Breaking News
harga burung kakatua jambul kuning

Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Semakin banyaknya peminat, harga burung kakatua jambul kuning terbaru juga semakin banyak dicari. Sebenarnya, ada cukup banyak spesies yang biasanya punya bentuk dan corak bulu menarik sehingga banyak dipelihara masyarakat Indonesia.

Kakatua jambul kuning menjadi salah satu spesies endemik paling populer karena kelebihan dan keunikannya. Bahkan jika dilatih dengan telaten, maka bisa menampilkan keahlian khusus seperti menirukan suara manusia.

Tidak mengherankan jika harga burung kakatua jambul kuning di pasaran sangat mahal, bahkan hingga jutaan rupiah. Bisa dibilang harganya cukup mahal apalagi jika kamu membandingkannya dengan burung-burung lainnya.

Bukan hal mengagetkan jika kamu harus merogoh kantong cukup dalam demi memelihara burung yang sangat unik ini. Sebab beberapa jenis burungnya sendiri sulit sekali ditemukan d alam bahkan meski kamu sudah mencari di habitat langsung.

Mengenal Burung Kakatua Jambul Kuning

Kamu pasti tidak akan kaget lagi dengan harga burung kakatua jambul kuning yang cukup mahal jika sudah mengenalnya lebih dalam. Bagi pecinta burung, keunikan kakatua jambul kuning bukan hal yang asing lagi.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, burungnya masuk dalam kategori punya kepintaran khusus dan bisa berkicau seperti omongan orang. Meski begitu, kamu juga harus memahami jika kemampuan untuk menirukan suara pada jenis burung ini juga memiliki batasannya.

Kakatua tidak bisa meniru suara burung-burung seperti kenari, branjangan, atau lainnya. Tetap saja, kemampuan yang tidak biasa ini membuat harga burung kakatua jambul kuning cukup fantastis dan tetap sesuai dengan kepuasan yang didapatkan.

Bukan hanya itu saja, ada kemampuan lain yang bisa dilakukan yaitu atraksi yang bisa dibilang atraktif. Itulah sebabnya, pemilik biasanya tidak menaruh burungnya ke dalam sangkar namun membiarkan bebas atau ada di luar kandang.

Selain mengetahui harga burung kakatua jambul kuning, kamu juga perlu memperhatikan ciri-cirinya. Sebab dengan begitu, maka akan lebih mudah memilih peliharaan baru sesuai dengan keinginan.

Ciri-ciri yang tampak sangat jelas terlihat pada kepala burungnya yang memiliki jambul berwarna kuning dan bisa berdiri, sementara putih menjadi warna dominan bulunya. Kakinya sendiri berwarna abu-abu dan matanya kebiruan.

Harga burung kakatua jambul kuning yang fantastis karena kelincahan dan keunikannya ternyata dipengaruhi dengan jenis makanan yang diberikan. Sebab makanannya juga tidak biasa dan berbeda dengan makanan burung-burung umumnya.

Makanan kesukaan kakatua jambul kuning sendiri adalah buah-buahan dan juga sayuran sepertu wortel, kacang panjang, atau lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memberi makanan seperti tongkol jagung atau kelapa yang digantung menggunakan.

Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Jika kamu memiliki rencana membeli dan punya peliharaan dengan keahlian khusus ini, penting mengetahui harga burung kakatua jambul kuning. Bukan hanya itu saja, berikut adalah daftar harga jenis-jenis lainnya yang ada di pasaran.

JENIS BURUNG KAKATUA HARGA KAKATUA
Harga burung kakatua Jambul Kuning (bulu putih) Rp3.000.000 – Rp13.000.000
Harga burung kakatua Raja Hitam Rp4.000.000
Harga burung kakatua Maluku Rp1.600.000
Harga burung kakatua Rawa Rp2.000.000
Harga burung kakatua Anakan Rp2.500.000 – Rp4.000.000

Daftar di atas mungkin saja berbeda dengan harga sebenarnya karena biasanya setiap toko memberikan penawaran berbeda-beda. Meski begitu, harganya tidak akan jauh berbeda sehingga kamu bisa lebih mudah dalam mempersiapkan budgetnya.

Spesies burung satu ini memang sangat beragam, mulai yang paling murah Rp1.600.000 hingga Rp3.000.000 untuk anakannya. Sementara itu, harga jenis macau tipe scarlet bisa tembus di atas Rp30.000.000 untuk setiap ekornya.

Sementara itu, harga burung kakatua jambul kuning memiliki kisaran harga kurang lebih Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000. Sementara itu, kalau sudah tersedia sertifikatnya seperti milik selebriti Rafi Ahmad, harganya bisa di atas Rp10.000.000.

Di pasar ilegal, kakatua diselundupkan dan diburu dengan brutal sebelum kemudian dijual dengan harga kisaran Rp13.000.000. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu membeli yang sudah bersertifikat dari balai konservasi maupun pemerintah jika memang ingin memeliharanya.

Makanan Burung Kakatua Jambul Kuning

Bukan hanya harga burung kakatua jambul kuning saja, kamu juga harus mengetahui mengenai makanannya agar tumbuh dengan baik. Bukan hanya itu saja, pemberian makan yang bagus juga memberikan efek bulu yang tebal dan berwarna tajam.

Makanan pertama yang harus ada setiap hari adalah sayuran segar. Beberapa contohnya seperti kangkung, brokoli, kentang, lobak, wortel, dan masih banyak sekali lainnya dan kemudian campur dengan buah-buahan setelah memotongnya kecil-kecil.

Kedua, kamu juga bisa memberikan buah-buahan karena merupakan makanan alami mereka di alam liar. Bukan hanya itu saja, buah-buahan juga memberikan manfaat untuk tubuh dan menambah keindahan pada bulunya.

Seperti sudah banyak orang tahu, buah mengandung banyak sekali kandungan seperti vitamin A, B+, C dan lainnya. Beberapa yang paling direkomendasikan adalah apel, pisang, pepaya, juga berbagai jenis beri.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan pelet sebagai makanan alternatif yang praktis. Meskipun harga burung kakatua jambul kuning terbilang mahal, namun tidak demikian dengan pelet yang sangat terjangkau di toko online maupun pasar hewan.

Meski begitu, jangan lupa tetap memberikan tambahan pahan alami. Karena meskipun pelet memiliki kandungan nutrisi, namun makanan-makanan yang alami akan membuat kesehatan dan pertumbuhan burungnya lebih optimal.

Terakhir, kamu juga bisa memberikan makanan biji-bijian meskipun bukan sebagai makanan utama. Kakatua termasuk jenis burung berukuran besar sehingga biji-bijian hanya bisa menjadi selingan saja.

Meski begitu, jika peliharaanmu sudah makan biji-bijian secara alami sejak kecil, sebaiknya tetap memberikan jenis makanan ini. Beberapa jenis biji-bijian yang bisa kamu berikan seperti kacang hijau, kacang tanah, biji bunga matahari, biji kuaci, dan lain-lain.

Perlu diingat kalau biji-bijian biasanya tidak memiliki kandungan air. Oleh karena itu kamu harus lebih memperhatikan air minum burungnya dan pastikan selalu penuh agar tidak mengalami kehausan.

Makanan Burung Kakatua Jambul Kuning yang Harus Dihindari

Harga burung kakatua jambul kuning yang cukup mahal membuat kamu harus memperhatikan makanannya. Sebab ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan, tapi ada juga perlu dihindari karena bisa membahayakan kesehatan.

Makanan pertama yang harus dihindari adalah alpukat, karena mengandung zat uang bisa membuat burungnya mati. Inilah kenapa, meskipun buah-buahan menjadi makanan utama namun buah satu ini sangat berbahaya untuk diberikan.

Ketika kamu memberikan buah alpukat, biasanya burungnya menjadi tidak  nafsu makan sehingga sakit dan mati. Bukan itu saja, alpukat juga bisa membuat jantung mereka berdetak lebih cepat dan napas terengah-engah.

Selanjutnya adalah menghindari makanan yang mengandung minyak goreng. Walaupun tidak pasti penyebabnya, namun ada banyak kasus kematian kakatua setelah mengonsumsi makanan dengan kadar minyak goreng tinggi.

Bawang-bawangan juga perlu dihindari, baik bawang merah, putih, maupun daunnya. Ada banyak kejadian kakatua yang langsung mati ketika pemilik memberikan makanan seperti bawang putih.

Terakhir, meskipun buah apel sangat dianjurkan, namun pastikan jangan sampai tertelan bijinya. Hal ini karena biji buah apel memiliki kandungan racun sianida dan juga glikosida sianogen berbahaya dan bisa menjadi penyebab kematian burungnya.

Para pecinta burung sudah tidak asing lagi dengan keunikan dan kecantikan dari berbagai jenis kakatua, termasuk jambul kuning, sehingga banyak peminatnya. Tidak mengherankan jika harga burung kakatua jambul kuning cukup mahal di pasaran.