara burung pleci berada pada karakteristik suara yang ngalas, burung tersebut dapat dimaster dengan burung tledekan, kacer, dsb. Setelah itu, barulah suara gacor atau suara bawaan burung pleci akan keluar.

Pemasteran pun harus dilakukan secara rutin dengan jadwal yang tetap. Burung pleci pun harus mendengarkan suara masterannya secara rutin dan berulang kali supaya dapat masuk ke dalam ingatan pleci tersebut. Waktu untuk melakukan pemasteran pun dapat dilakukan ketika pagi, siang, dan sore.

Cara merawat burung pleci biar gacor dibutuhkan kesabaran yang cukup. Suara-suara burung yang didengarkan harus diputar dengan jelas kepada burung pleci. Tidak harus mendatangkan burung aslinya untuk menjadi masteran burung pleci, pleci mania dapat menggunakan suara burung mp3 atau video yang beredar di internet.

4. Mengembun Burung Pleci Ketika Subuh

Beberapa pleci mania pasti pernah dan sering melakukan rutinitas yang satu ini sebagai salah satu cara merawat burung plecik agar ngekek. Mengembun pada burung pleci maksudnya ialah mengeluarkan burung pleci dari dalam rumah ketika setelah subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat biasanya pukul 5 pagi hingga 6 pagi hari. Rutinitas mengembun ini dilakukan untuk membuat burung pleci merasa segar dengan menghirup udara di pagi hari. Pengembunan pada burung pleci juga dapat membantu burung pleci untuk memiliki pengaturan pernafasan yang baik.

5. Memandikan Burung Pleci Secara Rutin

Setiap burung yang menjadi hewan peliharaan perlu merasakan segarnya air yang menyentuh bulu serta badannya. Tutorial merawat burung pleci pun perlu melakukan rutinitas mandi untuk kesehatan dan kenyamanan burung pleci. Burung pleci dapat dimandikan ketika pagi atau sore. Minimal satu kali dalam satu hari dan maksimalnya dua kali. Cara mandi burung pleci sama dengan burung lainnya, dapat disemprot menggunakan semprotan air halus atau menyediakan tempat untuk mandi di dalam sangkar burung pleci.

6. Menjemur Burung Pleci Setelah Mandi

Burung pleci yang telah dimandikan sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengeringkan bulu dan tubuh burung pleci yang sedang basah agar cepat kering. Selain itu, berjemur juga bagus untuk kesehatan burung pleci. Karena tidak bagus jika seekor burung yang bahkan bukan burung pleci pun tidak mendapatkan cahaya sinar matahari.

Sinar matahari yang dapat mengeringkan bulu dan tubuh burung pleci secara perlahan, juga memberikan energi kepada burung pleci agar dapat berkicau dengan gacor dan ngekek.

7. Rutin Membersihkan Kandang Burung Pleci

Cara merawat burung pleci lainnya ialah membersihkan kandangnya. Sama seperti burung pleci yang perlu dimandikan, kandangnya pun tentu perlu dibersihkan. Kebersihan kandang burung pleci menjadi kunci utama dari kenyamanan burung pleci sendiri. Kandang yang bersih tentunya akan membuat burung pleci merasa nyaman dan tidak ragu untuk berkicau meskipun di dalam kandang.

8. Mengajak Burung Pleci Jalan-Jalan

Membawa burung pleci dalam sangkar untuk berkeliling atau mengunjungi rumah pecinta burung lainnya bukanlah hal yang buruk. Justru, hal-hal seperti ini dapat membuat burung pleci merasa lebih baik. Terlepas dari rasa jenuhnya yang terus-menerus berada di area lingkungan yang sama. Merawat burung pleci yang satu ini juga mampu membuat burung pleci semakin percaya diri untuk mengeluarkan suaranya dan berkicau gacor.

9. Mengolonikan Burung Pleci

Pada kehidupan alam bebasnya, burung pleci merupakan jenis burung yang suka hidup dalam kelompok atau berkoloni. Burung pleci biasa pergi bersama-sama dengan pleci yang lainnya. Seperti mencari makan dan membuat sarang. Ketika memelihara burung pleci, sangat bagus jika burung pleci yang dipelihara sesekali didekatkan dengan burung pleci peliharaan lainnya.

Selain untuk mengembalikan instingnya, hal ini juga dapat menjadi pemicu burung pleci mengeluarkan suara gacornya. Ketika didekatkan dengan burung pleci lainnya, biasanya mereka akan saling bersautan dengan suara merdunya.

10. Memberikan Waktu Istirahat Pada Burung Pleci

Memiliki burung pleci yang bersuara gacor memang idaman semua pleci mania. Namun, burung pleci pun membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan staminanya yang telah dilatih selama seharian. Memosisikan burung pleci saat malam hari dengan cara menempatkannya di tempat yang nyaman untuk beristirahat adalah pilihan yang sangat tepat. Setelah malam tiba, biarlah burung pleci tidur dan beristirahat.

Cara merawat burung pleci di atas tidaklah rumit. Bagaimana? Anda tertarik memelihara burung pleci? Jika tertarik, Anda harus mengetahui harga burung pleci terbaru terlebih dahulu sebelum membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *