Umpan ikan tawes

Umpan Ikan Tawes

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Umpan ikan tawes – Banyak sekali orang-orang di seluruh penjuru Indonesia yang sangat gemar sekali memancing, entah hasil tankapannya untuk dilepas kembali atau untuk dikonsumsi, atau bisa saja diperjualbelikan. Salah satu incaran ikan yang paling terkenal di Indonesia adalah ikan tawes, karena bisa dikonsumsi dan banyak ditemukan di perairan sungai Indonesia.

Para sobat Sudut Kebun pasti tau apa itu umpan, umpan adalah salah satu hal yang menentukan berhasil atau tidaknya mendapat ikan yang kalian mau, terutama ikan tawes ini.

Umpan Ikan Tawes Dan Cara Membuatnya

Umpan paling jitu untuk mancing ikan tawes

Ada beberapa jenis umpan ikan tawes seperti, umpan ikan tawes di sungai, kolam, dan air keruh. Tentu saja berbeda-beda kesukaan mereka karena dia membiasakan dengan lingkungan dia hidup. Berikut saya berikan beberapa jenis umpan ikan Tawes.

1. Tempe Campur Jengkol

Tidak banyak orang yang tahu jengkol dan tempe adalah salah satu umpan ikan tawes paling ampuh untuk di daerah sungai. Cukup mudah kalian hanya perlu ulek kedua bahan tersebut hingga halus kemudian campurkan hingga merata. Tidak perlu dimasak dari dua bahan tersebut. Umpan ini cocok untuk memancing di daerah sungai.

Baca juga: Umpan ikan gabus

2. Coro/Cere

Binatang yang biasa kalian sebut kecoa atau coro ini bisa menjadi alternatif pilihan umpan ikan tawes ketika di daerah sungai. Karena kalian bisa dengan mudah menemukan jenis umpan ini, salah satunya di tempat-tempat kotor atau di daerah kandang ayam. Ikan tawes sebenarnya sangat suka dengan coro ini, jadi hasilnya pun akan memuaskan jika Anda menggunakan binatang ini.

3. Jenis Kacang-kacangan

Umpan ikan tawes ini akan menjadi salah satu yang sangat ampuh karena melalui beberapa proses pembuatannya. Alat yang terutama adalah blender yang berfungsi untuk menghaluskan dari bahan-bahan yang sudah disiapkan. Bahannya adalah ampas kacang kering, kacang kedelai, kacang tanah, jagung muda, minyak samin dan kacang mete.

Satukan semua bahan di dalam blender, kecuali minyak samin. Blender semua bahan sampai halus, kemudian setelah halus sangrai bahan tersebut menggunakan minyak samin tersebut. Setelah itu diamkan 10 menit terus bungkus dengan daun pisang dan dikukus selama 4 jam. Memang akan sedikit sulit dan rumit pembuatannya, tapi percayalah ini sangat direkomendasikan dan bisa tahan lama bila dimasukkan freezer. Umpan ini cocok untuk di daerah sungai.

4. Lumut

Bisa dibilang lumut memang makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh ikan tawes. Jadi Anda tidak akan salah bila menggunakan lumut sebagai umpan ikan tawes. Usahakan Anda mencari lumut yang berwarna agak terang dan tambahkan sedikit garam agar ikan tawes semakin tertarik dengan ikan Anda. Cocok untuk di daerah sungai.

5. Cacing

Cacing adalah binatang yang paling populer digunakan oleh orang yang sering memancing untuk dijadikan umpan. Jenis cacing apa pun akan disukai oleh ikan tawes, mau itu jenis cacing susu, cacing merah dan yang lainnya. Umpan ini cocok disemua tempat, terutama cocok untuk di daerah sungai.

6. Tempe Dicampur Biskuit

Siapa sangka biskuit hanya bisa dikonsumsi oleh manusia? Diutamakan untuk menggunakan biskuit yang memiliki banyak kandungan keju, karena ikan tawes cenderung menyukai makanan yang asin seperti garam. Cukup mudah cara membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan tempe dan biskuit tersebut terus ulek atau haluskan hingga merata.

7. Belalang sawah

Belalang sawah juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi umpan ikan tawes di sungai. Ketika Anda sebelum memancing dan kebetulan lewat sawah Anda sangat beruntung, karena kalian akan dengan mudah mendapatkan belalang sawah ini dan bisa dijadikan umpan.

8. Udang Rawa

Harga udang di pasar memang sedikit mahal, tapi percayalah bahwa umpan ikan tawes paling ampuh untuk di kolam adalah udang. Tidak banyak orang yang tau bahwa udang rawa sangat ampuh, jika Anda membelinya di pasar, uang yang Anda keluarkan untuk membeli umpan akan terganti berkali-kali lipat ketika Anda melihat hasil pancingan Anda menggunakan umpan ini. Udang rawa cocok untuk memancing di kolam.

9. Tempe Dicampur Minyak Mie

Tidak salah jika Anda selalu memilih tempe untuk menjadi umpan ikan. Harganya sangat murah dan sangat jitu menarik perhatian dari ikan tawes. Alangkah baiknya agar menambah aroma sedap, Anda bisa mengoleskan atau mencelupkan tempe yang sudah dipotong kecil ke dalam minyak mie. Tempe dicampur minyak mie cocok untuk memancing di daerah kolam.

10. Tempe Dicampur Terigu Dan Putih Telur

Lagi-lagi kita menemukan campuran tempe yang sangat ampuh untuk memancing ikan tawes di kolam. Anda cukup mencampurkan semua bahan tersebut kemudian dihaluskan hingga merata.

11. Kroto

Kroto atau telur semut ini banyak dicari orang karena bisa dijadikan menjadi salah satu pakan burung. Tapi siapa sangka kroto juga biasanya digunakan menjadi campuran untuk umpan ikan tawes. Anda bisa menempelkan beberapa telur semut ini dengan pelet dan umpan lainnya .

12. Laron

Binatang ini memang sangat sulit sekali ditemukan, karena biasanya ada bagian di beberapa musim yang akan dengan mudahnya menemukan binatang ini. Tapi ketika Anda mendapatkan dan menggunakan laron sebagai umpan mancing ikan tawes, Anda pasti akan merasa kaget dengan hasil tangkapan Anda.

13. Pisang

Baru kali ini Sudut Kebun mencantumkan nama buah-buahan. Rupanya buah pisang ini selain banyak manfaat untuk manusia, buah ini juga bisa dijadikan umpan. Pisang yang digunakan harus matang dan manis terutama yang paling disukai adalah jenis pisang barangan. Anda hanya ditugaskan memotong pisang sampai kira-kira bisa dikaitkan di kail dan tidak usah dicampur apa-apa lagi.

14. Usus Ayam

Umpan yang satu ini sangat direkomendasikan ketika Anda memancing di kolam atau air bersih. Cukup kaitkan usus ayam pada kail dan Anda akan lihat hasilnya ketika memancing.

15. Tempe Busuk Dicampur Terigu Dan Putih telur

Jika Anda memiliki tempe yang sudah membusuk, alangkah baiknya digunakan untuk menjadi umpan dibandingkan dibuang. Anda cukup menghaluskan tempe busuk tersebut, lalu campurkan dengan terigu dan putih telur mentah tersebut. Biasanya ikan tawes lebih menyukai tempe busuk dibandingkan tempe yang masih segar atau fresh.

16. Daun Sawi Hijau

Daun sawi hijau adalah salah satu umpan ikan tawes air keruh yang paling ampuh. Daun sawi hijau akan lebih mudah ditemukan dibandingkan lumut. Anda hanya perlu memotong daunnya sehingga bisa dikaitkan di kail.

17. Biskuit Dicampur Kuning Telur Bebek

Biskuit yang direkomendasikan disini adalah yang mengandung keju. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini hingga halus dan ingat Anda hanya diperbolehkan mengambil kuning telurnya saja.

Baca juga: Umpan ikan mujair

18. Mie

Siapa yang tidak tahu mie? Mie juga bisa menjadi salah satu umpan yang paling jitu untuk memancing ikan tawes. Yang harus Anda lakukan adalah remukan mie yang belum matang, kemudian beri air panas agar mienya menjadi lembut dan bisa dikaitkan di kail pancingan Anda.

Itu dia daftar umpan untuk ikan tawes yang paling jitu dan ampuh dari para pemancing profesional di Indonesia, bila ada yang ingin ditambahkan silahkan berikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *