Breaking News
Harga Ayam Jawa Super

Harga Ayam Jawa Super

Jika ingin mencoba beternak, coba pertimbangkan harga ayam Jawa super. Jenis ayam pedaging ini memiliki prospek menarik, dengan keuntungan berlimpah. Sangat cocok untuk kamu yang sedang memikirkan ide budidaya menguntungkan.

Daging ayam Jawa dikenal lebih lembut dan berserat. Terlebih secara nilai gizi juga sangat beragam seperti protein sampai mineral penting lainnya. Selengkapnya tentang ayam Jawa super dan harganya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Mengenal Harga Ayam Jawa Super dan Karakteristiknya

Bagi penggemar ayam kampung, jenis ayam Jawa super tentu sudah tidak asing di telinga. Ayam yang memiliki bentuk hampir sama seperti jenis kampung pada umumnya ternyata merupakan hasil persilangan.

Ayam Jawa super merupakan persilangan antara dua jenis ras ayam kampung dengan ayam pedaging. Persilangan ini tentu menghasilkan sebuah anakan yang tergolong menarik.

Secara fisik memang ayam Jawa super tidak terlalu berbeda dengan jenis lainnya. Selain itu, jika dilihat dari segi pertumbuhan, ternyata masa tumbuhnya lebih cepat dibanding jenis ayam kampung.

Walau hasil persilangan, nyatanya harga ayam Jawa super ini tergolong lebih ekonomis. Dagingnya juga tergolong banyak, karena bobotnya bisa mencapai 2 kilogram.

Budidaya ayam Jawa super ini tergolong menguntungkan karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah masa tumbuhnya yang tergolong singkat. Tentunya sangat membantu perputaran modal dan keuntungan.

Selain itu, secara pakan juga tidak terlalu rewel, sama seperti ayam ras. Untuk ketersediaan, kamu bisa mencari jenis ayam ini di pasar-pasar tradisional. Ada juga beberapa restoran yang berlangganan dengan peternak ayam jawa Super.

Harga ayam Jawa super tergolong stabil, bahkan termasuk murah. Ayam kampung hasil persilangan ini dibandrol sekitar 30 ribuan per ekornya. Padahal ukuran per ekornya terbilang besar, bisa mencapai 1,1 – 2 kilogram.

Perawatan Mudah untuk Ayam Jawa Super

Untuk menghasilkan harga ayam Jawa super yang menguntungkan, perawatan tentu harus dilakukan. Tujuannya, agar ayam tidak mudah mati, cepat panen, dan tentunya gampang tumbuh.

Perawatan ayam Jawa ini sangat mudah, mulai dari pemilihan bibit, sampai vaksinasi. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat beberapa ulasan perawatannya berikut.

  1. Pemisahan Kandang

Kandang merupakan hal penting yang harus diperhatikan selama memelihara ayam Jawa super. Pemisahan kandang harus dilakukan, agar ayam yang masih bibit tidak mati.

Upayakan memisahkan bibit ayam indukan dengan DOC. Jika anakan ayam DOC sudah mulai besar, baru bisa dicampur dengan dewasa.

  1. Pemberian Vitamin

Pemberian pakan merupakan hal wajib yang harus dilakukan selama budidaya ayam Jawa super. Selain pakan, vitamin juga harus diperhatikan dan diberikan secara rutin. Vitamin ini sangat penting agar nutrisi tambahan pada ayam bisa diperoleh.

  1. Vaksinasi

Harga ayam Jawa super bisa anjlok karena beberapa faktor, salah satunya penyakit. Vaksinasi merupakan upaya tepat dalam mencegah penyakit yang menjangkiti ayam. Misalnya penyakit flu, hidung berair, dan sejenisnya.

Pencegahan penyakit tidak sekadar melalui vaksinasi. Kamu juga harus rajin membersihkan kandang, agar bakteri tidak mengkontaminasi pakan ayam.

  1. Mengatur Kepadatan Kandang

Salah satu faktor ayam sulit tumbuh dengan optimal karena stress. Stress ini biasanya disebabkan oleh kepadatan kandang yang terlalu berlebihan. Kepadatan kandang harus dikondisikan, jangan sampai terlalu penuh.

Kamu bisa menyesuaikan luas kandang dengan jumlah ayam yang akan dibudidaya. Jangan memaksakan memasukan banyak ayam, padahal ukuran kandangnya terbatas.

  1. Proses Panen

Perawatan ayam Jawa super yang tepat, tentu akan menghasilkan ayam pedaging kualitas super. Hal ini membuat harga ayam Jawa super saat dijual menjadi lebih menguntungkan.

Masa panen seekor ayam Jawa jenis ini sudah bisa dilakukan saat minggu ke-enam pasca pemindahan DOC. Umumnya bobot yang sudah bisa dipanen minimal 0,9 kilogram per ekor. Akan lebih bagus lagi jika bobotnya lebih dari itu.

Ada juga panen ayam yang sudah mencapai usia 12 minggu. Untuk usia tersebut, biasanya bobotnya sudah mencapai 1,1 kilogram. Harga ayam Jawa super untuk bobot tersebut bisa mencapai Rp33.000 per ekornya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ayam Jawa Super

Harga ayam Jawa super sebenarnya relatif terjangkau jika melihat bagaimana keunggulannya. Sebagai ayam konsumsi, ternyata keunggulan ayam satu ini cukup beragam. Akan tetapi, kenali juga beberapa kekurangan jenis ayam ini.

Tujuannya agar bisa lebih antisipasi dan mencegah kerugian jika hendak memeliharanya. Ini dia beberapa poin tentang kelebihan serta kekurangan ayam Jawa super.

  1. Kelebihan

Ayam Jawa super direkomendasikan untuk para peternak karena secara pertumbuhan lebih cepat. Jika dibandingkan dengan jenis ayam kampung biasa, jenis satu ini tentunya lebih menguntungkan.

Waktu pertumbuhannya relatif singkat, hanya sekitar 12 minggu. Selain itu, secara bobot juga sangat menarik, mencapai 1,1 kg setiap ekornya. Walau bobotnya tinggi, kandungan lemak di dalamnya tidaklah banyak.

Daging yang banyak memiliki lemak yang kandungannya rendah. Kamu sudah bisa mengonsumsi jenis ayam ini saat usianya sudah masuk 2 bulan. Selain itu, telur yang dihasilkan juga lebih besar dibandingkan ayam kampung biasa.

  1. Kekurangan

Proses pertumbuhan ayam Jawa super ini memang tergolong cepat, hanya butuh beberapa minggu sudah siap panen. Walau demikian, salah satu kelemahannya adalah induk betina tergolong malas mengerami telur.

Indukan yang malas mengerami ini tentu menjadi kekurangan tersendiri. Anakan DOC akan sulit diperoleh. faktor induk ayam yang malas mengeram karena proses pertumbuhan yang cepat.

Proses pertumbuhan yang cepat ini, membuat indukan rakus terhadap makanan. Hal ini tentu akan membuatnya malas untuk mengerami. Selain itu, bagi yang baru mulai terjun ke dunia peternakan masih bingung menentukan jalan budidaya.

Mulai dari bagaimana perkembang biakan, proses perawatan, hingga panen. Tentu saja hal ini memerlukan pengalaman lebih. Walau demikian, setelah memiliki pengalaman, budidaya satu ini tergolong menguntungkan.

Daftar Harga Ayam Jawa Super Berdasarkan Jenisnya 2022

Ayam Jawa super yang dijual di pasaran sebenarnya tidak hanya jenis indukan. Bahkan anakan yang disebut sebagai DOC juga banyak dijual. Untuk harga ayam Jawa super jenis anakan tentu sangatlah terjangkau.

Anakan ayam ini kerap diincar para peternak untuk kemudian dikembangbiakkan. Untuk harga anakan ayam ini sangat terjangkau. Per ekornya hanya sekitar lima ribuan rupiah. Ada juga yang menjualnya dalam bentuk satu paket anakan.

Satu paket anakan ini berisi 100 ekor, dengan harga sekitar delapan ratus ribuan. Anakan ayam yang dijual paketan ini tergolong lebih ekonomis, cocok untuk para pembudidaya.

Untuk harga dari ayam Jawa super dewasa atau indukan juga bervariasi, tergantung jenisnya. Ada yang jenis Joper, ada juga joper siap panen. Semua akan diulas dalam tabel harga selengkapnya berikut ini.

Jenis & Usia Ayam Jawa Super Harga Ayam Jawa Super 2022
DOC Ayam Jawa Super 1 Ekor.  IDR 5.300
DOC Ayam Jawa Super 1 Box (100 Ekor).  IDR 850.000
Ayam Jawa Super / Joper Konsumsi 1 Kg.  IDR 45.000
Ayam Jawa Super / Joper Siap Panen 1 Kg.  IDR 33.000

 

Sebagai ide budidaya, ayam Jawa super memang tergolong menyimpan beragam prospek menarik. Baik dari segi waktu, sampai hasil. Harga ayam Jawa super di pasaran juga tergolong stabil, sangat menjanjikan untuk dibudidayakan.