Cara memotong kuku kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara memotong kuku kucing – Kucing adalah salah satu hewan karnivora yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Saat ini ada ratusan jenis kucing yang tersebar di berbagai negara. Dua diantaranya yang paling populer adalah jenis persia dan anggora.

Jenis persia sebagaimana namanya, berasal dari negeri Persia atau sekarang dikenal dengan Iran. Sedangkan jenis anggora, beberapa sumber mengatakan kalau kucing ini asalnya dari Turki, tepatnya daerah Ankara.

Penurut dan setia adalah beberapa sifat kucing yang menjadi alasan banyak orang ingin memeliharanya. Disamping alasan wajah dan tingkah yang menggemaskan. Terkait dengan sifat penurutnya kucing, butuh beberapa usaha dari kita untuk melatihnya. Tapi kamu jangan khawatir, karena sangat mudah melatih kucing agar memiliki sifat penurut atau jinak.

Dari sekian banyak cara agar kucing menjadi jinak, salah satu yang menarik adalah dengan rutin memotong kukunya. Kuku kucing biasanya digunakan untuk berantem memperebutkan wilayah atau memperebutkan betina, selain itu juga digunakan untuk memanjat pohon dan lainnya.

Dengan memotong kuku kucing, maka kebiasaan mencakar-cakarnya pun akan menurun sehingga lama-kelamaan kucing menjadi jinak. Namun ada pendapat yang kontra juga, yang mengatakan bahwa memotong kuku kucing dapat menghilangkan sifat dasar kucing sehingga kucing bisa kehilangan kemampuan yang dapat membantu mereka.

Tapi jika kamu benar-benar ingin menjadikan si kucing hewan peliharaan yang akan senantiasa dirawat hingga akhir hayatnya, tidak masalah jika kamu ingin memotong kukunya karena memiliki banyak manfaat yang salah satu terpenting adalah si kucing bisa jinak. Dengan demikian kucing tidak bisa melukai manusia ketika bermain bersamanya.

Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar

Untuk memotong kuku kucing tidak bisa dilakukan sembarangan, ada cara memotong kuku kucing yang benar dan anda wajib mengetahuinya.

1. Pahami Kondisi Kucing Terlebih Dahulu

Jika kucing kesayangan dalam masa kawin atau moodnya sedang tidak bagus karena sebab lain, maka urungkan terlebih dahulu niat kamu untuk menggunting kukunya. Kucing akan sangat sulit sekali dibuat diam, sehingga pastinya kamu akan sulit memotong kukunya.

Jadi kamu harus pahami terlebih dahulu kondisi kucing kamu. Mudah sekali sebenarnya cara mendeteksinya, coba pegang dan usap-usap dengan lembut badan dan kepala kucing, jika kucing tidak merespon atau bahkan malah merebahkan diri, maka ini indikator kuat suasana hati si kucing sedang bagus.

2. Siapkan Gunting Kuku Khusus Kucing

Antara kuku kucing dengan kuku manusia jelas ada perbedaan, sehingga alat yang digunakan untuk memotongnya pun harus berbeda. Ketebalan kuku kucing bisa berlipat-lipat jika dibandingkan dengan ketebalan kuku manusia.

Kamu tidak perlu khawatir bagaimana mendapatkan gunting yang khusus ini, di berbagai pet shop kebanyakan akan menyediakan gunting kuku khusus hewan peliharaan termasuk kucing.

Jika kamu memaksakan menggunakan gunting atau alat potong kuku yang biasanya kamu gunakan, maka ada potensi si kucing akan berontak dan berusaha kabur. Sehingga pemilihan gunting yang tepat adalah termasuk cara memotong kuku kucing agar tidak berontak.

3. Buat Kucing Rileks

Setelah dipastikan kondisi atau suasana mood kucing bagus dan alat pemotong sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat kucing rileks. Tujuannya adalah agar ketika nanti proses memotong kukunya, kucing tidak berontak. Kamu bisa memposisikan kucing berbaring penuh atau setengah berbaring.

Usahakan taruhlah kucing ke pangkuan kamu, hal ini akan membuat kucing merasa nyaman dan aman. Karena jika kucing merasa tidak nyaman, maka dia bisa merasa tidak aman. Jika sudah demikian, si kucing bakal merespon dengan menjauh alias lari dari pangkuan kamu.

4. Pegang Dengan Lembut Jari Kaki Kucing

Cara memotong kuku kucing yang tepat pertama-tama adalah memegang dengan lembut jari-jari kucing. usap-usaplah terlebih dahulu agar kucing tetap merasa nyaman. Jika kamu langsung menekan bagian bantalan kaki kucing tanpa melakukan tahapan ini terlebih dahulu, si kucing bisa kaget dan bereaksi diluar kendali, seperti kabur atau bahkan mencakar kamu.

Jika diperlukan, bersihkan terlebih dahulu area kaki kucing agar bersih karena biasanya area ini tampak kotor. Walaupun sebenarnya kucing biasa menjilati area kaki dengan tujuan membersihkan diri, namun sisa-sisa sedikit kotoran bisa jadi masih ada.

5. Tekan Bantalan Kaki Kucing

Jika kucing sedang tidak berkelahi dengan kucing lain, atau tidak sedang memanjat pohon, maka kuku kucing tidak akan tampak. Posisinya akan terlihat masuk ke dalam celah antar jari-jari kaki kucing. Lantas bagaimana kita bisa memotongnya jika kuku kucing tidak tampak keluar?

Cara yang tepat adalah dengan menekan lembut bantalan kaki kucing. Bantalan yang dimaksud adalah telapak kaki kucing. Langkah ini bisa menstimulus kucing untuk mengeluarkan kukunya secara alami.

Baca juga: Cara menguburkan kucing

6. Guntinglah Kuku Kucing

Setelah kuku kucing sudah tampak keluar, maka bisa dilakukan pemotongan kuku. Cara memotong kuku kucing paling benar adalah dari atas ke bawah. Artinya gunting kuku diarahkan dari atas kemudian melakukan pemotongan menuju ke bawah.

Jika dilakukan sebaliknya, maka kuku kucing akan sedikit tertekan ke atas, tekanan ini terkadang akan membuat kucing terstimulus ingatannya akan mencengkram lawan atau mencakar pohon, sehingga bisa berontak serta melukai kamu.

Jangan lupa pastikan gunting yang digunakan sudah teruji ketajamannya sebelum digunakan ke kuku kucing.

7. Perhatikan Batas Kuku Yang Dipotong

Tujuan pemotongan kuku kucing adalah membuat dia jinak. Sehingga intinya adalah menghilangkan ujung kuku yang lancip atau tajam. Jangan sampai memotong kuku kucing terlalu pendek, karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada kucing. Selain itu kuku yang dipotong terlalu pendek bisa mengakibatkan luka pada kaki kucing jika kita tidak berhati-hati saat memotongnya.

8. Rapikan Dengan Kikir Jika Diperlukan

Langkah terakhir adalah merapikan permukaan ujung kuku kucing setelah dipotong. Alat yang digunakan biasa disebut kikir. Namun langkah ini sebenarnya tidaklah wajib karena kuku akan kembali masuk ke dalam sela kaki kucing, sehingga tidak akan tampak dari luar.

Tetapi bagi yang menginginkan keindahan pada kuku kucing kesayangan, maka langkah ini bisa dilakukan. Ingat! Cara mengikirnya satu arah saja, karena mengikir dengan dua arah akan membuat rasa tidak nyaman pada si kucing. Gerakan satu arah dengan perlahan-lahan adalah metode kikir kuku yang benar.

Dengan mengerjakan ke delapan langkah di atas dengan baik, maka kamu bisa memotong kuku kucing peliharaan kamu di rumah. Kamu bisa berhemat karena tidak perlu membayar tarif dokter hewan untuk melakukan pekerjaan itu.

Potonglah kuku kucing secara rutin, karena memang sebagaimana kuku manusia yang tumbuh terus menerus, kuku kucing juga demikian. Serta jangan terlalu pendek karena tujuannya memang hanya menghilangkan bagian yang lancip.

Selain rajin memotong kuku kucing, lakukan perawatan kucing yang lainnya. Seperti memandikan kucing secara berkala, menyisir bulu-bulunya dan memberikan makanan dan minuman yang sehat pada si kucing. Ketika kamu melakukan semuanya, selain akan mejadi jinak kucing juga tampak bersih dan sehat. Kamu akan semakin sayang pada kucing peliharaan kamu.

Itu dia cara memotong kuku kucing agar kucing tidak berontak, semoga bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi Sudut Kebun.