Breaking News
Harga Ayam Jantan

Harga Ayam Jantan

Harga ayam jantan sendiri umumnya dilihat dari jenis serta penggunaannya. Beberapa jenis ayam jantan dibanderol dengan harga sangat mahal mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah.

Para peternak ayam non pedaging, umumnya lebih suka memelihara ayam jantan karena ketika dewasa bisa mencapai harga yang sangat tinggi. Salah satu jenis paling difavoritkan adalah ayam bangkok.

Mengapa Memilih Ayam Jantan?

Meskipun harga ayam jantan anakan dari ayam jantan ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lain, namun hingga kini peminatnya masih cukup banyak. tentu kamu bertanya-tanya mengapa bisa begitu.

Salah satu alasannya adalah karena ayam jantan bisa dibilang multifungsi. Sebab masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan seperti petelur, dimasak, dan beberapa jenis digunakan sebagai hiasan karena tubuhnya cantik.

Jenis ayam jantan yang hingga kini masih difavoritkan oleh banyak orang terutama laki-laki terbilang bervariasi. Umumnya dilihat dari bentuk tubuh yang tegas dan jengger.

Melihat bentuk tubuh dan berbagai keunggulannya, sangat wajar jika ayam bangkok termasuk ke dalam harga ayam jantan mahal. Penggemarnya perlu mempersiapkan dana besar jika ingin membelinya.

Pemanfaatan Ayam Jantan

Memang kini sudah ada banyak jenis ayam yang harganya cenderung lebih murah dibandingkan ayam jantan kebanyakan. Namun masyarakat tetap banyak yang ingin membeli atau memeliharanya karena beberapa alasan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ayam jantan memiliki berbagai macam manfaat. Mengenai manfaatnya secara spesifik tergantung dari masing-masing jenisnya, karena pada dasarnya jenis ayam jantan ada banyak.

Masyarakat banyak memanfaatkan jenis ayam jantan sebagai hewan hias atau petarung. Selain itu, tidak jarang juga yang memanfaatkannya untuk membuat jenis olahan tradisional misalnya saat acara selamatan.

Karena dibanderol dengan harga mahal, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis menguntungkan. Supaya bisa mendapatkan keuntungan besar, sangat perlu mengetahui bagaimana cara perawatannya.

Daftar Harga Ayam Jantan

Kamu berniat memelihara ayam? Sebaiknya ketahui daftar harga tiap jenis ayam jantan terkini. Sebenarnya, tidak seluruhnya dibanderol dengan harga mahal. Akan tetapi memang tetap melihat jenis serta ukurannya.

Beternak ayam sebenarnya bisa jadi bisnis sangat menguntungkan. Sebab di pasaran, harganya cenderung stabil. Bagi yang penasaran, bisa coba perhatikan ulasan berikut ini:

 

Jenis Ayam Pejantan Harga/ Ekor
Ayam pejantan ketawa 1 ekor IDR 400.000
Ayam Pejantan Bima 1 ekor IDR 1.600.000
Ayam Pejantan Cemani 1 ekor IDR 4.000.000
Ayam Pejantan Putih 1 ekor IDR 300.000
Ayam Pejantan Potong Broiler 1 kg IDR 33.000
Ayam Pejantan Potong Joper 1 kg IDR 45.000
Ayam Pejantan Bangkok Putih 1 Ekor IDR 16.000.000
Ayam Pejantan Kampung 1 kg IDR 65.000

Sekedar informasi, harga ayam jantan yang telah dijelaskan di atas bisa saja naik atau turun tergantung dari perkembangan pasar terkini. Sebelum melakukan pembelian, coba cek terlebih dahulu harga terkininya.

Jenis Ayam Pejantan

Ayam pejantan terdiri dari banyak jenis dengan karakteristik berbeda, bahkan harga dari ayam jantan juga bisa memiliki selisih tinggi. Penasaran dengan apa saja jenisnya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini:

  1. Ayam Pejantan Putih

Karakter jenis ini yang berbeda dari lainnya, membuat harganya terbilang sangat tinggi. Apabila ingin mendapatkan harga cukup murah, sebaiknya beli anakannya saja di pasar atau penyedia terpercaya.

Akan tetapi memang kamu perlu mengetahui bagaimana teknik untuk merawatnya agar dapat bertumbuh dengan baik. Pemberian vitamin dan pakan tepat menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Ayam pejantan putih yang masih kecil cenderung rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh karenanya perlu ditunjang dengan pemberian vitamin dan makanan bergizi tinggi supaya daya tahan tubuhnya semakin kuat.

  1. Ayam Pejantan Pedaging

Kebutuhan masyarakat dengan ayam pejantan pedaging terbilang stabil. Ada beberapa waktu di mana masyarakat banyak yang mencari jenis ini untuk diolah menjadi makanan lezat siap santap.

Salah satunya yaitu saat musim nikahan yang mengharuskan masyarakat membeli daging ayam dalam jumlah besar. Mengenai harga ayam jantan jenis ini tidak begitu mahal.

Mahal atau tidaknya umumnya ditentukan dari beratnya. Saat akan dijual, biasanya penjual akan menimbangnya terlebih dahulu kemudian hasilnya dikalikan dengan harga per kg nya.

  1. Ayam Pejantan Potong

Tentu kamu sudah tidak asing dengan ayam jenis ini karena jumlahnya cukup banyak di pasaran. Dagingnya yang empuk serta tebal membuatnya sering dijadikan pilihan untuk dibuat berbagai macam olahan.

Seringkali ayam pejantan potong ini dijual per kg dengan harga yang bisa naik atau turun tergantung dari permintaan pasar. Harganya bisa sangat jatuh ketika musim flu burung karena permintaan pasar menurun.

Namun tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ayam pejantan potong ini karena keuntungan yang bisa didapatkan juga menggiurkan. Pastikan melakukan perawatan dengan tepat agar kesehatan mereka terjamin.

  1. Ayam Pejantan Petelur

Kebutuhan masyarakat terhadap telur ayam hingga kini terbilang masih tinggi. Oleh karenanya, kamu bisa memilih jenis ini untuk dikembangbiakkan. Sebaiknya jaga kualitasnya agar bisa membuat betinanya menghasilkan banyak telur.

Harga ayam jantan petelur dikabarkan tidak terlalu tinggi. Berdasarkan kabar tersebut, tentu sangat menguntungkan jika bisa mengembangbiakkannya.

Apalagi saat ini harga telur sering mengalami kenaikan dengan selisih harga dari sebelumnya lumayan tinggi. Umumnya harga telur akan mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Fitri.

  1. Ayam Pejantan Bangkok

Ayam satu ini bisa dibilang primadona untuk jenis ayam petarung. Harga ayam jantan bangkok bisa sangat mahal jika kualitasnya bagus. Biasanya, akan dilihat dari ketahanan fisik serta tampilannya.

Kabar baiknya, perkembangbiakan ayam pejantan bangkok masih sedikit. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk meraup untung. Perhatikan dengan baik perawatannya jika ingin mendapatkan keuntungan besar.

Daya tarik lain yang membuat pejantan bangkok dibanderol dengan harga mahal karena suaranya sangat nyaring. Tidak jarang orang mencarinya untuk dijadikan ayam hias di rumah.

  1. Ayam Pejantan Kampung

Di pedesaan, jenis satu ini masih cukup mudah ditemukan karena masyarakat banyak yang memeliharanya. Secara tampilan hampir mirip dengan ayam bangkok namun ukuran tubuhnya lebih kecil dengan warna bulu cenderung gelap.

Orang-orang sering mencarinya untuk dijadikan sebagai bahan olahan. Seringkali ayam pejantan kampung digunakan dalam acara-acara adat seperti kenduri, atau sejenisnya.

Tidak semahal ayam bangkok, jenis ini bisa kamu dapatkan dengan harga ayam jantan mulai dari Rp 80.000 ke atas. Meski lebih mahal dari ayam broiler, namun masih banyak yang memfavoritkannya.

Salah satu penyebabnya karena ayam pejantan kampung memiliki daging dengan rasa khas gurih. Hanya saja memang dari teksturnya cenderung alot dan perlu waktu lama saat memasaknya.

  1. Ayam Pejantan Cemani

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan ayam cemani. Ciri khasnya adalah tubuhnya berwarna hitam legam sampai kaki dan wajahnya. Meskipun begitu, harga ayam jantan ini cukup fantastis.

Di Indonesia, masih jarang yang memeliharanya karena satu dan lain hal. Faktor utamanya adalah belum mengerti bagaimana cara perawatannya karena harus dirawat secara khusus.

Memelihara ayam cemani ini bisa menjadi aset berharga karena jumlah orang yang membutuhkan ayam cemani dengan pemeliharanya berbanding terbaik. Tertarik mencoba? Bisa memulai dengan membeli anakannya terlebih dahulu.

Jenis ayam pejantan memang sangat banyak baik asli dari Indonesia atau campuran. Mengenai mahal atau tidaknya harga ayam jantan di pasaran, tergantung dari kualitas.