Breaking News
Harga Ikan Toman

Harga Ikan Toman

Harga ikan toman di Indonesia cukup beragam dan sedikit mahal. Ikan toman sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias yang jarang diketahui oleh orang-orang tetapi cukup populer dikalangan pecinta ikan.

Sayangnya ikan ini tergolong cukup berbahaya karena bersifat buas dan bisa menjadi predator bagi ikan hias lainnya. Tentu ketika memelihara ikan tersebut, kamu harus membedakan tempatnya dengan ikan-ikan lainnya.

Satu hal yang membuat ikan ini cukup digemari sebagai ikan hias lantaran bentuknya yang lucu, unik dan memiliki warna cantik. Ukuran ikan toman sebagai ikan hias sebenarnya cukup mahal dan hal ini sebanding dengan harganya.

Mengenal Ciri-ciri Ikan Toman

Bagi sebagian orang, nama ikan toman mungkin masih sangat asing karena memang tidak terlalu banyak orang yang memperjual belikannya. Padahal bagi pecinta ikan, hewan ini cukup sering mereka temui dan menjadi santapan.

Ikan toman adalah salah satu spesies yang berasal dari Kalimantan. Harga ikan toman bahkan cukup mahal dan untuk satu ekornya bisa mencapai hingga Rp 17 juta rupiah. Mahalnya ikan tersebut lantaran sangat sulit untuk menangkapnya karena habitatnya berada di daerah perairan yang sulit dijangkau.

Selain itu, ikan toman bersifat agresif sehingga pemancing juga tidak boleh kalah gesit. Selain membahas hal tersebut, supaya bisa membedakan dengan spesies lainnya, ikan toman memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berkepala Seperti Ular

Ikan toman merupakan salah satu spesies yang memiliki bentuk kepala menonjol. Secara sekilas memang terlihat seperti ikan gabus atau kepala ular tetapi mereka memiliki bentuk kepala sedikit meruncing.

Tentunya bentuk seperti ini sangat mendukung pergerakan ikan sehingga lebih cepat. Bahkan dengan bentuk kepala seperti itu, ikan toman akan leluasa membelah perairan dan berenang sekencang mungkin.

  1. Bentuk Tubuh Memanjang

Salah satu yang unik dari ikan toman adalah memiliki bentuk tubuh memanjang dan langsing seperti torpedo sehingga mereka bisa bergerak cepat. Jadi, tidak heran jika ikan ini termasuk predator yang ditakuti dan cukup tangguh.

Hal ini karena setiap mengejar mangsa, maka incarannya tidak akan pernah lolos. Faktor ini juga menjadi penyebab kenapa harga ikan toman cukup mahal.

  1. Mulut Lebar dan Gigi Runcing

Ciri lainnya dari ikan toman yang membedakannya dengan spesies lain adalah memiliki bentuk mulut lebar dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Selain itu, ketika membuka mulutnya juga cukup dalam. Di dalam mulut tersebut terdapat gigi-gigi ikan toman yang tajam dan runcing sehingga bisa melukai benda apa saja.

Manfaat dari Ikan Toman

Harga ikan toman sampai saat ini memang tergolong mahal tetapi masih cukup diminati. Hal ini karena manfaatnya yang cukup banyak salah satunya adalah untuk kesehatan tubuh.

Ikan toman juga menjadi salah satu hewan air yang kaya akan protein serta asam amino esensial. Jadi, sudah pasti dengan mengkonsumsinya akan memberikan begitu banyak manfaat dalam bidang kesehatan, contohnya adalah:

Kamu bisa menyembuhkan kulit luar jika kerap mengkonsumsi ikan toman karena proses tersebut membutuhkan cukup protein untuk membentuk kolagen. Rasa dari ikan ini juga cukup lezat tidak kalah dengan jenis ikan lainnya.

Ketika seseorang sering mengkonsumi ikan toman dan khususnya dalam batasan tertentu, maka bisa menurunkan risiko kanker. Secara tidak langsung kamu juga akan memberikan nutrisi kepada otak sehingga bisa bekerja. Harga ikan toman yang mahal memang sangat cocok untuk menyehatkan jantung serta kamu harus mulai menanam cabe serta

Jenis-jenis Ikan Toman yang Beragam

Di Indonesia ikan toman terdapat dalam beberapa jenis yang berbeda dan salah satunya adalah toman hijau. Ikan tersebut bahkan cukup popular:

  1. Ikan toman hijau

Ikan toman hijau adalah salah satu jenis hewan yang banyak disukai untuk dijadikan peliharaan daripada diikonsumsi. Hal ini karena ikan tersebut memiliki warna hijau yang cantik.

Selain itu, nuansa ikan ini juga sangat eksotis sehingga lebih banyak dipelihara saja. Harga ikan toman spesies ini biasanya dijual dengan harga terjangkau, yaitu mulai Rp 40.000,- sampai Rp 100.000,- per ekornya.

  1. Ikan Toman Blume Maru

Ikan toman blume maru adalah satu spesies yang sangat cantik dengan warna sisiknya dominan biru. Selain itu pada bagian kepalanya terdapat aksen warna silver dan gold sehingga tampa semakin indah.

Untuk ikan toman versi ini lumayan banyak dicari orang karena manfaatnya ketika dikonsumsi serta kecantikannya yang bisa dijadikan hiasan. Harga ikan toman per kilogramnya mencapai Rp 50.000,- per ekor.

  1. Ikan Toman Yellow Maru

Ikan toman yellow maru bisa dikatakan sebagai salah satu hewan air yang paling disukai oleh pecinta ikan. Perpaduan warna kuning dan hitam terlihat mencolok dan sangat tajam sehingga menimbulkan kesan cantik. Ikan yellow maru terlihat lebih eksotis dan termasuk spesies yang mahal. Untuk satu ekornya bisa dihargai mulai Rp 200.000,-.

  1. Ikan Toman Harimau

Seperti namanya bahwa ikan toman jenis ini memiliki corak tubuh menyerupai harimau dengan dominasi warna sisiknya adalah hitam. Ikan jenis ini faktanya bisa tumbuh sangat besar hampir setengah badan manusia dewasa.

Harga dari ikan toman harimau sendiri cenderung lebih mahal, yaitu mulai Rp 200.000,- per ekornya. Selain memiliki warna cantik, ikan ini sangat susah untuk ditangkap karena memiliki habitat yang sulit dijangkau. Semua ikan toman memiliki habitat di sungai dan rawa yang memiliki perairan air tawar.

Harga Ikan Toman yang Terbaru

Selain yang telah disebutkan di atas, tentunya masih ada banyak jenis ikan toman yang harus kamu ketahui harganya. Ikan ini juga bisa kamu temukan di Malaysia, Yogyakarta, Jakarta dan kota lainnya.

Harga dari ikan toman juga cenderung mahal untuk satu ekornya. Beberapa diantaranya bahkan bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Jenis Ikan Toman & Ukurannya Harga Ikan Toman termahal
Ikan Toman Hias Blume Maru 10 cm  IDR 80.000
Ikan Toman Hias Blume Maru 15 cm  IDR 150.000
Ikan Toman Hias Blume Maru 20 cm  IDR 200.000
Ikan Toman Hias Blume Maru 30 cm  IDR 300.000
Ikan Toman Hias Redline Maru 10 cm  IDR 250.000
Ikan Toman Hias Redline Maru 15 cm  IDR 500.000
Ikan Toman Hias Redline Maru 20 cm  IDR 1.000.000
Ikan Toman Hias Redline Maru 30 cm  IDR 2.000.000
Ikan Toman Hias Yellow Maru 10 cm  IDR 10.000.000
Ikan Toman Hias Yellow Maru 15 cm  IDR 20.000.000
Ikan Toman Hias Yellow Maru 20 cm  IDR 50.000.000
Ikan Toman Hias Yellow Maru 30 cm  IDR 100.000.000
Ikan Toman Konsumsi 1 Kg  IDR 50.000

 

Harga ikan toman tersebut merupakan patokan dan pastinya kamu bisa membeli ikan toman di berbagai penjual ikan hias di pasaran maupun toko khusus. Daerah yang paling banyak ditemui spesies tersebut adalah Sumatera dan Kalimantan.

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai ikan toman, maka kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu. Pastinya kamu juga harus menyesuaikan dengan standar harga tersebut harga ikan toman.