Breaking News
cara menanam lidah buaya tanpa akar

Cara Menanam Lidah Buaya

Bismillahirrahmanirrahim, Lidah buaya merupakan tanaman hias yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Pada mulanya, lidah buaya sangat dikenal sebagai penumbuh rambut yang alami. Namun, seiring berjalannya waktu, lidah buaya kini dapat diolah menjadi minuman hingga camilan ringan seperti permen jelly. Cara menanam lidah buaya sendiri terbilang sederhana dan tidak ribet.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dari lidah buaya, tidak ada salahnya apabila anda menanam lidah buaya di rumah. Selain untuk tanaman hias, anda juga bisa memanfaatkannya menjadi olahan minuman atau makanan.

Mengapa harus menanam lidah buaya? Pasalnya, cara menanam lidah buaya di rumah tidaklah terlalu sulit. Apalagi untuk anda yang masih pemula. Ada beberapa cara yang bisa anda pilih untuk menanam lidah buaya. Selengkapnya akan diulas di bawah ini.

Cara Menanam Lidah Buaya Dari Daunnya

cara menanam lidah buaya dari daunnya

Pertama, menanam lidah buaya dari daunnya. Tidak sedikit yang berspekulasi bahwa menanam lidah buaya dapat dilakukan dengan mengambil bagian daunnya kemudian meletakkannya di atas tanah, seperti halnya tanaman sukulen dan kaktus. Kemungkinan untuk akar tumbuh dari daun lidah buaya sangatlah kecil. Sebab, daun lidah buaya kandungan airnya sangat tinggi.

Namun, jika anda tetap ingin mencobanya sebagai percobaan, boleh-boleh saja. Siapa tahu anda berhasil menanam lidah buaya dengan cara yang satu ini. Berikut tahapannya:

  1. Cari tanaman lidah buaya dengan tinggi daun minimal 8 cm
  2. Kemudian potong pada bagian ujungnya dengan pisau yang bersih agar daun lidah buaya tidak terinfeksi sehingga gagal menumbuhkan akar
  3. Keringkan daun lidah buaya di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Biasanya dapat memakan waktu hingga satu minggu
  4. Siapkan wadah untuk menanam lidah buaya yang bagian bawahnya terdapat lubang. Lidah buaya sangat menyukai air, tetapi bukan air yang menggenang
  5. Masukkan tanah ke dalam wadah
  6. Tanam daun lidah buaya yang sudah kering. Bagian yang teriris terletak di bawah. Tanam kurang lebih 3 cm
  7. Letakkan tanaman lidah buaya di bawah sinar matahari. Karena lidah buaya sangat menyukai matahari
  8. Sirami tanaman lidah buaya dengan hati-hati selama 4 minggu. Akar lidah buaya akan tumbuh sekitar 4 minggu setelah penanaman. Usahakan sebelum akar tumbuh, tanaman tidak terinfeksi terutama di bagian bawahnya agar dapat tumbuh dengan optimal.

Baca juga: Cara menanam bunga matahari untuk pemula

Cara Menanam Lidah Buaya Di Pot

cara menanam lidah buaya di pot

Cara terbaik untuk menghasilkan tanaman lidah buaya yang sehat adalah dengan menanamnya dari anakan. Lidah buaya biasanya memiliki beberapa anakan di sekitarnya. Ini adalah cara termudah untuk menanam lidah buaya di pot.

Pertama, carilah anakan lidah buaya yang sehat dan tidak terinfeksi. Pilih anakan lidah buaya dengan minimal 4 daun dan tinggi seperlima dari induknya.

Kedua, cabut akarnya dengan hati-hati. Anakan lidah buaya memiliki rangkaian akar tersendiri. Namun, akarnya bisa saja bersimpul dengan induknya. Maka dari itu, anda harus mengambilnya dengan hati-hati. Caranya adalah dengan membongkar tanah di sekitar anakan hingga ujung akar. Lalu ambil anakan tersebut.

Ketiga, siapkan pot dengan lubang pembuangan di bagian bawahnya. Akan lebih baik jika anda meletakkan tanah khusus kaktus. Jika tidak memungkinkan, anda dapat membuatnya sendiri dari pasir dan tanah dengan komposisi 1 : 1. Untuk memudahkan pembuangan air, letakkan kerikil di bagian paling bawah pot sebelum tanah.

Keempat, lubangi tanah untuk meletakkan anakan lidah buaya. Usahakan seluruh akarnya terpendam tanah.

Kelima, letakkan anakan lidah buaya di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Lalu siram dengan air. Siram kembali tanaman lidah buaya satu minggu kemudian.

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya tanpa akar

Setelah anda berhasil menanam lidah buaya, langkah selanjutnya adalah merawat tanaman lidah buaya dengan baik agar tidak cepat mati. Sebenarnya, perawatan tanaman ini sangatlah mudah jika anda tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar. Akan tetapi, faktanya tidak sedikit lho yang gagal merawat tanaman lidah buaya mereka.

Efeknya, tanaman lidah buaya tidak tumbuh dengan optimal, daunnya berkerut, menguning dan membusuk, atau bahkan pertumbuhannya lambat. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman lidah buaya dengan benar? Berikut penjelasannya!

1. Berikan Cahaya Yang Cukup

Tanaman lidah buaya membutuhkan cahaya yang cukup. Setidaknya, 8 hingga 10 jam per hari. Jika ada tinggal di tempat dingin, usahakan tanaman lidah buaya tidak terkena angin malam yang dingin karena lidah buaya akan cepat mati.

2. Menyiram Tanaman

Saat cuaca panas atau kemarau, tanaman lidah buaya membutuhkan air yang banyak. Sebaliknya, saat cuaca dingin, lidah buaya tidak memerlukan banyak air selama tanahnya masih basah atau lembab. Saat menyiram tanaman, pastikan terlebih dahulu air keluar dari pot kemudian sirami kembali dengan air.

Jangan biarkan tanaman lidah buaya terendam dengan air karena akan menyebabkan batang lidah buaya menjadi cepat busuk. Untuk memastikan tanamanmu cukup air atau tidak, lihat saja tanahnya apakah basah atau tidak. Jika basah, maka tanamanmu sudah cukup air.

3. Pemberian Pupuk

Semua tanaman membutuhkan pupuk sebagai nutrisi tambahan agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Begitu pula dengan lidah buaya. Lidah buaya membutuhkan pupuk sebagai nutrisi tambahan agar tumbuh subur, berdaun tebal, dan tumbuh tegap. Berikan pupuk setidaknya setahun sekali yang berbahan dasar air dan tinggi fosfor.

4. Jaga Kesehatan Tanaman

Seperti manusia, tanaman juga harus dijaga kesehatannya dari hama, jamur, dan penyakit tanaman lainnya. Caranya adalah dengan memberikan pestisida organik. Atau anda juga dapat mencegahnya dengan menjaga kelembaban tanah. Upayakan tanah tidak terlalu basah atau bahkan tergenang air sehingga penyakit dapat tumbuh dengan mudah.

Baca juga: Cara menanam semangka

5. Memperhatikan Daunnya

Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu jika kondisinya tidak sehat yaitu dengan memperhatikan pertumbuhan daunnya. Jika lidah buaya anda berdaun tipis dan keriting, tandanya tanaman tersebut membutuhkan lebih banyak air karena pasokan airnya telah habis. Ingat, daun lidah buaya mengandung banyak air, jika dia kekurangan air maka akan mengambil cadangan dari daunnya sehingga daunnya menjadi kering.

Kemudian, jika daun lidah buaya terkulai ke samping, tandanya tanaman anda kurang sinar matahari. Daun lidah buaya yang cukup sinar matahari akan tumbuh tegak ke atas. Berikan cahaya matahari 8 sampai 10 jam per hari.

6. Pertumbuhan Tanaman

Agar tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan optimal, maka anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Apakah air, pupuk, atau cahaya matahari. Jika tanah kering, maka tambahkan air. Jika daun tidak tegak, jemur di bawah sinar matahari. Jika pertumbuhannya lambat, berikan pupuk sebagai sumber nutrisi.

Kuncinya adalah memperhatikan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh tanaman anda.

Itulah penjelasan lengkap cara menanam lidah buaya di rumah untuk pemula serta perawatannya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda sehingga bisa menanam lidah buaya dengan mudah dan pertumbuhannya optimal.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *