Harga lobster air tawar

Harga Lobster Air Tawar

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga lobster air tawar – Indonesia terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah. Kekayaan sumber daya alam Inodnesia tersebut meliputi hewan-hewan konsumsi yang ada di laut dan air tawar. Dari sekian banyaknya jenis ternak hewan air tawar, salah satu yang paling digemari adalah lobster. Karena permintaan pasar yang tinggi, harga lobster air tawar beberapa tahun terakhir terus melonjak.

Lobster merupakan makanan yang kaya akan gizi dan rasa yang gurih. Oleh sebab itu, meski harga lobster air tawar per kg terbilang mahal, minat konsumen tetap tidak surut untuk membelinya. Bagi para konsumen sendiri, lobster air tawar dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai macam makanan kuliner sea food. Di restoran sea food¸ keberadaan menu berbahan lobster air tawar sudah dapat dipastikan ada.

Sedangkan bagi para pengusaha, budidaya lobster air tawar merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Usaha budidaya lobster ini dapat dijadikan pilihan usaha bagi para pemula karena dinilai sederhana dan mudah untuk dilakukan. Walaupun habitat asli lobster air tawar adalah rawa, danau dan sunga-sungai, namun dengan berbagai macam sarana yang sekarang sudah tersedia, kamu tetap bisa membudidayakannya.

Jenis-Jenis Lobster Air Tawar

Karena harga jual yang lumayan tinggi, semakin banyak orang berminat untuk membuka usaha budidaya lobster air tawar. Tapi, sebelum memulai hal tersebut, ada baiknya mengenali jenis-jenis lobster air tawar terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis lobster air tawar yang biasa dijual di pasaran.

1. Marron (Cherax Tenuimanus)

Lobster air tawar jenis marron ini dikenal sebagai lobster yang unik. Karena, jenis marron ini memiliki berbagai macam warna pada tubuhnya. Lobster air tawar marron ini bisa hidup pada suhu air dengan pH 6 sampai 8.

2. Yabby (Cherax Destructor)

Jenis yang kedua ini merupakan yang paling populer dikalangan jenis lobster air tawar. Jenis yang berasal dari keluarga Parastacidae ini begitu terkenal karena ukuran tubuhnya yang besar. Bahkan ukuran capitnya hampir menyamai besar tubuhnya.

Panjang satu ekor lobster air tawar yabby bisa sampai 30-50 cm dengan bobot 300-500 gram. Namun, karena sifat kanibalisme tinggi yang dimilikinya, membuat banyak orang enggan membudidayakannya.

3. Red Lobster (Procambarus Clarkii)

Sesuai dengan namanya, jenis lobster air tawar yang terakhir ini memiliki tubuh berwarna merah. Untuk jantannya berwarna merah bata. Sementara yang betinanya berwarna oranye kemerah-merahan. Jika dibandingkan dengan jenis lain, jenis lobster merah yang satu ini terbilang kecil. Panjang tubuhnya hanya mampu mencapai 12 cm saja dengan berat 75-100 gram.

Pakan Lobster Air Tawar

Lobster adalah hewan omnivora atau pemakan segala. Oleh karena itu, kamu bisa merasa sedikit lega karena berbagai jenis pakan dapat dimakannya. Namun, tentu saja kamu harus memperhatikannya, hanya pilih pakan-pakan yang cocok dan bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan lobster. Berikut beberapa makanan lobster air tawar agar cepat besar.

  • Pelet khusus LAT
  • Pelet udang
  • Sawi
  • Toge
  • Wortel
  • Plankton
  • Eceng gondok
  • Selada air
  • Kutu air
  • Usus ayam
  • Jentik nyamuk
  • Cacing darah

Peluang Budidaya Lobster Air Tawar

Bagi kamu yang masih pemula tapi ingin mencoba berusaha budidaya lobster air tawar, kamu tidak perlu lahan yang terlalu luas, cukup gunakan halaman sekitar rumah. Kolam dengan luas kira-kira 1m x 1m dirasa sudah cukup untuk menghasilkan 1 kg lobster. Namun, agar mendapatkan lobster dengan perkembangan yang baik, lobster membutuhkan kandungan oksigen yang terlarut di atas 4 ppm.

Pada cara budidaya lobster ekstensif, biasanya kamu cukup menaruh indukan lobster pada kolom ketika masa kolam dikeringkan secara berkala. Kemudian lobster yang sudah berukuran cukup besar dan siap dijual, diambil sementara sisanya dikembalikan ke dalam kolam tersebut.

Sementara pada cara budidaya lobster intensif, kamu perlu memberi pakan lobster yang ada di dalam kolam dengan berbagai macam pakan termasuk sayur-sayuran dan pakan komersil. Namun, cara budidaya lobster air tawar secara intensif ini akan memberikan hasil yang lebih baik daripada cara ekstensif.

Media ternak lobster air tawar lain yang sering digunakan adalah kolam fiber (tank) dan kolam semen. Kedua jenis kola mini banyak digunakan untuk menumbuhkan lobster sampai sebesar burayak. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang membudidayakan lobster air tawar dalam skala perumahan.

Banyak orang menilai budidaya lobster lebih mudah dan cepat apabila dibandingkan dengan budidaya udang galah atau windu karena hasilnya yang lebih sedikit dan caranya yang relatif sedikit rumit. Yang pasti, dengan teknik dan cara yang tepat, semua orang berkesempatan meraup untung besar dalam usaha budidaya lobster air tawar.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara budidaya lobster air tawar dan harganya

Cara budidaya lobster air tawar tergolong mudah karena sifatnya yang tidak mudah stres dan tidak gampang terserang penyakit. Tapi, kamu harus dapat memastikan pasokan air berkualitas bagus yang cukup, kebutuhan pakan dan kebutuhan oksigennya agar lobster dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Bila dilihat dari siklus musim dan iklim, lokasi Indonesia mempunyai potensi yang cukup besar untuk melaksanakan usaha budidaya lobster ini sepanjang tahun. Frekuensi bertelur lobster yang bisa mencapai 5 kali dalam setahun bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Selain itu, sumber pakan alami yang juga tersedia cukup banyak di Indonesia akan sangat mendukung aktivitas budidaya. Dengan begitu, pakan lobster akan mudah diperoleh dan dengan pakan alami lobster mampu tumbuh lebih cepat.

Beri pakan sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari dan sore hari. Kemudian taruh juga lembaran daun ketapang di atas permukaan kolam agar lobster tidak kepanasan dan merasa teduh. Kamu juga dianjurkan membuat lubang pelindung di dalam kolam yang berbahan dasar pipa paralon.

Setelah 2 bulan berlalu sejak penaburan benih, seharusnya lobster air tawar sudah bisa dipanen. 1 kg lobster dapat berisi 10 sampai 15 ekor lobster. Seiring naiknya permintaan akan lobster, harga lobster air tawar konsumsi juga akan mengikutinya.

Harga Lobster Air Tawar

Harga lobster air tawar per kg biasanya dipengaruhi oleh jenis, ukuran dan lokasi pembelian. Tiap-tiap pasar di berbagai daerah Indonesia menjual lobster dengan harga yang berbeda, walaupun tidak jauh. Yang jelas, semakin besar ukuran lobster, maka semakin mahal juga harganya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada tabel daftar harga lobster air tawar per kg berikut ini.

JenisUkuranHarga
Clarkii Red3-4 inchRp. 23.000
Yabby2-3 inchRp. 28.000
Yabby3-4 inchRp. 43.000
Capit Merah2-3 inchRp. 10.000
Capit Merah3-4 inchRp. 17.000
Claw2-3 inchRp. 5.000
Claw3-4 inchRp. 12.000

Demikian informasi mengenai harga lobster air tawar konsumsi, per kg dan sesuai jenisnya. Bagi kamu yang mempunyai modal dan sarana cukup, usaha budidaya lobster air tawar bisa dijadikan pilihan untuk meraup keuntungan. Update terus artikel seputar lobster di Sudut Hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *