Umpan ikan gabus

Umpan Ikan Gabus

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Umpan ikan gabus – Ikan gabus atau di masyarakat Indonesia dikenal juga dengan nama ikan kutuk adalah salah satu jenis ikan air tawar. Ikan gabus tergolong sebagai predator atau karnivora, biasa hidup di daerah rawa-rawa, danau, sungai, kanal dan parit.

Mancing mania banyak yang suka memancing ikan yang satu ini, karena nilai ekonomisnya lumayan tinggi. Ikan gabus bernilai tinggi karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit serius atau baik untuk mempercepat masa penyembuhan. Biasanya para dokter menyarankan bagi pasien pasca operasi untuk mengkonsumsi ikan gabus karena terbukti bisa mempercepat pemulihan luka pasca operasi tersebut.

Umpan Memancing Ikan Gabus

Umpan mancing ikan gabus

Untuk memancing ikan gabus, kalian butuh umpan ikan gabus yang ampuh. Dalam kesempatan kali ini, kita akan berbagi pengetahuan tentang berbagai umpan jitu untuk dapat menangkap ikan gabus. Umpan-umpan ini sangat mudah Anda dapatkan di lingkungan sekitar Anda. Berikut beberapa umpan untuk mancing ikan gabus yang bisa langsung Anda praktekkan.

1. Belalang

Hewan yang biasa kita jumpai di daerah persawahan ini ternyata salah satu makanan favorit ikan gabus. Habitat ikan gabus dan belalang memiliki kesamaan, yakni di area persawahan khususnya di parit. Jika Anda hendak memancing ikan gabus di parit area persawahan, maka kami sarankan menggunakan belalang sebagai umpannya. Belalang sangat mudah ditemukan dan cara menggunakannya cukup praktis, yakni dengan mengkaitkan langsung belalang di kailnya dari bagian ekornya.

Perhatikan juga ukuran belalangnya, jangan terlalu besar karena tentu ikan gabus kesulitan untuk memangsanya. Jangan juga menggunakan belalang sembah, karena kita sendiri akan kesulitan memasangnya di kail pancing.

Baca juga: Umpan lele paling jitu

2. Cacing

Cacing adalah umpan yang paling umum digunakan mancing mania untuk mendapatkan ikan air tawar berbagai jenis. Cacing yang digunakan tentunya cacing tanah. Bau amis yang ada di cacing tanah dapat menarik perhatian ikan gabus di sekitarnya, sehingga akan dengan mudah ikan gabus terpancing. Tempatkan beberapa ekor cacing dalam satu kail pancing agar lebih menarik perhatian si ikan gabusnya.

Beberapa jenis cacing juga bisa digunakan sebagai umpan ikan gabus selain cacing tanah. Prinsipnya yang memiliki ukuran tubuh minimal seperti cacing tanah.

3. Cicak

Siapa sangka hewan yang sering kita jumpai di dinding rumah kita bisa menjadi umpan ikan gabus paling ampuh. Ada beberapa jenis cicak, misal cicak dinding dan cicak pohon, yang semuanya bisa digunakan untuk umpan. Anda bisa menggunakannya dalam kondisi mentah atau dibakar terlebih dahulu sebentar. Aroma daging cicak bakar terbukti sangat ampuh membangkitkan nafsu makan ikan gabus.

4. Jangkrik

Selain belalang, jangkrik juga bisa digunakan sebagai umpan untuk ikan gabus. Anda bisa langsung mengkaitkan mata pancing ke tubuh jangkrik. Jangan lupa pencet sedikit tubuh jangkrik agar cairan tubuhnya sedikit ada yang keluar. Fungsi cairan ini adalah untuk menarik ikan gabus karena baunya cukup amis. Anda juga perlu membersihkan dahulu sayap pada jangkrik karena akan mengurangi keampuhan dalam menarik ikan gabus.

5. Katak

Ikan gabus dikenal sebagai ikan predator yang rakus. Semua jenis hewan yang ukurannya pas untuk dimangsa, maka ia akan memangsanya. Salah satunya adalah katak kecil atau anak katak. Untuk mendapatkan umpan yang satu ini memang tergolong sulit, namun akan sebanding dengan keampuhannya dalam menarik perhatian ikan gabus.

Katak kecil yang digunakan ukurannya berkisar 1-2 cm saja. Jangan lupa saat menggunakan katak kecil sebagai umpan, usahakan dalam kondisi hidup agar katak masih bebas bergerak-gerak. Pergerakan katak kecil dalam air akan menarik ikan gabus mendekat dan menerkamnya.

6. Laron

Serangga yang satu ini tegolong umpan ikan gabus paling jitu. Namun sangat sulit menemukan laron setiap saat. Di awal musim penghujan saja kita akan melihat banyak sekali laron bermunculan. Jika Anda memancing ikan gabus di musim hujan, maka pilihan umpan yang tepat tentunya laron. Kaitkan beberapa laron dalam satu kail pancing agar lebih efektif dalam menarik perhatian ikan gabus.

7. Ulat Daun Pisang

Ulat yang satu ini mampu bertahan hidup cukup lama di dalam air. Sifatnya yang cukup aktif dan isi badannya yang berbau khas dapat menstimulus ikan gabus untuk memangsanya. Jadi saat memasang ulat daun ke kail pancing, jangan terlalu dalam ke bagian perutnya agar ulat bisa bertahan hidup lebih lama di air.

8. Wader

Ikan gabus adalah predator ikan-ikan kecil, jadi ikan wader bisa menjadi alternative umpan bagi ikan gabus. Ukuran ikan wader yang kecil menjadi mangsa favorit ikan gabus. Usahakan saat menggunakan ikan wader sebagai umpan, harus dalam kondisi hidup.

Jika ikan wader masih hidup, maka gerakannya nanti di air akan dapat menarik perhatian ikan gabus. Bagaimana caranya menempatkannya di kail dalam kondisi hidup? Anda hanya perlu mengkaitkan kail pancing ke punggung ikan wader.

9. Orong-orong

Umpan ikan gabus berikutnya adalah orong-orong. Hewan ini secara bentuk agak-agak mirip dengan jangkrik, namun orong-orong lebih panjang. Banyak dijumpai di daerah persawahan sehingga sudah sangat jarang dijumpai di daerah perkotaan. Dikalangan mancing mania, hewan yang satu ini sangat ampuh untuk segala jenis ikan air tawar, salah satunya ikan gabus. Bau cairan di dalam tubuhnya sangat khas dan bisa memancing ikan gabus.

10. Umpan buatan

Kalau Anda susah untuk mencari umpan ikan gabus alami seperti diatas, maka Anda dapat memilih umpan buatan sebagai alternativenya. Kelebihan lain dari umpan buatan adalah ada potensi untuk digunakan kembali jika tidak rusak oleh gigitan ikan.

Yang paling umum umpan buatan yang digunakan adalah Soft Frog atau Jump Frog. Bentukya mirip dengan katak kecil dengan dua mata panjing di badan dan ekornya. Mengapa katak? Karena hewan ini adalah mangsa alami yang paling disukai oleh ikan gabus yang biasa hidup di rawa-rawa atau parit pada persawahan.

Umpan buatan biasanya terbuat dari karet dan karena umpan yang satu ini tidak hidup, maka perlu teknik khusus dalam menggunakannya. Dinamakan teknik Casting, yakni pasca melempar umpan ke titik yang ditarget, Anda harus menggulung perlahan-lahan tali pancingnya agar umpan buatan bergerak-gerak layaknya umpan alami yang masih hidup.

Baca juga: Umpan ikan patin paling jitu

Bagaimana, ternyata mudah sekali menyiapkan umpan untuk mancing ikan gabus. Karena pada dasarnya ikan gabus ini adalah jenis ikan yang tidak memilih-milih makanan. Ekstrimnya hewan apa saja yang ada di sekitarnya yang ukurannya kecil, maka akan langsung disnatapnya.

Di Amerika beberapa waktu lalu bahkan menyebut ikan jenis ini adalah penganggu ekosistem alam atau dianggap sebagai parasit. Sehingga muncul kebijakan untuk menangkap dan membunuh ikan gabus ini. Kalau di Indonesia ikan jenis ini jarang diminati oleh masyarakat, hanya masyarakat tertentu yang memiliki kesadaran bahwa manfaat ikan gabus sangat banyak sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *