Breaking News
harga burung wambi

Harga Burung Wambi

Harga burung wambi di Indonesia faktanya buat merogoh kocek lebih dalam. Apalagi spesies tersebut sampai saat ini sudah tergolong langka dan susah untuk ditemukan sehingga tidak jarang orang-orang memberikan harga yang pantas.

Meskipun cukup mahal dan susah ditemukan namun burung wambi masih memiliki banyak penggemar. Terlebih para kicau mania yang menyukai keunikan serta kicauan dari burung wambi ini.

Bahkan memelihara burung saat ini bukan hanya sekedar hobi untuk mendengarkan kicauannya. Melainkan, tidak jarang hobi ini berbalik menjadi cuan jika serius untuk merawat dan membudidayakannya.

Mengenal Apa Itu Burung Wambi

Burung wambi adalah salah satu spesies yang ada di Indonesia. Namun, sebenarnya asal burung ini bukan asli Indonesia melainkan dari negeri Tirai Bambu atau China,

Sebenarnya burung ini cukup banyak ditemui tetapi sayangnya untuk saat ini sudah mulai susah didapatkan. Jadi, banyak orang yang memilih untuk membelinya saja daripada harus menangkap sendiri meskipun harga burung wambi cukup mahal.

Perlu diketahui juga bahwa burung wambi awal mulanya diimpor dari China kemudian berkembang biak sehingga populasinya cukup banyak di Indonesia. Tetapi untuk saat ini sudah berkurang jauh.

Walaupun begitu, jenis burung ini adalah salah satu spesies yang susah untuk ditangkap tetapi hal ini sebanding dengan kualitas burungnya. Bahkan burung wambi dikenal lantaran memiliki kicauan yang indah.

Jadi, tidak heran jika banyak orang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk satu ekor burung wambi. Memang harga burung wambi tergolong mahal karena proses penangkapannya yang sangat susah.

Selain itu, burung wambi memiliki karakteristik badan yang sedikit mungil dan gembul. Kemudian warna bulunya didominasi oleh warna coklat dengan aksen hitam keabuan pada bagian ekor dan ujung bulu yang lainnya.

Pada bagian bulu di sekitar matanya berwarna putih dan terdapat corak sedikit memanjang sekitar 0,5 cm. Kemudian pada bagian paruhnya berwarna kuning kecoklatan.

Ukuran burung ini sebenarnya juga cukup kecil dibandingkan jenis burung kicau lainnya tetapi badannya cukup berisi. Namun, yang paling menarik adalah burung wambi hanya akan berkembang biak dengan satu pasangan saja.

Jadi, jika pasangannya meninggal atau hilang mereka akan berhenti mencari dan berujung stres. Sebelum membahas harga burung wambi, mari simak habitat dan populasi burung wambi di Indonesia.

Habitat dan Populasi Burung Wambi di Indonesia

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa burung wambi sebenarnya merupakan spesies impor dari China. Hal ini bahkan tidak diketahui kapan pastinya burung wambi mulai diimpor.

Namun, yang jelas sejak tahun 90-an hingga 2000-an populasi burung wambi terus bertambah. Sejak saat itulah pemerintah Indonesia berinisiatif untuk menghentikan aktivitas impor burung termasuk spesies wambi.

Kebijakan ini pastinya berdampak pada populasi burung wambi yang terus berkurang sehingga mulai sulit untuk ditangkap. Hal ini karena burung wambi berhenti untuk diimpor dan semakin sulit berkembang biak.

Jadi, tidak heran jika harga burung wambi semakin mahal karena langka. Dibalik populasi wambi yang kian berkurang, terdapat satu fakta unik yang perlu diketahui, yaitu burung ini memiliki sifat setia kepada pasangannya.

Jika pasangan burung tersebut mati atau tertangkap, maka mereka tidak akan mencari pasangan lagi. Faktor inilah yang menjadi penyebab utama langkanya burung wambi karena kesulitan berproduksi dan berakhir stres.

Namun, untuk soal makanan burung wambi termasuk hewan omnivora dan tidak pilih-pilih. Tetapi makanan yang paling umum dimakan adalah serangga dan buah-buahan.

Kemudian habitat burung wambi sebenarnya tidak terlalu susah. Mereka lebih sering berada di atas pohon-pohon yang ada di hutan. Meskipun begitu, kamu tidak akan bisa menangkapnya begitu saja karena mereka cukup sulit untuk ditaklukkan.

Jenis Makanan Burung Wambi

Harga burung wambi di Indonesia memang terus mengalami peningkatan dan hal ini sebanding dengan populasinya yang terus berkurang. Namun, untuk urusan makanan bisa dibilang burung ini tidak rewel.

Makanan untuk burung wambi bahkan mudah dicari dimana saja karena mereka termasuk dalam hewan omnivora atau pemakan segala. Namun, yang paling disukai burung wambi adalah jenis makanan seperti buah-buahan dan serangga.

Contohnya adalah pepaya, pisang, kroto, belalang, jangkrik dan serangga lainnya. Tidak jarang juga menemui burung wambi memakan cacing-cacing yang ia temukan di sekitar habitatnya.

Jadi, ketika memelihara burung wambi kamu tidak akan kesulitan perihal makanannya. Bahkan banyak orang yang mengatakan jika dalam memelihara spesies ini cukup mudah dan sama halnya dengan burung murai serta lainnya.

Bahkan ketika kamu bisa merawatnya dengan benar dan mengelola supaya burung wambi tidak mengalami stres, maka mereka akan memiliki suara kicauan yang berkualitas.

Burung wambi sendiri merupakan spesies yang memiliki suara kicauan merdu, lantang dan cukup nyaring. Namun, yang paling menarik adalah burung tersebut memiliki kemampuan unik yaitu meniru suara kicauan burung lainnya.

Pastinya untuk bisa memperoleh kualitas suara dari burung wambi, kamu harus rajin-rajin melatihnya, menjaga pola makan hingga memelihara tingkat stres burung wambi. Jadi, tidak heran jika harga burung wambi tergolong mahal.

Memberikan pakan berkualitas juga merupakan salah satu bentuk menjaga kesehatan dan kualitas kicauan burung itu sendiri. Jadi, ketika memelihara kamu mengetahui hal dasar ini.

Harga Burung Wambi di Indonesia

Saat ini memang telah banyak para pecinta burung yang memperjual belikan spesies burung wambi. Bahkan kamu akan menemui beberapa jenis mulai dari akan hingga indukan betina maupun jantan.

Harga burung wambi di pasaran juga cukup bervariasi dan hal ini tergantung dari tingkat kedewasaan dan kualitasnya. Kualitas yang dimaksud di sini adalah suara kicauan yang dimiliki.

Semakin sering penjual melatih suaranya sehingga menghasilkan kicaun nyaring, lantang dan merdu, maka harga burung wambi cenderung lebih mahal. Hal ini karena dalam proses pelatihan dan perawatannya yang cukup menantang.

Selain itu, sebagai gambaran kamu bisa melihat daftar tabel harga untuk beberapa jenis burung wambi yang ada di Indonesia. Pastinya harga ini hanya perkiraan sehingga bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah.

Jenis Burung Wambi Harga
Burung Wambi Anakan  Rp 2.200.000
Burung Wambi Betina  Rp 3.500.000
Harga Wambi Gacor  Rp 5.000.000
Burung Wambi Mini  Rp 2.500.000

Burung wambi tipe gacor memang cenderung jauh lebih mahal. Hal ini karena kata gacor yang dimaksud adalah suara burung wambi yang telah dilatih oleh penjual sehingga menghasilkan kicauan yang merdu dan lantang.

Namun, jika kamu membeli burung wambi dengan tujuan untuk dikembangbiakkan sebaiknya memilih jenis betina. Namun, bisa juga memilih anakan untuk dirawat dan dilatih sejak mereka masih kecil.

Selain itu, untuk bisa membeli burung wambi kamu bisa mencarinya diantara komunitas para pecinta burung. Hal ini bisa kamu temukan secara online maupun offline.

Pada dasarnya merawat burung wambi sama halnya dengan burung kicau lainnya. Namun, yang membedakan adalah burung ini mudah stres dan cukup langkan sehingga memungkinkan jika harga burung wambi di pasaran cukup mahal.