Breaking News
Harga ayam merak

Harga Ayam Merak

Harga ayam merak sekarang tidak banyak diketahui. Kondisi tersebut bisa diwajarkan ayam merak sendiri bukan jenis ayam yang populer di masyarakat. Untuk kamu yang belum mengetahui, jenis ayam yang ada di luar sana sangat banyak.

Tentu setiap jenis memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Nantinya karakteristik dan kelebihan tersebut akan menjadi nilai jual utama dari ayam. Tentu ayam merak sendiri memiliki karakteristik dan kelebihan yang layak ditonjolkan.

Jika dilihat secara menyeluruh, karakteristik dan kelebihan tersebut terletak pada visualnya. Jika diklasifikasikan, ayam merak ini termasuk ke dalam golongan ayam hias. Bisa dikatakan, keindahan visualnya menjadi alasan utama mengapa penggemarnya terus meningkat.

Harga ayam merak sendiri memang didasari oleh keindahan visual yang dimiliki. Perlu diketahui, ayam ini tidak memiliki kicauan indah. Satu-satunya keindahan yang ditonjolkan terletak pada motif dan warna pada bulunya.

Namun ingat, ayam merak sendiri sekarang cukup sulit ditemukan. Bahkan hanya sedikit pihak di pasaran yang menjualnya. Kondisi langka ini bisa diwajarkan mengingat ayam merak sendiri tidak bisa berkembang biak dengan mudah.

Waktu perkembangbiakannya hanya dua kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, para peternak perlu cerdas dalam mengembangbiakannya. Karena kondisi ini juga, ada beberapa ayam merak yang memang termasuk ke dalam hewan langka yang dilindungi.

Harga Ayam Merak Berdasarkan Jenis

Harga ayam merak biasanya berdasarkan pada bulunya yang sangat eksotis. Dengan kondisi tersebut, banyak orang yang berusaha mendapatkannya walaupun harganya sangat izin dan perizinannya sering kali tidak mudah.

Namun sebelum mengetahui rincian dari harganya, akan lebih tepat jika mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis ayam merak yang ada di luar sana. Itu karena, jenis ayam merak sendiri bisa dikatakan sangat banyak.

Apabila kamu sedang mencari tahu mengenai beberapa jenis tersebut, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, ulasan mengenai jenis tersebut akan dirincikan.

  1. Java Green

Jenis pertama yang akan diulas ketika merincikan harga ayam merak adalah Java Green. Beberapa orang sering menyebut tipe Java Green ini dengan sebutan ayam merak hijau. Kondisi tersebut merujuk pada warna bulunya yang memang cenderung hijau.

Perlu diketahui, harga dari java green sendiri bisa dibilang sangat tinggi. Untuk ukuran sedang, tipe Java Green ini bisa memiliki harga di kisaran puluhan juta rupiah. Jangan terkejut dengan harga yang dimilikinya ketika sudah dewasa.

Itu karena, harga yang ditawarkannya bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor. Selain warnanya yang hijau, salah satu keunikan utama dari ayam ini terletak pada bulu ekornya. Itu karena, bulu ekor ayam ini terkenal sangat panjang.

  1. Biru

Tipe Biru adalah jenis selanjutnya yang wajib ditambahkan ketika mengulas harga ayam merak. Jika melihat dari karakteristik utama, ini bisa terlihat dari bulunya yang berwarna biru. Harganya sendiri bisa dibilang sangat tinggi.

Untuk anakan, ayam merak biru bisa dijual di angka 6 hingga 7 juta rupiah. Harganya bisa meningkat pesat ketika sudah dewasa. Itu karena, ayam merak dewasa bisa dijual pada kisaran 40 juta rupiah per pasang.

  1. India

Jenis terakhir yang perlu ditambahkan ketika mengulas harga ayam merak adalah tipe yang berasal dari India. Ayam merak jenis ini terkenal karena harganya sangat tinggi. Itu karena, anakannya saja dijual pada angka 25 juta rupiah per ekor.

Harganya akan semakin meningkat ketika ayam tersebut sudah tumbuh dewasa. Itu karena, harganya bisa mencapai angka 35 juta rupiah per ekor. Sebenarnya, ada juga tipe lain yang sangat langka yaitu merak putih.

Tips dalam Merawat Ayam Merak

Merawat ayam merak tidak bisa dilakukan secara asal. Jika asal, bukan tidak mungkin kesehatan ayam tersebut akan terganggu. Oleh karena itu, berikut tips lengkap dalam perawatannya.

  1. Kandang

Saat memperkirakan harga ayam merak, perhatikan juga biaya untuk kandangnya. Itu karena, kandang ini tidak bisa dibuat secara asal. Sebagai catatan, gunakanlah kandang berukuran luas karena ayam merak sendiri biasanya bergerak bebas ketika di alam.

  1. Pakan

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pakan. Perlu diingat, ayam merak sendiri termasuk ke dalam hewan karnivora. Oleh sebab itu, kamu bisa menyiapkan cacing tanah, dedaunan, hingga jangkrik sebagai pakannya.

  1. Produksi

Dalam memperkirakan harga ayam merak, jangan lupa juga untuk mengingat proses produksinya. Masa kawin ayam merak adalah dua kali per tahun. Untuk jumlah telur yang dihasilkan sendiri adalah sekitar 10 hingga 20 butir per ekor.

Ciri yang Pasti Dimiliki Ayam Merak

Masih ada beberapa orang yang kebingungan akan ciri dari ayam merak. Perlu diketahui, cirinya sendiri bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan ciri ini menjadi salah satu alasan mengapa harga ayam merak sangat tinggi.

  1. Kepala

Di bagian kepala, akan terlihat jambul yang berbentuk layaknya mahkota. Bagian paruhnya sendiri cukup panjang dan runcing. Ada juga bercak warna putih yang biasanya terlihat di bagian mata.

  1. Ekor

Bagian ekornya sendiri adalah titik yang paling indah. Di ekor tersebut, akan terlihat seutas bulu yang kondisinya seperti dirancang dan diwarnai.

  1. Tubuh

Tubuh dari ayam merak sendiri bisa mencapai 2 kaki. Angka tersebut bisa semakin meningkat ketika ekornya mekar. Itu karena, mekarnya ekor tersebut bisa menambah tinggi hingga 5 kaki.

Berikut Warna dari Ayam Merak

Warna dari ayam merak sendiri sebenarnya cukup bervariasi. Untuk jenis paling umum, coba saja lihat pada merak india. Merak tersebut biasanya memiliki perpaduan antara biru dan hijau. Selanjutnya ada juga merak jawa.

Untuk merak jawa sendiri, warnanya didominasi oleh hijau. Karakteristik utama bisa dilihat pada kepala dan jambulnya. Itu karena, merak india biasanya memiliki kepala dan jambul berwarna biru sedangkan merak jawa memiliki warna hijau di bagian tersebut.

Ada juga merak kongo yang memiliki perpaduan warna biru dan hijau. Hanya saja, merak ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Berikut Daftar Harga dari Ayam Merak

Jika kamu ingin memiliki merak sendiri, ada rincian harga yang perlu diperhatikan. Supaya lebih lengkap, berikut rincian harga tersebut.

Jenis Ayam Merak & Usianya  Harga Ayam Merak 2022
Merak Biru 3 s/d 4 Bulan (Per Ekor)  IDR 6.500.000 – IDR 7.000.000
Merak Biru 6 s/d 7 Bulan (Sepasang)  IDR 16.000.000 – IDR 17.000.000
Merak Biru 10 s/d 11 Bulan (Sepasang)  IDR 18.500.000 – IDR 19.000.000
Merak Biru Indukan Dewasa (Sepasang)  IDR 38.500.000 – IDR 39.000.000
Merak Putih 3 s/d 4 Bulan (Per Ekor)  IDR 7.000.000 – IDR 7.500.000
Merak Putih 6 s/d 7 Bulan (Sepasang)  IDR 17.000.000 – IDR 17.500.000
Merak Putih 10 s/d 11 Bulan (Sepasang)  IDR 20.000.000 – IDR 21.000.000
Merak Putih Indukan Dewasa (Sepasang)  IDR 40.000.000 – IDR 45.000.000

Perlu diingat, ayam merak merupakan salah satu spesies langka. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan perizinan dengan baik. Itu karena, harga ayam merak di atas menjadi percuma apabila perizinan tidak dimiliki.