Cara membuat filter kolam ikan

Cara Membuat Filter Kolam Ikan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Budidaya ikan merupakan salah satu jenis kegiatan bisnis yang masih dilakukan saat ini. Apalagi melihat kebutuhan pasar akan ikan yang tidak pernah sepi. Dalam budidaya ikan, tentu saja yang diperhatikan bukan hanya cara memelihara ikan saja. Disini kita juga harus mengetahui cara membuat filter kolam ikan sederhana.

Filter kolam ikan sendiri tentunya memang memiliki kegunaan yang sangat besar, maka dari itu di setiap kolam budidaya pasti akan ada filter. Tapi apakah kita harus membeli filter kolam? Tentu saja tidak. Anda bisa mencoba membuat sendiri kolam filter dengan panduan yang akan Sudut Hewan berikan disini!

Pentingnya Filter Kolam Ikan

Kalau Anda ditanya seberapa penting sebuah filter kolam? Tentu saja memang sangat penting. Hal ini melihat dimana kebersihan adalah salah satu unsur paling penting supaya hasil panen yang kita lakukan lebih maksimal. Maka dari itu keadaan air wajib selalu bersih supaya ikan bisa tumbuh sehat dan kuat.

Umumnya banyak juga yang mencoba menguras kolam ikan supaya keadaannya tetap bersih. Kalau ukuran kolamnya tergolong kecil, mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi bagaimana kalau ukurannya sangat besar? Tentu saja membuat kita harus melakukan pembersihan lebih sering bahkan bisa 2 kali sehari.

Maka dari itu kalau Anda sudah mengetahui tentang cara membuat filter kolam ikan nila, koi, lele dan ikan lainnya ini akan membuat pekerjaan Anda semakin ringan. Dan yang lebih penting lagi, Anda bisa mulai memfokuskan pikiran Anda pada beberapa sektor penting dalam proses budidaya yang Anda lakukan.

Bahan Pembuatan Filter Kolam Ikan

Contoh filter kolam ikan
Contoh filter kolam ikan yang sudah jadi

Sebelum Anda mengetahui cara membuat filter kolam ikan koi,nila, lele dan ikan lainnya, maka ada beberapa peralatan yang wajib disiapkan. Perlengkapan pembuatan filter kolam ini snagat sederhana, jadi bisa Anda siapkan dengan mudah. Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Cara membuat kolam ikan

1. Pompa Air

Pompa air sangat berguna sebagai penyedot air yang kemudian dialirkan sampai ke filter kolam untuk dijernihkan. Kalau melihat siklusnya, maka air keruh akan disedot, lalu dialirkan ke filter kolam ikan. Selanjutnya dijernihkan dan dialirkan lagi menuju kolam ikan. Dan seterusnya seperti itu.

2. Wadah atau Jerigen Kosong

Umumnya wadah ini memang berupa jerigen ataupun paralon. Usahakan pakai yang ukurannya termasuk besar ya! Intinya yang mampu menahan debit air yang tergolong banyak dan cepat. Untuk kegunaan wadah ini sendiri juga merupakan tempat dimana bahan penyaring alami akan kita masukkan.

3. Pasir Silika

Pasir silika merupakan salah satu material yang sangat tidak asing dikalangan pecinta ikan. Dalam pembuatan filter kolam ikan sendiri akan berperan dalam proses penyaringan kotoran ukuran mikro pada kolam. Jadi air yang sudah dibawa sama pompa dapat dijernihkan dengan sempurna.

4. Ferrolite

Bahan satu ini difungsikan sebagai penghilang unsur besi yang terkandung di dalam air. Bahan yang memiliki nama lain Manganese ini akan membuat unsur besi yang membuat warna air yang kekuningan menjadi menghilang. Air yang mengandung unsur besi sendiri sangat berbahaya bagi ikan.

5. Batu Zeolit

Air kolam ikan umumnya akan mengandung Ca2+ dan Mg2+. Kandungan ini sendiri bisa membuat air jadi berbau dan rasanya mirip kapur. Tentu saja kualitasnya jadi menurun. Maka dari itu zeolit mampu menjadikan air lebih jernih karena menghilangkan kandungan air yang buruk.

6. Karbon Aktif

Nama lainnya yaitu arang aktif. Peran bahan yang satu ini nantinya akan menjadi penghilang bau sampai dengan rasa dalam air. Kandungan seperti kaporit serta chlorine juga mudah diserap sama karbon aktif. Jadi jumlahnya tidak kebanyakan dan tidak mengganggu ikan.

7. Kapas Filter

Kapas filter buat kolam ini tentunya bukan yang buat kosmetik ya! Untuk memperolehnya saya sarankan Anda untuk mengunjungi toko ikan terdekat. Kegunaan kapas filter ini sendiri nantinya akan menyaring semua kotoran yang sudah disedot oleh pompa air. Selanjutnya akan dijernihkan kembali.

Panduan Cara Membuat Filter Kolam Ikan Lengkap

Untuk membuat filter kolam ikan, ikuti panduan berikut:

1. Pembersihan Bahan

Proses pembersihan ini adalah pembersihan beberapa bahan yang diperlukan. Untuk bahan pertama yang perlu dibersihkan adalah wadah kosong. Anda bisa membersihkannya memakai alkohol. Kalau sudah bersih bilas dengan air dan jemur sampai kering.

Anda juga wajib membersihkan batu zeolit, apalagi pas baru beli kadang-kadang kotor. Untuk bahan yang tidak perlu Anda bersihkan yaitu arang.

2. Proses Merangkai Filter Kolam

Kalau Anda sudah menyiapkan bahan dan membersihkannya, kali ini kita akan melakukan pembuatan filter kolam. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Masukkan kapas filter pada bagian paling bawah. Dia akan berperan dalam menyaring air yang sudah disaring sebelum masuk lagi pada kolam.
  2. Pada bagian atas kapas filter, Anda masukkan saja batu zeolit yang ukurannya cukup besar. Isi dengan baik sampai sisi wadahnya benar-benar terisi dengan baik.
  3. Selanjutnya Anda bisa masukkan lagi kapas filter tapi ukurannya yang tipis. Kapas filter kali ini memang penyekat saja supaya zeolit sama bahan penjernih yang lain gak tercampur satu sama lain.
  4. Bahan yang akan kita masukkan selanjutnya adalah karbon akti. Karbon aktif ini nantinya akan kita pakai buat menutupi semua sisi pada wadah kosong.
  5. Lalu dibagian atas karbon aktif ini, tentunya akan kita masukkan lagi sama filter yang tipis. Masih sama saja seperti langkah sebelumnya.
  6. Langkah selanjutnya kita bisa mulai meratakan ferrolite. Lalu tentu saja akan kita masukkan lagi kapas filter sebagai penyekat.
  7. Sebarlah pasir silika sampai menutupi semua sisi wadah kosong. Selanjutnya masukkan lagi kapas filter di bagian atasnya.

Berikut ini adalah contoh video bagaimana tahapan membuat filter kolam ikan yang baik dan benar.

Bagaimana, sangat mudah kan? Anda bisa ikuti cara membuat filter kolam ikan lele, koi, nila dan berbagai ikan lainnya dengan mudah. Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *