Cara membuat pot bunga dari barang bekas

Cara Membuat Pot Bunga

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Dalam melakukan aktivitas berkebun dan bertani, terdapat banyak sekali peralatan yang diperlukan, salah satunya adalah pot. Biasanya pot bunga dibutuhkan ketika ingin menanam tanaman atau tumbuhan. Kamu bisa menghemat biaya berkebun dengan cara membuat pot bunga sendiri.

Seperti yang diketahui, harga pot sendiri bermacam-macam tergantung pada ukuran dan bahan dasarnya. Yang jelas biaya pembelian pot untuk berkebun tentu tidak sedikit. Dengan membuat pot bunga sendiri, kamu dapat memangkas anggaran untuk membeli pot.

Cara Membuat Pot Bunga Dari Barang Bekas Handuk

Cara membuat pot bunga dari handuk bekas

Membuat pot bunga sendiri dari barang bekas dapat memberikan kepuasan tersendiri. Selain itu, kamu juga dapat bebas berkreasi. Salah satu barang bekas yang dapat dibuat pot adalah handuk bekas. Jika di rumah kamu ada banyak handuk bekas yang sudah tidak terpakai lagi, jangan langsung membuangnya. Handuk bekas bisa dibuat pot bunga sederhana yang cantik. Berikut cara membuat pot bunga dari handuk bekas.

Bahan-bahan:

  • Handuk
  • Wadah
  • Pot kecil
  • Air
  • Pengaduk semen
  • Semen putih
  • Sarung tangan karet
  • Pasir kasar
  • Cat akrilik

1. Menyiapkan Adonan Semen

Langkah pertama dalam membuat pot bunga dari handuk bekas adalah membuat adonan semen terlebih dahulu. Gunakan sarung tangan karet yang sudah disiapkan dalam tahap ini. Masukkan 2 cangkir semen ke wadah yang telah disiapkan, dan tambahkan 1 cangkir air. Kamu dapat mengubah ukuran adonan ini sesuai selera, asalkan perbandingan komposisinya tetap 2:1. Selanjutnya campurkan sedikit pasir kasar ke dalam wadah. Dan aduk-aduk adonan sampai merata. Adonan semen yang bagus adalah yang tidak terlalu padat dan encer.

2. Memasukkan Handuk Ke Dalam Adonan

Setelah langkah pertama, selanjutnya basahi handuk bekas dengan air. Lalu lubangi bagian-bagian handuk seperti lubang yang ada pada pot untuk jalan pembuangan air nantinya. Sekarang celupkan handuk ke dalam adonan semen yang sudah dibuat tadi sampai semua permukaan handuk masuk secara sempurna.

3. Bentuk Handuk Sekreatif Mungkin

Sekarang ambil dan angkat handuk yang sudah tercampur adonan semen. Tapi jangan peras adonen semen yang menempel pada handuk. Balikkan posisi pot dan letakkan handuk tadi di atasnya. Sekarang kamu bisa membuat desain atau bentuk pot sesuai dengan selera.

4. Tunggu Sampai Kering

Setelah membentuk pot, keringkan handuk dan pot selama semalaman penuh. Jangan lepaskan handuk beserta adonan semennya dari pot, biarkan tetap menempel. Jika cuaca sedang buruk dan hujan turun, keringkan handuk di dalam rumah. Pastikan jangan sampai ada air yang membasahi adonan semen yang telah meresap sempurna pada handuk. Dan apabila ternyata waktu satu malam tidak cukup untuk membuat handuk kering, tambah waktu pengeringan sampai pot handuk beksa benar-benar mengering.

5. Hias dan Percantik Pot Handuk Bekas

Sesudah kering, lepaskan handuk beserta semennya dari pot. Sekarang kamu bisa mempercantik dan menghias pot handuk baru buatan kamu sendiri. Gunakan cat akrilik dan cat berwarna-warni yang cantik dan menarik perhatian. Contoh kombinasi warna yang indah adalah perpaduan warna biru, merah dan kuning atau warna pastel lainnya. Begitulah cara membuat pot bunga dari handuk bekas yang sederhana dan hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

Pot bunga dari handuk bekas ini tidak seberat pot biasa. Dengan bahan dasar handuk, pot bunga ini tidak akan mudah pecah dan memiliki daya tarik sendiri. Pot bunga sederhana dari handuk bekas ini bisa kamu jual dengan harga mulai dari Rp15 ribu sampai Rp35 ribu/buah.

Baca juga: Cara membuat pupuk organik

Cara Membuat Pot Bunga Minimalis Dengan Kaleng Susu

Cara membuat pot bunga minimalis dengan kaleng susu

Selain handuk bekas, barang bekas lainnya yang bisa dijadikan pot adalah kaleng susu bekas. Berikut langkah-langkah membuat pot bunga dari kaleng susu.

Bahan-bahan:

  • Kaleng susu bekas
  • Paku
  • Kuas
  • Cat warna-warni

Cara membuat:

  1. Langkah pertama membuat pot bunga minimalis adalah membersihkan kaleng susu bekas dari sisa-sisa noda dan tempelan kertasnya.
  2. Kemudian buat lubang pada bagian bawah kaleng menggunakan paku. Lubang ini akan menjadi jalan pembuangan air untuk pot nantinya.
  3. Selanjutnya cat kaleng susu bekas dengan warna-warna yang cerah sesuai selera menggunakan kuas. Kamu juga bisa bebas berkreasi dengan menambahkan berbagai motif menarik menggunakan warna cat berbeda.
  4. Pot bunga dari kaleng susu bekas sudah jadi. Sekarang kamu bisa berkebun dan bertani menggunakan pot bunga minimalis ini.

Cara Membuat Pot Bunga Sederhana Dari Botol Bekas

Cara membuat pot bunga sederhana dari botol bekas

Botol bekas minuman atau botol bekas air mineral merupakan salah satu sampah plastik yang paling banyak ditemukan sehari-hari. Daripada kamu buang begitu saja, lebih baik kamu sulap botol bekas ini menjadi sebuah pot sederhana. Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah membuat pot bunga sederhana dari botol bekas.

Bahan-bahan:

  • Botol plastik bekas air mineral
  • Pisau pemotong atau cutter
  • Cat akrilik
  • Pensil gambar

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, gambar pola sesuai selera pada botol plastik. Contoh pola yang lucu adalah pola kelinci, kucing, panda atau karakter lucu lainnya.
  2. Selanjutnya, gunting botol bekas menggunakan cutter dengan mengikuti pola yang sudah digambar.
  3. Lanjutkan proses membuat pot bunga sederhana dengan mengecat botol menggunakan cat akrilik dengan warna dasar cat putih.
  4. Sesudah cat dasarnya kering, lakukan pengecatan ulang. Kali ini gunakan warna cat yang sesuai dengan pola yang telah kamu gambar. Agar terlihat lebih menarik lagi, kamu juga dapat menambahkan pola teling, mata atau hidung pada karakter.
  5. Sekarang keringkan botol yang sudah dibentuk dan dicat di bawah sinar matahari langsung.
  6. Pot bunga sederhana dari botol bekas sudah jadi dan siap digunakan.

Baca juga: Cara membuat bonsai kelapa

Cara Membuat Pot Bunga Dari Barang Bekas Bohlam

Cara membuat pot bunga dari barang bekas bohlam

Bohlam yang sudah mati dan tidak terpakai lagi bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan pot sederhana. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Bohlam bekas
  • Obeng
  • Tang
  • Kawat atau tali
  • Air

Cara membuat:

  1. Cabut ekor besi yang ada pada bagian atas bohlam menggunakan tang terlebih dahulu. Perlu kamu perhatikan bahwa pada langkah pertama ini kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra dan juga membutuhkan kesabaran.
  2. Sesudah bagian ekor besih bohlam terbuka, pecahkan bagian hitam bohlam secara pelan-pelan kemudian gunakan obeng untuk mengeluarkan kawat pijar bohlam. Lalu bersihkan bohlam menggunakan air secukupnya.
  3. Sampai tahap ini pembuatan pot dari barang bekas bohlam sudah selesai. Kamu bisa langsung memasukkan media tanam seperti air, bunga atau tanah ke dalam bohlam. Dan kamu bisa menaruh pot bunga dari bohlam bekas ini dengan cara digantung dan dililitkan kawat atau tali.

Sekarang kamu bisa berkebun tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli pot. Kamu juga bisa menjual pot-pot buatan kamu dengan harga yang bervariasi tergantung pada ukuran pot. Di beberapa daerah Indonesia, pot-pot dari barang bekas bahkan sudah menjadi kerajinan tersendiri, misalnya di daerah Gorontalo. Demikian berbagai cara membuat pot bunga dari barang bekas yang bisa kamu temukan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *