Breaking News
harga Poksay Mandarin

Harga Poksay Mandarin

Bagi pecinta burung pekicau, harga Poksay Mandarin memang menggiurkan. Sebagai burung pekicau ulung, tentu saja burung satu ini sangat diminati. Tidak sekadar suaranya, bulu yang dimiliki juga sangat indah.

Tidak heran jika burung cantik ini sangat dikagumi banyak orang. Harga burung pekicau ini memiliki perbedaan dari segi jenis kelamin. Untuk selengkapnya tentang harga burung pekicau ini, akan diulas lebih lanjut berikut.

Sekilas Tentang Burung Poksay Mandarin yang Kicaunya Merdu

Burung pekicau memang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Burung Poksay Mandarin merupakan salah satu pekicau ulung sarat penggemar. Burung cantik ini memiliki ciri utama di bagian lingkar matanya.

Lingkar matanya putih, kontras dengan keseluruhan bola mata yang hitam. Selain itu, bulunya mayoritas berwarna abu-abu, dengan jambul di atasnya. Uniknya lagi, warna jambul burung cantik ini adalah oranye.

Sangat kontras dengan warna bulu di keseluruhannya. Secara perilaku, Poksay Mandarin memiliki kebiasaan suka berkicau. Kicaunya begitu merdu, sehingga banyak dicari para kicau mania.

Tidak heran juga harga Poksay Mandarin di pasaran bisa sampai melejit. Harganya lebih tinggi jika memiliki riwayat memenangkan kontes. Burung cantik ini banyak dijumpai di daerah hutan-hutan pegunungan.

Selain itu, area seperti perkebunan juga menjadi tempat tinggal idealnya. Ciri lainnya dari burung pekicau ini adalah kebiasaannya yang suka berkoloni. Poksay Mandarin juga hidup berpasangan, dan mudah dikembangbiakan.

Varian dari burung pekicau ini sangat beragam, tergantung tempat tumbuhnya. Ada yang tumbuh di Kalimantan sehingga disebut Poksay Mandarin Kalimantan. Ada juga yang hidup di Sumatera, sehingga disebut juga Poksay Mandarin Sumatera.

Contoh Varian Burung Poksay yang Dapat Kamu Pilih

Sebelum lebih detail membahas harga burung Poksay Mandarin, mengetahui contoh variannya perlu kamu ketahui. Sebenarnya ada banyak varian burung Poksay ini, dengan penamaan berupa daerah habitatnya.

Selain akan membahas jenis burung pekicau ini, jenis jantan dan ciri-cirinya juga akan dibahas lebih jauh. Tujuannya agar saat membeli, harga Poksay Mandarin yang kamu bayar tepat sasaran.

  1. Poksay Mandarin Kalimantan

Ciri khas utama dari burung Poksay dari Kalimantan adalah lingkar matanya yang kuning. Selain itu, ada mahkota atau jambul dengan warna kecokelatan. Warna bulu tersebut ternyata juga sampai ke bagian pipi, sehingga mempercantik tampilannya.

Makanan burung cantik ini juga sangat beragam. Kamu bisa memberikannya buah seperti pisang dan pepaya. Ada juga Poksay yang cocok mengonsumsi belalang dan aneka serangga lain.

Burung cantik ini juga bisa kamu dapati di kawasan pegunungan dan perkebunan Kalimantan. Makanan alami burung jangan sampai terlewatkan, agar kicaunya lebih optimal.

  1. Varian Burung Jantan

Harga Poksay Mandarin memang bervariasi, tetapi paling mahal adalah jenis jantan. Burung jantan disukai karena memang suaranya yang terkenal keras. Cocok sebagai burung kontes, yang memang sangat dinanti kicaunya.

Suara burung Poksay jantan memang sangat lantang, tetapi perlu perawatan khusus. Jika kamu tertarik ingin membeli, harga yang biasa ada di pasaran berkisar Rp2.000.000.

  1. Poksay Mandarin Ombyokan

Jika sedang mencari harga Poksay Mandarin yang lebih terjangkau, jenis Ombyokan bisa dipilih. Harganya paling terjangkau dari varian lain. Walau demikian, kicau yang dimiliki sebenarnya tetap menarik.

Untuk harga varian ini, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp1.000.000 hingga Rp1.500.000. Pakan yang disukai juga tergolong mudah didapat, seperti buah dan serangga kecil.

  1. Poksay Mandarin Sumatera

Ciri utama Poksay Mandarin Sumatera bisa dilihat dari lingkar matanya. Lingkar mata burung cantik ini memiliki warna putih yang mencolok. Selain itu, ada mahkota yang berwarna kecokelatan menyerupai jambul.

Untuk jenis Poksay ini, terdapat dua subspecies yang semua tersebar di Sumatera. Harga Poksay Mandarin varian ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Bisa berkisar mulai dari Rp500.000. Akan tetapi, tergantung juga di mana kamu membeli.

Cara Merawat Burung Poksay Agar Masa Hidupnya Lama

Harga Poksay Mandarin bisa mencapai jutaan rupiah. Tentu saja dengan harganya yang tinggi, harus diimbangi dengan perawatan intens. Jangan sampai sudah beli dengan harga mahal, malah burung tidak mampu bertahan lama.

Perawatan burung Poksay ini sebenarnya mudah, layaknya pekicau pada umumnya. Syaratnya harus telaten, serta peka terhadap kondisi burung. Beberapa cara berikut, menarik untuk kamu lakukan.

  1. Mandikan Burung

Burung, jenis apa saja pasti harus dimandikan sebagai perawatan utama, memandikan burung ini berguna untuk menghilangkan kotoran hingga jamur yang menempel. Selain itu, proses memandikan juga berguna agar Poksay Mandarin tidak mudah stress.

Untuk waktu memandikan, sebaiknya lakukan pada pagi hari. Konsisten memandikan burung tersebut, agar kesehatannya terjaga.

  1. Jemur Burung

Tidak sebatas konsisten memandikan. Kamu juga harus rajin menjemur burung agar bulunya tidak berjamur. Pasca dimandikan, biarkan dahulu bulu agar mongering alami. Cara ini juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan dari gangguan penyakit.

Tempatkan burung di sangkar, letakkan di tempat teduh, tapi terkena sinar. Jangan langsung letakkan sangkar di terik matahari. Sembari berjemur, coba beri pakan jangkrik, ulat, hingga buah, setidaknya 3 ekor.

  1. Lakukan Pengembunan

Harga Poksay Mandarin yang tergolong tinggi memang harus dirawat intens. Seperti melakukan pengembunan setiap paginya. Proses ini merupakan tahapan mencari udara segar untuk burung kicau ini.

burung dalam sangkar bisa diletakkan setiap subuh beberapa saat, kemudian taruh ke dalam kembali. Tujuannya agar udara segar yang masuk ke tenggorokan dapat merawat suaranya. Selain itu, hal ini akan membuat Poksay Mandarin merasa nyaman.

  1. Beri Pakan Sehat

Hal lain yang harus diperhatikan dalam perawatan burung kicau ini adalah pakannya. Beri pakan secara intens, jangan sampai salah dalam pemilihan jenisnya. Pakan burung Poksay ini sebenarnya sangat mudah.

Bahkan, kamu bisa menjumpainya di pasaran atau toko khusus perlengkapan burung. Pakan pertama yang bisa kamu berikan adalah buah-buahan. Buah memang cocok sebagai pakan, karena pada dasarnya di alam bebas juga Poksay memakan buah.

Contoh yang dapat kamu berikan sebagai konsumsi adalah anggur merah dan pisang. Bisa juga memilih jenis buah lain seperti pepaya dan alpukat. Cari buah dengan tekstur lembut agar dapat dicerna.

Selain buah, hewan serangga kecil juga menjadi favorit Poksay Mandarin. Kamu bisa memberikan kroto, jangkrik, dan sejenisnya. Pastikan berikan kroto yang segar, agar tidak menimbulkan gangguan pencernaan.

Daftar Harga Poksay Mandarin Terbaru, Berdasarkan Jenisnya

Burung cantik ini memang sangat disukai kicau mania karena kemampuannya. Selain itu, jenisnya sangat bervariasi sehingga menambah banyak pilihan. Harga Poksay Mandarin terkenal tinggi, karena memang kemampuan kicaunya tergolong ulung.

Ada beberapa jenis Poksay yang dapat kamu dapati di beberapa daerah. Mulai dari Burung Poksay Hongkong, Medan, Jambul Putih, dan sebagainya. Selengkapnya untuk daftar harga burung Poksay Mandarin, akan diulas di tabel berikut.

Jenis Harga Pasaran Usia
Burung Poksay Hongkong Rp3.500.000 Bakalan
Poksay Jambul Putih Rp1.500.000 Bakalan
Poksay Jambul Rp1.100.000 Bakalan
Burung Poksay Mandarin Rp920.000 Bakalan
Burung Poksay Sumatra Rp895.000 Bakalan
Burung Poksay Medan Rp480.000 Bakalan
Burung Poksay Hitam Rp350.000 Bakalan

Ternyata burung pekicau memang memiliki harga jual tinggi. Seperti halnya pada burung Poksay berbagai jenis. Harga Poksay Mandarin yang tinggi, juga bisa menjadi prospek usaha tersendiri untuk budidaya.