Jenis-jenis ikan koi lokal

Jenis-Jenis Ikan Koi

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang menjadi idaman para kolektor. Di Indonesia sendiri ikan koi juga sangat populer dan hampir semua orang pasti mengetahuinya. Ternyata terdapat banyak sekali jenis-jenis ikan koi.

Ikan hias air tawar ini dijual dengan harga yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Maka dari itu jika kamu tertarik untuk membeli dan memelihara seekor ikan koi, sebaiknya kamu mengenali lebih dulu jenis-jenis ikan koi dan harganya.

Ikan koi berasal dari Jepang. Awalnya ikan koi ditangkap untuk dikonsumsi. Namun karena bentuk fisiknya yang indah dengan beragam macam corak, maka seiring waktu berkembang ikan koi dijadikan peliharaan dan ikan hias untuk menambah nilai estetika rumah.

Jenis-Jenis Ikan Koi dan Harganya

Jenis-jenis ikan koi termahal di dunia

Membedakan macam-macam ikan koi memang sulit. Hal ini dikarenakan corak yang ada di setiap badannya cukup banyak dan mirip-mirip. Tapi hal itu bukan tidak mungkin. Berikut berbagai macam jenis ikan koi mulai dari jenis-jenis ikan koi lokal hingga jenis-jenis ikan koi termahal.

1. Ikan Koi Goromo

Ikan koi goromo memiliki corak tepi biru atau hitam di setiap corak skala merah pada tubuhnya. Ada 3 sub jenis ikan koi goromo yang baru ditemukan sampai saat ini, yaitu ai goromo, budo goromo dan sumi goromo.

Ikan koi ai goromo mempunyai tepian warna biru di bagian dalam sisik merah. Budo goromo mempunyai tepian biru di luar skala merah sehingga menciptakan efek cluster yang mirip buah anggur. Sedangkan sumi goromo mempunyai tepian hitam di sisiknya yang membuat polanya seperti hampir semuanya hitam.

Ikan koi goromo dihargai mulai dari Rp. 1,8 jutaan. Tentu saja sangat sepadan dengan coraknya yang cantik.

2. Ikan Koi Hariwake

Ikan koi doitsu hariwake bisa dibilang sebagai jenis ikan koi yang paling mewah. Hal ini ditandai dengan warna tubuhnya yang putih keperakan layaknya sebuah mutiara. Corak-corak kuning muda juga ikut menempel di beberapa bagian tubuhnya yang lain. Siripnya pun berwarna putih.

Keunikan ikan koi hariwake lainnya terletak di kedua kelopak matanya yang mempunyai warna berbeda. Kelopak mata yang satu berwarna putih dan yang satunya lagi berwarna kuning. Kamu perlu uang sekitar Rp. 700 ribuan untuk bisa mendapatkan ikan koi eksklusif ini.

3. Ikan Koi Ogon

Ikan koi jenis ogon merupakan hasil persilangan antara ikan koi punggung kuning dengan ikan koi jenis shiro-fuji. Pada awal percobaan persilangan masih menghasilkan koi ogon yang belum berwarna emas. Namun setelah 6 kali persilangan dilakukan, maka akan menghasilkan generasi keturunan ikan koi ogon emas yang sangat eksotis.

Karena warna emasnya yang eksotis, harga ikan koi ogon cukup mahal, yaitu sekitar Rp. 1,5 juta.

4. Ikan Koi Goshiki

Koi goshiki hampir mirip dengan koi sanke yang sama-sama memliki corak topi merah di tubuhnya yang berwarna dasar abu-abu. Bedanya, selain siripnya, warna bagian punggung koi goshiki juga berwarna putih abu susu dengan garis-garis pendek yang melekat.

Dengan penampilan yang indah dan elegan tersebut, membuat ikan koi goshiki dibanderol mulai dari Rp. 700 ribuan.

5. Ikan Koi Kinginrin

Ikan koi kinginrin memiliki ciri-ciri tubuh mirip seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, membuat ia tampak seperti bukan ikan koi. Warna kuning ini disebabkan karena ikan koi jenis kinginrin juga merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis ikan koi persilangan.

Dengan harga sekitar Rp. 900 ribuan per ekornya, membuat ikan koi kinginrin termasuk ke dalam jenis-jenis ikan koi termahal.

6. Ikan Koi Hikarimono

Jenis koi yang satu ini memiliki warna dasar putih pucat disertai dengan pola hitam blur pada bagian punggungnya. Pola hitam ini menyerupai bentuk tulang dari ikan tersebut.

Karena keberadaannya yang mulai susah dan langka, ikan koi hikarimono dijual cukup mahal berkisar di harga Rp. 700 ribuan.

7. Ikan Koi Tancho

Tancho merupakan jenis ikan koi variasi dari jenis koi kohaku yang sangat populer. Ciri khas ikan koi tancho adalah satu-satunya pola merah yang ada di kepalanya. Pola merah ini memang hanya berjumlah satu dan muncul di kepala seakan-seakan seperti titik merah.

Walaupun unik dan berbeda, ikan koi tancho dijual tidak terlalu mahal dengan harga yang berkisar dari Rp. 125 ribu sampai Rp. 550 ribu.

8. Ikan Koi Taisho Sunke

Taisho sunke adalah salah satu jenis ikan koi tertua. Karena diburu oleh para kolektor ikan koi, maka kepopuleran taisho sunke sudah cukup mendunia. Keberadaannya juga sering ditemui di akuarium rumah ikan hias.

Corak ikan taisho sunke adalah pola overlay merah di atas warna dasar tubuhnya yang putih. Di pasaran ikan koi taisho sunke dijual seharga Rp. 500 ribuan.

9. Ikan Koi Showa Sansoku

Ikan koi showa sansoku tergolong jenis ikan koi dengan corak terbanyak. Showa sansoku mempunyai 3 corak warna yang berbeda. Akan terlihat sangat indah jika ia berenang bebas di kolam. Pada umumnya corak ikan koi showa sansoku berwarna hitam, merah gelap dan putih.

Karena keunikan dan warna coraknya, harga satu ekor ikan koi showa sansoku bisa mencapai Rp. 1 juta.

10. Ikan Koi Matsuba

Matsuba adalah jenis ikan koi yang dipadu dengan warna dasar metalik solid dan pola jaring berwarna hitam. Ikan koi matsuba dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu gin matsuba, ki matsuba dan aka matsuba. Gin natsuba berwarna dasar putih, ki matsuba berwarna kuning, sedangkan aka matsuba dibalut warna dasar merah.

Kamu bisa menemukan ikan koi matsuba di pasaran dengan harga sekitar Rp. 500 ribuan.

11. Ikan Koi Shiro Utsuri

Sama uniknya seperti ikan koi jenis tancho, ikan koi shiro utsuri memliki perpaduan 2 warna yang berbeda, yakni warna hitam pekat dengan putih bersih.

Karena memiliki warna dasar yang berbeda, jenis koi yang satu ini cukup diminati. Harga pasaran ikan koi shiro utsuri berkisar di Rp. 130 ribu sampai Rp. 300 ribu.

12. Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ki utsuri masih memiliki keturunan dari ikan koi shiro utsuri dan ikan koi hi utsuri. Warna dasarnya adalah hitam dan dipadukan dengan warna kuning terang yang terlihat elegan. Jenis koi satu ini juga banyak diminati karena cukup langka.

Harga satu ekor koi ki utsuri tidak jauh berbeda seperti saudaranya, yakni sekitar Rp. 130 ribu.

13. Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan koi hi utsuri adalah saudara dari koi shiro utsuri dan ki utsuri. Jenis koi ini memliki warna corak gelap yaitu hitam oranye dan merah muda. Ikan koi jenis ini cocok bagi kamu yang suka dengan warna-warna gelap. Variasi koi hi utsuri ada 2, yaitu gin ri hi utsuri dan doitsu hi utsuri.

Harga ikan koi hi utsuri adalah Rp. 125 ribu sampai Rp. 300 ribu. Semakin gelap warna merah oranyenya, maka semakin mahal harganya.

Sekian 13 jenis-jenis ikan koi dan harganya. Masih banyak jenis-jenis ikan koi lainnya. Tapi 13 jenis ikan koi di atas merupakan kumpulan jenis-jenis ikan koi yang menjadi favorit dan paling populer. Terima kasih telah membaca di Sudut Hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *