Makanan burung lovebird

Makanan Burung Lovebird

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Makanan burung lovebird – Lovebird adalah jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung yang berasal dari genus Agapornis ini merupakan burung hias yang sering diikutsertakan dalam kontes atau ajang perlombaan. Untuk memenangkan perlombaan, burung lovebird harus mendapatkan perawatan tertentu dan perlakuan khusus.

Makanan Burung Lovebird Agar Gacor dan Ngekek Panjang

Makanan burung lovebird agar gacor dan ngekek panjang

Selain itu, asupan pakan juga sangat penting untuk menunjang kesehatan dan stamina burung lovebird saat lomba. Berikut ini merupakan 35 jenis makanan burung lovebird agar gacor, ngekek dan menang saat mengikuti perlombaan:

Baca juga: Jenis-jenis burung lovebird

1. Asinan atau Tulang Sotong

Asinan dan tulang sotong memiliki kandungan nutrisi penting seperti kalsium fosfat, garam magnesium, sodium klorida, kalsium karbonat. Beberapa kandungan ini sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan lovebird.

2. Bawang Putih Tunggal

Sama seperti yang sering kita dengar, bahwa bawang putih memiliki kandungan anti bakteri dan anti virus. Pada kondisi tertentu, konsumsi bawang putih untuk burung lovebird mampu menangkal penyakit seperti flu pada unggas. Fungsi bawang putih tunggal lainnya yaitu memperindah dan mempercepat pertumbuhan ekor pada lovebird.

3. Biji Bunga Matahari

Untuk jenis burung kicau hias, berkembang biak dan memiliki pasangan adalah salah satu faktor yang mendukung agar burung cepat gacor. Dengan memberikan biji bunga matahari pada burung lovebird akan merangsang perkembangbiakan sehingga burung akan terstimulus untuk cepat gacor dan ngekek.

4. Biji Kenari

Makanan burung lovebird seperti biji kenari yang satu ini sudah sangat terbukti. Untuk menghasilkan suara, burung lovebird akan membutuhkan energi dan stamina yang bisa kita dapatkan dalam kandungan biji kenari. Biji kenari mampu membuat suara lovebird anti macet dan mencegah serak atau parau pada burung kicau tersebut.

5. Biji Oat

Biji oat atau haver adalah pakan yang saat ini sudah mudah untuk ditemukan oleh para pecinta lovebird. Dalam jenis biji-bijian ini terkandung banyak nutrisi seperti karbohidrat dan protein sehingga dapat mempercepat proses kembang biak lovebird.

6. Buah Anggur Merah

Kandungan buah anggur merah yang mampu menangkal radikal bebas atau sebagai antioksidan akan membuat burung lovebirdmu tetap terjaga dan sehat selama proses perlombaan.

7. Buah Apel

Makanan burung lovebird yang satu ini sudah sangat familiar di kalangan pecinta burung hias. Kandungan beberapa vitamin yang terdapat pada apel dapat mengembalikan stamina lovebird setelah berlangsungnya pertandingan.

8. Buah Kecubung

Tahukah kamu salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat bius dan berbahaya apabila terlalu banyak dikonsumsi? Ya, itulah kecubung. Namun apabila diberikan dalam takaran yang tepat, buah kecubung adalah makanan burung lovebird agar ngekek panjang, konslet dan gacor.

9. Buah Pepaya

Apabila dicampur dengan bahan lainnya seperti bawang putih, kunyit, madu dan jahe, buah pepaya mentah akan membuat lovebirdmu ngekek panjang dan tahan penyakit.

10. Cangkang Telur Ayam

Untuk pertumbuhan tulang dan paruh, makanan lovebird yang satu ini adalah pilihan yang tepat karena cangkang telur ayam adalah memiliki kandungan protein yang tinggi.

11. Daun Bayam

Makanan burung lovebird agar gacor lainnya adalah daun bayam. Diantara jenis makanan burung lovebird lainnya, bayam memiliki berbagai fungsi seperti melancarkan pencernaan, memaksimalkan kerja otak saat kondisi pemasteran, bahkan memperkuat tulang dan patuh pada burung lovebird.

12. Daun Binahong

Jenis daun yang satu ini dipercaya membuat suara burung lovebird cepat gacor dari kondisi ngriwik.

13. Daun Dandelion

Untuk memenangkan lomba, lovebird harus dilatih agar menjadi lebih aktif dan diberikan makanan burung lovebird agar ngekek panjang, seperti contohnya daun dandelion.

14. Daun Dewa

Selain menyehatkan apabila dikonsumsi manusia, daun dewa juga memiliki fungsi yang baik untuk lovebird yaitu untuk memaksimalkan volume kicau lovebird, merawat imunitas burung agar tetap sehat, membuat bulu burung lovebird mengkilap, dan obat anti stres pada unggas.

15. Daun Ginseng Jawa

Dalam suatu perlombaan, lovebird yang sehat dan kicauannya paling gacor adalah pemenang. Dengan konsumsi ginseng jawa mampu membuat lovebird bertahan dalam perlombaan, bahkan menyembuhkan kondisi lovebird agar bisa kembalin fit.

16. Daun Kangkung

Untuk meningkatkan birahi dari lovebird pada saat lomba, daun kangkung dapat menjadi plihan alternatif yang tepat.

17. Daun Kemangi

Terkadang penyakit bisa menyerang burung lovebird sehingga burung lovebird tidak produktif. Tetapi dengan mengkonsumsi daun kemangi, kamu bisa mengurangi beberapa dampak penyakit pada lovebird seperti penyakit bubulan, bengkak pada kaki lovebird, hingga masuk angin pada lovebird.

18. Daun Krokot

Jenis makanan lovebird yang satu ini mampu meningkatkan suara gacor pada burung lovebird.

19. Daun Mengkudu

Terkadang burung lovebird mengalami kondisi tertentu seperti stres bahkan obesitas. Pada kondisi tersebut daun mengkudu dapat mengurangi gangguan pada lovebird bahkan menyembuhkan suara lovebird apabila sedang tidak bersuara (serak).

20. Daun Peterseli

Sama seperti fungsi biji haver, daun peterseli berperan dalam mempercepat perkembangbiakkan dari burung lovebird.

21. Gabah Beras Merah

Kicauan burung lovebird sangatlah diperhitungkan saat perlombaan. Untuk mengontrol suara lovebird agar tetap merdu, kamu bisa memberikan pakan berupa gabah beras merah.

22. Oyong

Makanan burung lovebird satu ini dapat dikatakan makanan pamungkas, karena memiliki berbagai khasiat yang luar biasa. Oyong sangat baik untuk kesehatan penglihatan burung lovebird. Selain itu oyong akan membuat lovebird gacor dan ngekek dalam perlombaan.

23. Jahe

Jahe merupakan obat tradisional yang cocok diberikan untuk lovebird. Jahe dapat menguatkan sistem percernaan dari burung lovebird dan menghangatkan tenggorokan lovebird agar suaranya tidak parau.

24. Jagung Manis

Dengan kandungan vitamin, beta karoten, dan folat pada jagung manis, lovebird akan memiliki kekuatan otot yang baik apabila mengkonsumsi pakan ini.

25. Tomat

Seperti yang telah ketahui bersama, bahwa tomat merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, sehingga sangat baik untuk menjaga imunitas dan kekebalan dari burung Lovebird.

26. Milet Merah

Untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh dari burung lovebird pada saat lomba, cobalah memberikan pakan pada lovebird berupa milet merah.

27. Jagung Muda

Jagung muda juga sangat baik untuk menstimulus perkembangbiakkan lovebird.

28. Juwawut

Agar cangkang telur lovebird terbentuk dengan baik, kamu bisa memberi pakan berupa juwawut.

29. Kecambah atau Tauge

Sama halnya pada manusia, kecambah/tauge berfungsi meningkatkan kesuburan apabila dikonsumsi lovebird.

30. Kuaci

Pakan ini memiliki fungsi seperti biji semangka dan biji bunga matahari pada lovebird.

31. Milet Putih

Milet putih mengandung protein tinggi dan merupakan pakan pokok untuk burung hias ini.

32. Sawi Biasa atau Sawi Putih

Sawi dapat menambah berat dan menstabilkan proses perkembangbiakkan pada lovebird.

33. Sayuran Pakcoy

Makanan yang satu ini sangat pas diberikan pada lovebird saat mengerami telurnya.

34. Telur rebus

Apabila kamu ingin burung lovebird kesayanganmu ngekek dalam durasi lebih lama dan panjang, kamu bisa memberikan telur rebus sebagai pakan tambahan.

Baca juga: Jenis-jenis burung kicau di Indonesia

35. Wortel

Terakhir, untuk menjaga keindahan bulu dan merawat organ tubuh dari lovebird, kamu bisa memilih wortel sebagai alternatif yang tepat.

Dengan 35 daftar makanan di atas, kamu bisa menentukan jenis makanan apa saja yang sebaiknya kamu berikan untuk burung lovebird kesayanganmu supaya memiliki kualitas suara dan stamina yang baik pada saat perlombaan. Banyak pula faktor lain seperti stres, kelelahan dan kekuatan dari burung lovebird yang perlu juga kamu perhatikan. Dengan perawatan dan perlakuan yang baik, burung lovebird kesayanganmu akan selalu sehat dan memiliki kualitas suara gacor dan ngekek. Sumber: Alamburung.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *