Tempat wisata di Jogja, Candi Prambanan

Tempat Wisata Di Jogja

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Tempat wisata di Jogja – Salah satu kota dambaan para pelancong di tanah Jawa adalah Yogyakarta atau Jogja. Pasalnya Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki segudang keunikan dan tempat wisata yang menarik. Selain tempat wisata candi, Jogja masih memiliki beragam macam tujuan destinasi menarik lainnya. Tidak keren rasanya jika tempat wisata yang kamu tahu di Jogja cuma Malioboro dan Pantai Prangtritis saja.

Berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang patut kamu kunjungi.

5 Tempat Wisata Terkenal Di Jogja

1. Candi Prambanan

Candi yang terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja ini merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi Prambanan mempunyai relief yang mengisahkan cerita antara Krishnayana dan Ramayana. Kamu tidak perlu khawatir apabila tidak membawa kendaraan pribadi ke sini, karena tersedia transportasi umum yang dapat kamu gunakan untuk menuju ke Candi Prambanan langsung.

Candi Prambanan juga merupakan tempat digelarnya pertunjukkan Rama Shinta. Di hari-hari biasa, pertunjukkan Rama Shinta digelar dalam ruangan, sementara pada saat malam purnama, pertunjukkan dilakukan di ruang terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan itu sendiri. Tentu saja kamu akan melihat sebuah pemandangan yang indah ketika menyaksikannya.

2. Candi Borobudur

Tempat wisata Jogja, Candi Borobudur

Ketenaran dan kepopuleran Candi Borobudur tidak perlu diragukan lagi, bahkan di kancah dunia. Pasalnya, tempat wisata di Jogja ini telah menjadi salah satu daftar warisan dunia UNESCO. Candi Prambanan juga merupakan salah satu candi Buddha terlengkap dan terbesar di dunia.

Jika dilihat dari atas, maka bentuk Candi ini menyerupai bunga teratai yang sangat indah. Sebenarnya Candi Borobudur termasuk ke dalam wilayah Magelang. Namun biasanya orang juga akan mengunjungi Candi ini ketika liburan di Jogja karena letaknya yang hanya 40 kilometer barat laut dari Jogja.

3. Pantai Nglambor

Wisata di Jogja, Pantai Nglambor
Sumber: https://www.pantainesia.com/

Di Pantai Nglambor, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling yang asyik bersama teman-teman. Karena, tidak seperti di pantai selatan yang lain, di sini ada laguna dengan air yang tenang. Maka dari itu kamu dapat menikmati kekayaan alam di sini dengan cara bersnorkeling.

Di samping itu, Pantai Nglambor juga menawarkan banyak spot asyik dan unik untuk menghasilkan foto-foto keren instagrammable. Kamu juga bisa uji nyali dengan menyebrang ke pulau kecil yang ada di sekitar dengan menggunakan jembatan tali. Pasti asyik deh!

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Dengan pemandangan yang indah, bentangan pasir putih bersih khas pantai selatan dan fasilitas yang relatif lengkap, pantai Indrayanti sering kali menjadi tujuan wisatawan dan merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang populer di Jogja.

Letaknya yang tidak jauh dari pantai-pantai populer lainnya juga menjadikannya sangat strategis. Lokasi pantai Indrayanti ini tidak jauh dari pantai Sundak, Krakal dan juga pantai Pok Tunggal. Jadi, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata pantai sekaligus.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Dan rekomendasi tempat wisata di Jogja terakhir dari daftar ini adalah Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta ini merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarga Sultan yang sangat bersejarah. Di dalamnya juga terdapat museum yang menampilkan barang-barang khas kesultanan Jogja, mulai dari benda rumah tangga sampai benda-benda unik yang juga merupakan hadiah dari raja Eropa.

Bila berminat, kamu juga bisa menyewa pemandu wisata. Sebaiknya kamu mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari karena Keraton Yogyakarta hanya buka sampai jam 2 siang.

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang harus kamu kunjungi juga selain jalan Malioboro dan pantai Parangtritis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *