Breaking News
harga ayam jago kampung putih

Harga Ayam Jago Kampung Putih

Harga ayam jago kampung putih yang juga disebut sebagai ayam jantan biasanya lebih mahal dari spesies ayam lainnya. Ayam jago biasanya digunakan untuk mengembangbiakkan betina dan juga dimanfaatkan sebagai ayam petarung.

Selain itu, harga ayam jago untuk petarung biasanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayam jago yang hanya untuk konsumsi biasa. Hal tersebut karena ayamnya biasanya mendapat pakan khusus dan kerap dilatih.

Ayam jago bahkan memiliki suara kokok yang khas khususnya pada pagi hari. hal ini biasanya sebagai penanda jika pagi sudah tiba sehingga menjadi ciri khas di berbagai tempat yang banyak memelihara ayam jago.

Daftar Harga Ayam Jago Kampung Putih

Sampai saat ini ada berbagai macam jenis ayam yang memiliki ciri-ciri berbeda. Contohnya adalah ayam jago birma, ayam jago bangkok, ayam jago kampung dan masih banyak lagi.

Selain berbeda jenis pastinya harga jual beli ayam-ayam tersebut juga tidak sama. Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar Harga ayam jago kampung putih beberapa ayam yang cukup murah:

  1. Ayam Bangkok

Harga ayam jago kampung putih yang pertama adalah dari jenis bangkok. Ayam jenis ini memang lebih banyak digunakan sebagai ayam petarung karena memiliki postur lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Selain tinggi, ukuran tubuhnya cenderung lebih besar dan sedikit gempal sehingga harganya juga lebih mahal daripada ayam lainnya. Harga yang ditawarkan juga tergantung dari kualitas ayam tersebut.

Semakin sering ayam melakukan pertarungan dan menang, biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih mahal. Selain itu, tidak ada harga ayam yang pasti tetapi mengikuti perkembangan pasar dan pastinya terganggu dari sang pemilik ayam.

Meskipun begitu tidak perlu khawatir karena harga ayam jago bangkok masih sangat terjangkau. Ayam tersebut rata-rata dijual mulai Rp 100.000,-. Bahkan menurut beberapa sumber banyak peternak yang menggunakan ayam ini untuk bertarung.

  1. Ayam Jago Kampung

Harga ayam jago kampung putih adalah jenis berikutnya yang tergolong cukup mahal. Ayam kampung biasanya memang tersedia dalam dua jenis yaitu ayam betina dan jago dan harganya sudah pasti lebih mahal dibandingkan ayam broiler.

Ayam kampung bahkan dinilai lebih menyehatkan dan jauh lebih gurih ketika dikonsumsi sehingga harganya cenderung mahal. Meskipun begitu masih cukup terjangkau masyarakat umum.

Untuk bisa mendapatkan ayam kampung jago ini kamu bisa membelinya di pasar, toko online dan sejenisnya yang pastinya menyediakan berbagai jenis ayam yang bisa dijual belikan hidup-hidup atau sudah mati.

Selain itu, ayam kampung jago atau ayam jawa lebih sering digunakan hanya untuk konsumsi daripada petarung. Hal tersebut karena ciri khas dari dagingnya yang sangat lezat dan pastinya jauh lebih sehat.

  1. Ayam Petarung

Harga ayam jago kampung putih selanjutnya dari jenis petarung yang memang khusus digunakan untuk aduan saja dan jarang dikonsumsi. Dari segi harga sudah pasti jauh lebih mahal daripada jenis ayam lainnya.

Tetapi yang jelas harga ayam aduan lebih sering tergantung dari pemiliknya yang merawat ayam tersebut sehingga bisa menjadi petarung. Jenis ayam yang paling sering digunakan biasanya adalah bangkok karena postur tubuhnya yang kekar.

Selain itu, ayam yang layak dijadikan petarung pastinya terdapat predikat dan syarat khusus selayaknya atlet. Diantaranya mulai dari postur tubuh, berat badan bahkan mental sang ayam juga harus diuji di lapang.

Ayam petarung umumnya lebih cerdas daripada ayam lainnya dan sering memiliki taktik untuk menyerang musuhnya. Tentu hal ini merupakan naluri yang dipelihara dan sengaja dilatih.

  1. Ayam Jago Burma

Harga ayam jago kampung putih berikutnya adalah dari jenis burma yang bisa dibanderol hingga Rp 300.000,- setiap ekornya. Ayam jenis ini sebenarnya berasal dari Thailand sehingga harganya cenderung lebih mahal.

Bahkan harga yang tertera tersebut biasanya hanya untuk anakan yang masih berusia 1-2 bulan saja. Ayam jago burma dewasa pasti harganya jauh lebih mahal dari itu.

Mahalnya ayam jago burma lantaran mereka memiliki keistimewaan dan ciri khas. Khususnya ketika sudah bertarung, yaitu ayam burma dikenal lebih cerdik dan licik dari ayam lainnya sehingga lebih sering menang.

Jadi, tidak heran jika harga dari ayam burma lebih mahal daripada ayam petarung biasa. Meskipun pada faktanya ada yang lebih mahal tetapi ayam burma memiliki kualitas yang cukup bagus.

  1. Ayam Jago Putih

Harga ayam jago kampung putih sebenarnya masih standar harga ayam kampung pada umumnya. Namun, ayam ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bulu dominan berwarna putih sehingga tampak lebih menarik dan kerap menjadi pusat perhatian.

Tidak jarang juga warna ayam jago kampung putih bercampur dengan warna lainnya. Misal pada bagian tubuh tertentu seperti sayap atau punggung berwarna coklat.

Warnanya yang cukup mencolok ini sehingga membuatnya memiliki berbagai variasi harga mulai dari yang termurah hingga paling mahal. Namun, untuk harga standarnya sekitar Rp 100.000,-.

Oleh karena warnya yang cukup unik banyak masyarakat memanfaatkan ayam ini untuk berbagai kepentingan dan bukan hanya sekedar dikonsumsi saja. Jadi, tidak heran jika harganya cenderung mahal.

Daftar Harga Berbagai Jenis Ayam Kampung

Harga ayam jago kampung putih di atas merupakan patokan dan cukup untuk dijadikan referensi. Namun, berikut ini juga terdapat beberapa jenis ayam dengan harganya:

Jenis Ayam Jago Harga Ayam Jago
Ayam Jago Bangkok usia 1 – 2 Bulan  IDR 100.000
Ayam Jago Pakhoy (Dragon) 1 Ekor  IDR 1.500.000
Ayam Jago Serama 1 Ekor  IDR 350.000
Ayam Jago Usia 5,5 Bulan  IDR 350.000
Ayam Jago Arab 1 Ekor  IDR 150.000
Ayam Jago Kampung 1 Ekor  IDR 150.000
Ayam Jago Birkok 1 Ekor  IDR 350.000
Ayam Jago Cemani 1 Ekor  IDR 800.000

Harga ayam jago kampung putih tersebut memang belum dijelaskan sebelumnya. Namun, yang jelas untuk ayam kampung harganya memang masih standar. Tetapi ayam yang memiliki keunikan dan ciri khas cenderung jauh lebih mahal.

Contohnya adalah ayam cemani hingga ayam jago parkhoy yang memiliki harga termahal hingga Rp 1 jutaan. Pastinya harga tersebut merupakan patokan yang ada di pasaran dan kamu juga bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional.

Namun, tetap yang paling berkuasa dalam menentukan harga ayam adalah pemiliknya. Semakin sering dirawat dan menghasilkan kualitas bagus, mereka cenderung memberikan harga mahal dan begitu juga sebaliknya.

Bahkan dalam beberapa momen harga ayam juga naik misalnya ketika menjelang lebaran dan tahun baru. Hal ini karena semakin banyaknya orang-orang yang berburu ayam kampung.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk ayam petarung karena tidak tergantung musim. Harga ayam petarung justru bergantung pada kualitas dan mental ayam itu sendiri ketika bertarung dan semakin sering menang pastinya jauh lebih mahal.

Informasi harga ayam tersebut pastinya cukup untuk dijadikan referensi sebelum membeli ayam. Selain itu, harga ayam jago kampung putih juga kerap berubah tergantung musim dan juga kualitas ayam tersebut.