Breaking News
Harga Kucing Kampung

Harga Kucing Kampung

Dibanding ras lainnya, harga kucing kampung memang tergolong lebih murah, bahkan ada yang bisa diadopsi secara gratis. Alasannya tentu saja karena kucing kampung mudah dijumpai berkeliaran di mana-mana dengan mudah.

Bahkan, terkadang pula ada yang tidak tertarik untuk memelihara hewan peliharaan satu ini. Padahal, sebenarnya kucing kampung memiliki daya tarik tersendiri serta tidak jauh berbeda dari ras atau spesies lainnya.

Selain itu, memelihara hewan satu ini lebih mudah dari segi perawatan sehari-harinya. Jika kamu tertarik untuk memelihara, sebaiknya cari tahu informasi harga kucing kampung terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengadopsinya.

Mengenal Kucing Kampung serta Jenis-jenisnya

Kucing kampung atau yang bahasa inggrisnya disebut sebagai domestic cat adalah ras kucing lokal atau domestik berketurunan campuran. Jenis ini juga biasa ditemukan hidup mandiri secara liar di berbagai tempat.

Berbeda dengan ras tertentu seperti Persia, Anggora, Scottish Fold, atau lainnya, jenis domestik ini tidak memiliki ras tertentu. Mereka berasal dari perkawinan campur berbagai ras dan telah beradaptasi dengan lingkungan.

Itulah sebabnya jenis ini dianggap lebih mudah beradaptasi, berinteraksi, serta tidak mudah terpapar penyakit. Oleh karena itu, jenis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memelihara hewan secara low budget.

Meski harga kucing kampung lebih murah dan sepintas terlihat sama saja, namun ternyata terdapat berbagai jenis ras domestik berdasarkan warnanya. Agar lebih paham, berikut ini adalah beberapa jenis kucing kampung:

  1. Warna Putih

Jenis ini cukup unik sebab memiliki bulu atau rambut berwarna putih bersih tanpa tambahan warna apapun. Kucing kampung berwarna putih paling banyak disenangi orang sebab terlihat cantik, bersih, dan anggun.

Umumnya, spesies ini berjenis kelamin betina dengan sifat hiperaktif, energik, senang bermain, dan pintar. Namun kekurangannya, jenis ini tidak pandai berburu atau berkelahi serta mereka cenderung lebih rentan terserang penyakit.

  1. Warna Hitam

Berbanding terbalik dengan spesies berwarna putih, ras domestik berwarna hitam memiliki kesan lebih garang dengan warnanya yang gelap. Bahkan, banyak orang yang menganggapnya identik dengan mitos sebagai hewan pertanda sial.

Padahal, mitos tersebut tidak beralasan karena nyatanya kucing hitam termasuk jinak serta menarik untuk diadopsi. Karakternya cukup aktif, penurut, serta terampil berburu, dan karena berwarna gelap mereka tidak mudah kotor.

  1. Warna Merah Bata (Kucing Oren)

Pernah mendengar istilah kucing oren alias oranye? Jenis satu ini memiliki warna kuning kemerahan seperti merah bata dan merupakan salah satu ras domestik paling banyak dijumpai dengan karakter yang menyenangkan.

Meski umumnya bersifat pemalas, ceria, setia, penurut, serta suka makan, mereka juga pandai berkelahi sehingga lekat dengan imej barbar. Namun, mereka lebih suka berada di rumah dan kurang mahir berburu.

  1. Warna Putih Merah Bata (Putih Oren)

Sebagaimana jenis merah bata, jenis putih oranye memiliki bercak serupa namun dengan tambahan kombinasi warna putih di tubuhnya. Umumnya, mereka sifatnya sangat aktif, cepat beradaptasi, dan sangat senang diajak bermain.

Karena sangat aktif, kebanyakan di antara mereka suka berkelahi saat beranjak dewasa. Jenis ini juga memiliki keterampilan berburu yang baik, namun kekurangannya adalah mereka bersifat sedikit pemalas dan suka tidur.

  1. Warna Hitam Putih

Selanjutnya, ada perpaduan hitam putih yang cukup unik sebab karakternya tidak menyukai perkelahian serta cenderung pemalas. Sebagai peliharaan, mereka mudah diatur namun beranjak dewasa cenderung akan berubah lebih susah diatur.

Daya tarik utamanya adalah kombinasi warnanya yang unik, bahkan beberapa ada yang memiliki corak menyerupai kumis. Selain itu, harga kucing kampung ini termasuk kategori terjangkau dengan perawatan yang juga mudah.

  1. Warna Belang Tiga (Kembang Telon)

Jenis berwarna belang tiga biasa disebut sebagai kembang telon, yaitu dari kata kembang (bunga) serta telon atau (menyatu). Asal usul nama tersebut adalah dari kombinasi tiga warna unik di tubuhnya.

Umumnya, kembang telon memiliki corak 3 warna, hitam, putih, dan kecokelatan. Mayoritas jenis ini adalah betina, senang berburu atau berkelahi, memiliki banyak keterampilan, dan lebih suka berada di luar rumah.

  1. Warna Abu-Abu Loreng (Klawuk)

Terakhir, ada klawuk atau jenis yang bercorak loreng warna abu-abu, terkadang disertai dengan paduan warna putih. Mereka termasuk jenis yang paling mudah dirawat sebab cenderung tidak rewel serta mudah dilatih.

Selain itu, harga kucing kampung ini terjangkau serta memiliki karakter menyenangkan dan sangat lucu. Jika kamu tertarik memelihara hewan yang pintar dan mudah dilatih bermacam-macam hal, cobalah untuk mengadopsi klawuk.

Setiap jenis tersebut memiliki corak warna, sifat atau karakter, serta harga kucing kampung yang juga berbeda-beda satu sama lain. Apapun jenisnya, pilihlah hewan peliharaan sesuai dengan keinginan serta kemampuan memelihara

Kelebihan Memelihara Ras Kucing Kampung

Meski dianggap kurang menarik bagi sebagian orang, namun sebenarnya terdapat banyak kelebihan dari memelihara ras domestik ini. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa kelebihan dari ras kucing kampung sebagai hewan peliharaan:

  1. Lebih ramah dan mudah berinteraksi dengan manusia, meskipun ada yang bersifat liar namun mereka bisa dilatih menjadi jinak.
  2. Harga kucing kampung lebih murah, bahkan terkadang tidak perlu dibeli sebab bisa diadopsi secara gratis atau diambil dari lingkungan sekitar tempat tinggal.
  3. Lebih mampu beradaptasi serta daya tahan tubuhnya lebih kuat, sehingga biaya perawatannya pun lebih murah, mudah dan praktis.
  4. Memiliki karakter unik, menyenangkan, lincah, dan bisa diajak bermain atau dilatih hal-hal tertentu, misalnya mengejar tikus atau hewan lain.
  5. Risiko dicuri orang lain sangat kecil, sebab karena sebagian besar orang berpikir bahwa harganya sangat murah atau bahkan tidak memiliki nilai jual.

Cara Merawat Kucing Kampung yang Baik dan Benar

Jika kamu sudah memutuskan untuk memelihara kucing kampung, sebaiknya pelajari bagaimana cara merawat yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat agar kucing lebih sehat dan panjang umur:

  1. Rutin membersihkan dengan cara memandikannya menggunakan air hangat dan sampo. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk atau hair dryer serta membersihkan bagian telinganya dengan menggunakan cotton bud.
  2. Berikan mereka makanan dengan nutrisi sesuai secara teratur. Meski daya tahan tubuhnya lebih baik, sebaiknya jangan memberi makanan secara sembarangan agar tidak mudah sakit.
  3. Agar lebih cepat gemuk, cobalah beri nutrisi tambahan seperti vitamin, ekstra protein dari daging-dagingan, atau susu bebas laktosa sebab kucing tidak bisa mencerna susu biasa.
  4. Buatkan kandang dan latih mereka agar terbiasa masuk serta tinggal di kandang tersebut.
  5. Berikan nama panggilan yang lucu dan menarik agar menjadi lebih akrab dan kucing tersebut merasa lebih nyaman.
  6. Untuk anak kucing yang baru lahir, sebaiknya biarkan mereka menyusu pada induknya sampai beberapa bulan. Jika tidak ada, cobalah mencari induk pengganti atau beri susu dan makanan khusus bayi kucing.

Informasi Harga Kucing Kampung Berdasarkan Jenis dan Usia

Setelah mengetahui cara merawatnya, berarti kamu sudah siap memelihara kucing kampung dengan baik. Berikut ini adalah rentang harga yang perlu dibayarkan untuk memelihara ras domestik berdasarkan jenis dan usianya:

Jenis Kucing Kampung Usia (Bulan) Perkiraan Harga
Warna Putih 3-4 bulan Rp100.000,00
Warna Hitam 3-4 bulan Rp100.000,00
Warna Merah Bata 3-4 bulan Rp100.000,00
Warna Putih Merah Bata 5 bulan Rp150.000,00
Warna Hitam Putih 5 bulan Rp150.000,00
Belang Tiga (Kembang Telon) 4 bulan Rp250.000,00
Kucing Kampung Klawuk 2 bulan Rp200.000,00

Meski harganya murah, namun memelihara kucing kampung memang lebih mudah perawatannya. Jika Anda tidak bisa mengadopsi secara gratis, informasi harga kucing kampung di atas bisa dijadikan sebagai referensi.