Breaking News
harga ayam ketawa

Harga Ayam Ketawa

Mengetahui harga ayam ketawa memang penting, apalagi jika kamu tertarik ingin membelinya. Ayam ketawa ini memang dinamakan demikian karena suaranya mirip tawa manusia. Tentu jarang dimiliki jenis ayam lain, sehingga tergolong spesial.

Bahkan, di pasaran juga ayam ketawa tergolong yang harga jualnya tinggi. Bagi kalangan awam, tentu belum banyak yang mengenal tentang ayam ketawa ini. Informasi umum beserta harganya, akan diulas lebih lanjut di bawah ini.

Sekilas Tentang Ayam Ketawa yang Menarik Dikenali

Sebelum membahas lebih lanjut tentang harga ayam ketawa, kamu harus mengenal jenis binatang ternak unik ini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ayam ketawa unik karena suara yan dihasilkannya.

Suara dari ayam spesial ini mirip layaknya tawa manusia. Tentu jika dibanding dengan ayam berkokok biasa, jenis satu ini tergolong menarik. Ayam ketawa ini disebut memakai istilah demikian karena mengambil bahasa Makassar.

Kata Manu yang berarti ayam, serta Gaga yang artinya ketawa merupakan bahasa yang diambil dari Makassar, Sulawesi Selatan. Julukan tersebut akhirnya membuat banyak orang menyebut ayam ini dengan istilah ayam ketawa.

Ayam yang sebenarnya mirip dengan spesies pada umumnya ini dikenal sebagai pembawa hoki. Tidak heran pamornya di pasaran sangat melejit, hingga harga termahal bisa menyentuh Rp40 jutaan.

Ciri fisik ayam ketawa sebenarnya agak sulit dibedakan dengan ayam kampung pada umumnya. Akan tetapi, untuk lebih detail mengenalinya, ada beberapa yang dapat kamu kenali. Seperti perbedaan bobot ayam ketawa jantan dan betina.

  1. Untuk bobot jantan sekitar 2-3 kilogram, rata-ratanya
  2. Untuk bobot betina, sekitar 1-2 kilogram, rata-ratanya

Apa Saja Alasan Ayam Ketawa Sangat Digemari?

Harga ayam ketawa yang melejit di pasaran tidak lepas dari alasan yang membuat kolektor menyukainya. Tidak sebatas suara tawa yang membuat unggas satu ini tampak ikonik. Ada juga hal lain yang menjadi alasan ayam ketawa sangat digemari.

  1. Suara yang Menghibur

Salah satu faktor yang membuat harga ayam ketawa tinggi memang suaranya yang sangat unik. Hal ini membuat banyak orang memeliharanya sebagai hiburan penambah semarak suasana rumah.

Suara khas yang dihasilkan ayam ini tidak hanya dimiliki jantan. Jenis betina juga memiliki kemampuan tersebut. Tidak heran, harga jenis jantan dan betina tidak terlalu jauh. Pembedanya hanya sebatas umur, yang tentu semakin tua, kian mahal.

  1. Tidak Sekadar Ayam Hiasan

Banyak yang membeli ayam ketawa hanya ditujukan sebagai unggas hias. Padahal, harga ayam ketawa yang kamu bayarkan bisa dimanfaatkan sebagai ayam konsumsi.

Memang, untuk ukuran ayam konsumsi, jenis satu ini tergolong mahal. Akan tetapi, jika memang ingin mengonsumsi ayam ketawa, tidak ada salahnya juga.

Secara fisik, spesies ini memang tidak jauh berbeda dengan ayam jawa. Rasa daging tentu sangat lezat. Selain itu, dagingnya kaya protein layaknya ayam pedaging umumnya. Tentu menjadi pilihan konsumsi menarik jika memakan jenis ayam ini.

  1. Harga Jual Stabil

Sempat disinggung sebelumnya, jika ada harga ayam ketawa yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Tentu saja untuk ukuran binatang unggas, jenis satu ini sangatlah fantastis. Tolok ukur harga dari ayam ini memang sangat mudah dikenali.

Jika semakin merdu suaranya, tentu akan menghasilkan harga jual tinggi. Terlebih jika ayam tersebut sudah sering dikonteskan. Tentu akan semakin membuat harga jualnya semakin memuncak.

Selain itu, tolok ukur harga jual ayam ketawa ini juga bisa dilihat dari usianya. Jika semakin dewasa, tentu akan terus melejit harga jualnya. Hal ini membuat ternak ayam ketawa juga bisa menjadi ide menarik untuk dijalankan.

  1. Ayam Bangsawan, Pembawa Hoki

Walau sekadar mitos, tetapi hal ini kerap menjadi alasan kuat para pecinta unggas unik ini untuk mengoleksi ayam ketawa. Ayam dengan suara merdu dan menarik ini dikenal sebagai pembawa hoki bukan tanpa sebab.

Dulu, pemilik ayam ketawa hanyalah kalangan bangsawan. Tentu sebagai rakyat biasa yang bisa memilikinya akan merasa beruntung. Anggapan tersebut kemudian mengakar hingga sampai saat ini.

Mengenal Apa Saja Jenis Ayam Ketawa di Pasaran

Jenis ayam ketawa di pasaran ada banyak ragamnya. Tentu bagi yang ingin membeli harus paham karakteristik per jenis. Tujuannya agar harga yang kamu bayarkan, tepat sesuai dengan jenisnya.

  1. Jenis Bakka

Salah satu varian ayam ketawa yang paling disukai adalah jenis bakka. Ayam ketawa ini disukai karena bulunya unik, dominan putih di bagian dada. Sementara leher serta ekornya memiliki warna bulu hitam atau merah.

Sebenarnya berdasarkan jenis suara, ayam ketawa bisa dibedakan ke dalam enam jenis. Akan tetapi, untuk mempermudah memilih dan menentukan harga ayam ketawa, bisa dilihat secara umurnya. Untuk jenis ayam ketawa berdasarkan suara diantaranya:

  • Korro
  • Lapping
  • Cappega
  • Ijo buota
  • Bori tase
  • Bakka

 

  1. Jenis Betina

Ayam ketawa jenis betina kerap disebut sebagai birang, terkenal sebagai penghasil telur. Bahkan telur yang dihasilkan varian betina ini tergolong bagus, terutama pada telur ke-empat.

Memang hal ini menjadi keunikan tersendiri, dimana urutan telur ke-1 sampai 3 hasilnya kurang terlalu bagus. Untuk ayam betina ini kemampuan menghasilkan telurnya mencapai 11-13 butir sekali periode.

Kemampuan tersebut memang tergolong bagus, membuat ayam ketawa mudah dikembangbiakkan. Untuk harga jual induk per ekornya antara Rp700.000 hingga Rp1,5 juta.

  1. Jenis Jantan

Jenis jantan merupakan varian ayam ketawa yang sangat dicari para kolektor. Suaranya yang merdu dan tubuhnya tampak gagah memang menjadi kegemaran tersendiri. Untuk ayam ketawa jantan disebut dengan istilah Lai.

Harga ayam jantan jenis dewasa ini memang sudah tinggi, terlebih jika suaranya semakin merdu. Untuk kisaran harganya antara Rp3,5 juta hingga Rp5 juta, bahkan lebih.

  1. Jenis Anakan

Jika kamu ingin memelihara ayam ketawa sejak awal, disarankan mencari jenis anakan dahulu. Pertimbangan utamanya adalah harganya yang masih murah, sekitar Rp50.000 hingga Rp1.000.000.

Harga ayam tersebut biasanya berlaku untuk jenis betina. Sedangkan khusus anakan jantan, mencapai Rp100.000 ke atas. Anakan yang bagus tentu dihasilkan dari indukan berkualitas dan dari tempat terpercaya.

  1. Jenis Dewasa

Harga ayam ketawa jenis dewasa memiliki nilai kisaran yang cukup tinggi dibandingkan jenis lainnya. Untuk jenis dewasa ciri utamanya adalah suara yang dihasilkan lebih merdu. Bahkan semakin menyerupai suara tawa manusia

Sebenarnya untuk memperoleh ayam dengan suara tersebut, kamu bisa melatihnya secara intens. Untuk jenis dewasa di pasaran, harganya bisa mencapai Rp1,5 juta hingga lebih.

Mengetahui jenis ayam satu ini telah dewasa, bisa dilihat dari usianya. Umumnya usia ayam 1 bulan sudah dinilai dewasa. Harga pasaran di luar Pulau Jawa, Sulawesi contohnya dipatok Rp3 juta sampai Rp5 juta.

Sangat disarankan membeli ayam ketawa sepasang langsung agar mudah dikawinkan. Untuk harga sepasang dibandrol Rp600.000 hingga Rp700.000. Harga ayam ini untuk usia dewasa, serta sepasang bisa lebih tinggi, tergantung wilayah dan kondisi fisiknya.

Harga Ayam Ketawa Berdasarkan Umur yang Ternyata Bervariasi

Setelah tahu seputar ayam ketawa hingga jenis-jenisnya, pasti kamu penasaran berapa harga ayam ketawa. Sebenarnya, harga ayam jenis ini bisa dibedakan berdasarkan umurnya.

Peternak hingga pembeli tentu akan mudah menentukan harga jualnya. Agar lebih mudah juga dalam memahami perbedaan harganya, bisa dilihat dalam bentuk tabel khusus, seperti berikut.

Umur Ayam Ketawa Harga Satuan
Ayam Ketawa 1 Bulan Rp150.000 hingga Rp170.000
Ayam Ketawa 2 Bulan Rp175.000 hingga Rp190.000
Ayam Ketawa 3 Bulan Rp200.000 hingga Rp245.000
Ayam Ketawa 4 Bulan Rp250.000
Ayam Ketawa 5 Bulan Rp300.000 hingga Rp390.000
Ayam Ketawa Dewasa Rp400.000 hingga Rp500.000

 

Ternyata sangat menarik jika kamu memutuskan ingin memelihara ayam ketawa. Suaranya yang unik tentu menjadi sebuah hiburan tersendiri jika dipelihara di rumah. Pastikan harga ayam ketawa yang kamu bayar wajar, sesuai dengan di pasaran.