Harga ayam serama asli

Ciri-Ciri Dan Harga Ayam Serama Terbaru

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga ayam serama – Ayam serama adalah ayam yang berhabitat asli di negara tetangga, yaitu Malaysia. Banyak yang menganggap bahwa ayam serama sama dengan ayam kate.

Padahal ada yang membedakan di antara keduanya, yaitu bentuk dada dan ukuran tubuh mereka. Ukuran tubuh ayam serama lebih kecil dan bentuk dadanya tegap bahkan hampir 90 derajat. Hal tersebut membuat harga ayam serama relatif lebih mahal.

Bagi kamu yang ingin membeli dan iktu memeliharanya juga, baiknya beli saat masih kecil. Karena selain harganya lebih murah, kamu juga akan tahu bagaimana cara merawat ayam serama.

Jenis-Jenis Ayam Serama

Harga ayam serama dewasa
Sumber: https://berempat.com/

Sebelum membeli, tentu ada baiknya jika kamu mengenal dulu jenis-jenis ayam serama. Berikut penjelasan masing-masing jenis ayam serama.

Baca juga: Daftar harga ayam bangkok

1. Ayam Serama Apel

Jenis ayam serama yang pertama adalah ayam serama tipe apel. Diberi nama apel karena sesuai dengan postur tubuhnya yang lebih bulat dengan dada yang berisi dan kaki pendek mirip buah apel. Kamu bisa memilih tipe ayam serama apel ini kalau mau ayam serama yang lebih imut dan bulat.

2. Ayam Serama Slim

Kebalikan dari ayam serama apel, ayam serama slim ini mempunyai postur tubuh yang lebih tegak layaknya prajurit siap bertempur. Bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai ayam yang sombong. Karena bentuk tubuhnya ini layaknya orang sombong.

Beberapa orang juga salah menganggapnya sebagai ayam jago atau ayam kampung karena melihat dari postur tubuhnya yang slim dan mini itu.

3. Ayam Serama Ideal

Tipe ini merupakan tipe yang paling ideal dan cukup sempurna sesuai dengan namanya apabila dibandingkan dengan jenis yang lain. Postur tubuhnya ramping dan dadanya besar. Jenis ideal ini juga merupakan yang paling sering diikutkan dalam kontes ayam serama. Karena hal itu, jenis ini juga biasa dipanggil dengan sebutan ayam serama kontes.

Meskipun begitu bukan berarti dengan hanya membeli jenis ini kamu bisa langsung mengikutsertakannya dalam kontes. Kamu masih harus merawat dan sering melatihnya.

4. Ayam Serama Malaysia

Ayam serama malaysia memang ayam asli dari negara Malaysia. Ayam ini memiliki postur tubuh yang tegap dan dada condong ke depan. Biasanya harga ayam serama asli Malaysia yang dibawa ke Indonesia sedikit lebih mahal.

Berkisar mulai dari Rp. 850.000 hingga Rp. 5.000.000 tapi masih tergantung pada umur, ukuran dan bentuk tubuhnya juga. Faktor lain seperti prestasi juga dapat mempengaruhi naiknya harga ayam ini. Semakin sering seekor ayam serama memenangkan kontes maka otomatis harganya juga akan semakin mahal. Bahkan ada juga yang seharga mobil.

Tapi apabila kamu membeli ayam serama langsung di Malaysia, maka kamu akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah apabila dibandingkan membeli di Indonesia. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh biaya pajak dan birokrasi untuk membawa masuknya ke negeri kita.

5. Ayam Serama Putih

Tak jauh beda dengan jenis ayam serama lainnya. keunikan dari ayam serama putih ini adalah bulunya yang benar-benar berwarna putih. Tak jarang banyak penghobi ayam yang terkesima dan terpukau ketika melihat perpaduan warna putih dengan tubuh ayam serama yang mungil. Karena hal tersebut ada cukup banyak orang juga yang menjadi peminatnya. Harganya yang tak jauh beda dengan ayam serama pada umumnya juga membuatnya cukup menarik untuk dipilih.

6. Ayam Serama Kontes

Ayam serama kontes dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada ayam serama biasa. Selain tinggi, harganya juga bisa bervariasi tergantung dari kualitas ayam itu sendiri.

Harga ayam serama dewasa yang sudah biasa menang kontes bisa dihargai sampai Rp. 15.000.000. Sementara ayam serama kontes anakan untuk saat ini masih jarang ditemukan di pasaran. Tapi kamu bisa menemukannya jika memiliki relasi yang cukup luas.

7. Ayam Serama Betina

Ayam serama betina dijual sebagai kebutuhan untuk usaha budidaya atau pengembangbiakkan ayam serama. Jadi ayam serama betina biasa dijadikan sebagai indukan. Harga ayam serama betina relatif terjangkau karena digunakan untuk memproduksi ayam serama lainnya. Harganya berkisar Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000.

Ciri-Ciri Ayam Serama

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa jika hanya melihat sekilas sulit untuk membedakan ayam serama dengan ayam kate. Akan tetapi, faktanya kedua ayam ini merupakan dua spesies yang berbeda.

Harga ayam serama asli relatif lebih mahal dibandingkan ayam kate. Untuk itu, kamu perlu tahu ciri-ciri ayam serama asli agar bisa membedakannya dan tidak ditipu ketika ingin membelinya. Berikut beberapa ciri ayam serama asli.

Karakteristik ayam serama tentu juga berbeda dengan ayam kate. Bentuk ekor ayam serama tegak dan lurus, ukuran kepalanya juga lebih kecil daripada ayam kate.

  • Ukuran tubuh ayam serama asli lebih kecil daripada ukuran ayam kate.
  • Panjang sayap ayam serama bisa mencapai tanah dengan ukuran yang cukup lebar.
  • Berat badan ayam serama kurang dari 500 gram.
  • Memiliki bentuk dada yang membusung dan kepalanya selalu mendongak ke atas.
  • Ayam serama berkarakteristik tersendiri manja, jinak, dan mudah mengenali sang pemiliknya.

Pakan Ayam Serama

Dalam hal pemberian pakan, sebenarnya tidak jauh beda dengan ayam-ayam lain pada umumnya. Berikut beberapa jenis pakan ayam serama yang bisa kamu gunakan.

1. Voor/Konsentrat

Voor merupakan pakan jenis olahan pabrik yang bisa kamu berikan kepada ayam serama. Pakan voor ini juga bisa dengan mudah kamu dapatkan karena biasanya selalu tersedia di toko-toko pakan terdekat di semua kota.

Selain itu, voor juga berisi kandungan yang sangat baik bagi pertumbuhan ayam serama. Di dalamnya terkandung beragam macam gizi dan vitamin yang dibutuhkan ayam serama.

2. Biji-Bijian

Biji-bijian mengandung banyak unsur gizi yang diperlukan oleh ayam serama untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga pakan ini juga akan menyehatkan ayam serama dan menjaga kesehatannya. Ayam serama yang sedang diet atau dalam masa pertumbuhan bisa diberikan pakan biji-bijian ini.

3. Jagung

Dan pakan ayam serama terakhir yang biasa digunakan adalah jagung. Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat. Pakan ini akan sangat cocok ketika diberikan kepada ayam serama yang sudah dewasa. Karena semakin besar dan tua ayam serama, maka semakin banyak juga karbohidrat yang dibutuhkannya.

Baca juga: Daftar harga ayam kate

Daftar Harga Ayam Serama

Berikut di bawah ini tabel harga ayam serama lengkap semua jenis dan usia.

Jenis Ayam SeramaUsiaHarga Ayam Serama
Ayam serama biasa1 bulanRp. 105.000
Ayam serama biasa2 bulanRp. 130.000
Ayam serama biasa3 bulanRp. 155.000
Ayam serama biasa4 bulanRp. 205.000
Ayam serama biasa5 bulanRp. 255.000
Ayam serama biasaDewasaRp. 355.000
Ayam serama putih1 bulanRp. 170.000
Ayam serama putih2 bulanRp. 220.000
Ayam serama putih3 bulanRp. 270.000
Ayam serama putih4 bulanRp. 320.000
Ayam serama putih5 bulanRp. 450.000
Ayam serama Malaysia1 bulanRp. 175.000
Ayam serama Malaysia2 bulanRp. 225.000
Ayam serama Malaysia3 bulanRp. 275.000
Ayam serama Malaysia4 bulanRp. 325.000
Ayam serama Malaysia5 bulanRp. 500.000
Ayam serama MalaysiaDewasaRp. 850.000 – Rp. 5.000.000

Itulah informasi lengkap mengenai jenis-jenis ayam serama, pakan ayam serama dan harganya terupdate hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *