Breaking News
Harga Ayam pelung

Harga Ayam pelung

Membahas harga ayam pelung memang menarik karena memiliki harga yang berbeda sesuai dengan kualitas kokok. Makan berbeda jenis maka berbeda pula perawatannya dan bisa dirawat sesuai dengan suara kokok.

Ternak jenis ini cukup berbeda dengan jenis ternak lainnya karena perawatannya yang lebih spesial. Namun apakah bisa dikonsumsi, pertanyaan ini sering sekali dilontarkan oleh para penikmat kuliner.

Sebenarnya bisa-bisa saja namun umumnya ras pelung memiliki suara yang merdu dan identik dengan ayam jantan. Ras dari ayam ini berasal dari Cianjur Jawa barat dan berbeda dengan ayam bangkok ataupun ayam petarung yang digunakan untuk laga.

Jenis ras pelung bisa digunakan untuk perlombaan kokok ayam karena suaranya paling merdu dan selalu menjadi juara. Tentu akan sangat sayang mengkonsumsi ayam yang bisa membuat kamu mendapatkan pundi-pundi karena prestasinya.

Harga ayam pelung bisa melejit jika memiliki kokok atau suara merdu dan akan banyak orang-orang yang berminat untuk membelinya. Apalagi jika kamu mengikutkan ayam-ayam tersebut pada perlombaan dan membuatnya terlihat menonjol.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak membahas mengenai ras pelung ini sendiri, yang cukup berbeda dengan ternak pada umumnya karena kegunaannya bukan untuk dikonsumsi namun untuk mengikuti banyak lomba.

Seputar Ras pelung yang Sangat Unik

Seperti yang sudah dibahas di atas di mana ternak ini merupakan ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur Jawa barat sehingga berbeda dengan kebanyakan ayam karena diseleksi untuk penampilan fisik misalnya seperti suara hingga kokok yang panjang dan memiliki lagu.

Tentu saja ras pelung hanyalah ayam jantan, kamu bisa mengikutkan ras pelung untuk lomba. Ciri-cirinya adalah ukuran relatif besar dengan bulu berkilau meskipun tidak ada stkamur khusus untuk fisik namun umumnya berukuran tinggi 40 sampai 50 cm.

Harga ayam pelung tentu bervariatif karena tergantung suara dan tampilan fisiknya, bahkan ada sejarah menarik awal mula ras pelung dikenal luas di mana dulunya ada seorang petani dan tokoh agama dari desa Bunikasih yang memulai penangkaran.

Pada tahun 1850, petani dan tokoh agama bernama H. Djarkasih ini mengambil seekor ayam jantan muda kemudian diamati dan ternyata memiliki kokokan lebih panjang dari lainnya dan kemudian mulailah mengawin silangkan dengan ayam betina.

Apakah Ada Ras pelung Betina?

Jika kamu sering mengikutkan ayam jagoan pada kontes atau lomba tertentu maka ras pelung bisa menjadi salah satu ayam yang bisa dikamulkan. Bahkan ternak jenis ini juga memiliki penggemar penggemar fanatiknya sendiri.

Misalnya seperti pangeran Naruhito dari Jepang yang juga menaruh perhatian terhadap ras ayam tersebut dan membawa beberapa contoh untuk dikembangbiakan di Jepang. Tak heran jika harga ayam pelung bisa naik begitu pesat.

Lalu apakah ada yang mencari ras pelung betina di mana hingga saat ini ayam pejantan lebih digemari karena hanya ayam jantan yang bisa diikutkan kontes? Tentu saja kamu juga bisa memanfaatkan ayam betina karena penting untuk perkembangbiakan.

Ras pelung memang banyak dicari terutama yang memiliki kokoh panjang dan hanya pejantan yang memilikinya namun untuk betina, orang-orang akan memanfaatkannya untuk memperbanyak koleksi ras pelungnya.

Meskipun betina namun harga juga tak kalah mahal dengan ayam jantan yaitu bisa mencapai kisaran ratusan ribu rupiah apalagi jika berkualitas karena nantinya akan berpengaruh pada keturunan untuk dibudidaya.

Jadi jika kamu penasaran dengan harga ayam pelung putihnya dan menganggapnya lebih murah, tentu tidak. Harga untuk betina juga tak kalah mahal apalagi jika kualitas babon tersebut memiliki keturunan yang bagus.

Namun harganya juga akan fleksibel jika babon atau ras pelung betina memiliki keturunan yang kurang bagus atau kualitasnya menurun maka harganya pasti akan lebih murah Karena yang terpenting adalah kualitas keturunannya.

Makanan Ayam Pelung Pada Umumnya

Namun biasanya orang-orang yang menggemari lomba atau kontes ternak tertentu akan memilih membeli ayam jantan dan umumnya ras pelung memiliki bobot 5 sampai 6 kilo dengan tinggi 40 sampai 60 cm.

Untuk harga ayam pelung sendiri sangat bervariasi tergantung dengan kualitas ayam jadi benar-benar menyesuaikan kualitas tersebut. Jika sering diikutkan sebuah kontes tentu saja nantinya harganya akan lebih mahal apalagi jika berhasil memenangkan lomba.

Meskipun cukup spesial namun untuk makanannya sendiri sangat mudah karena yang terpenting kamu memberikan pakan yang sehat dan memberikan beberapa obat-obatan atau jamu.

Jangan lupa pula mengajak ayam-ayam berjemur untuk mendapatkan vitamin D, kan hal tersebut baik bagi ras pelung apalagi jika kamu memberikan vitamin khusus ayam untuk ketahanan tubuh.

Harga ayam pelung Terbaru dari Berbagai Daerah

Sebenarnya jika membahas tentang harga, setiap daerah pasti mematok harga berbeda-beda karena hal ini tergantung produsen dan penjualnya. Berikut contoh deretan harga untuk ras pelung yang berbeda-beda di setiap daerah:

  1. Cianjur, Jawa Barat

Lokasi penjualan di Cianjur sebagai kota asal dari ayam jenis ini bahkan cukup bermacam-macam jika membahas harganya karena tergantung pada kualitas ayam bahkan juga bergantung pada umurnya.

 

ras pelung memang merupakan salah satu jenis ras ayam yang berasal dari Cianjur Jawa barat jadi jenis ayam asli Cianjur ini memiliki banyak perbedaan dari jenis budidaya di tempat lain.

 

tak heran jika harganya bisa dikatakan cukup tinggi bahkan untuk anakan usia 3 bulan saja sudah dibanderol dengan harga sekitar bahkan Rp 400.000. Tentu akan berbeda jika kamu menanyakan harga ayam pelung yang sudah besar dan berkualitas.

 

  1. Kota Tangerang

Contoh lain di Kota Tangerang di mana tidak hanya Cianjur saja sebagai kota asal ras pelung, di kota lain ayam ini juga ramai diperjualbelikan. Tangerang juga merupakan kota yang populer akan ras ras pelung.

 

Di sini kamu bisa mendapatkan ayam yang berkualitas dan tentu jika kokoh merdu dan menawan maka harganya akan tinggi dan umumnya di kota Tangerang ayam-ayam akan dijual belikan secara berpasangan.

 

  1. Kota Kediri

Tidak hanya di Cianjur sebagai kota asal namun Kota Kediri juga cukup ramai diperjualbelikannya ras pelung dan harganya tentu bervariasi mulai dari harga anakan sampai harga ayam yang sudah dewasa.

Berikut daftar harga ayam per ekor sesuai dengan usia dan kualitas atau prestasinya:

  • Ras pelung Anakan 1 Bulan IDR 2300.000 – IDR 350.000
  • Ras pelung Anakan 2 Bulan IDR 350.000 – IDR 400.000
  • Ras pelung Anakan 3 Bulan IDR 340.000 – IDR 395.000
  • Ras pelung Anakan 4 Bulan IDR 395.000 – IDR 440.000
  • Ras pelung Anakan 5 Bulan IDR 458.000 – IDR 650.000
  • Ras pelung Jantan Dewasa IDR 750.000 – IDR 980.000
  • Ras pelung Jantan Dewasa Kontes IDR 1.050.000 – IDR 2.550.000
  • Ras pelung Putih Anakan 1 Ekor IDR 85.000 –  IDR 151.000
  • Ras pelung Betina 1 Ekor (Dewasa) IDR 459.000 – IDR 550.000
  • Ras pelung Juara 1 Ekor IDR 2.020.000 – IDR 2.550.000
  • Ras pelung Asli 1 Ekor IDR 850.000 – IDR 1.250.000
  • Ras pelung Cianjur 1 Ekor (5 Bulan) IDR 455.000 – 659.000

Jika membahas harga tentu setiap orang memiliki patokan harga yang berbeda namun dari tabel di atas kamu bisa mengetahui kisaran harga ayam pelung paling umum jika dilihat dari prestasi dan usianya.