Cara Budidaya Gaharu

Gaharu merupakan tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis. Tanaman ini dikenal memiliki ekstrak beraroma yang khas, sehingga menjadi salah satu bahan baku produk-produk aromaterapi. Meskipun begitu, tanaman ini dapat juga dibudidayakan. Berikut adalah cara budidaya gaharu yang dapat Anda lakukan.

Pengenalan Gaharu

Gaharu atau dalam bahasa Inggris disebut agarwood merupakan tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis yang tersebar di Asia Tenggara. Nama lainnya yang lebih akrab di telinga adalah jenis kayu kenanga. Gaharu merupakan hasil pohon Aquilaria yang mengeluarkan ekstrak beraroma yang khas. Hal ini dikarenakan adanya infeksi jamur pada pohon tersebut. Ekstrak ini sering digunakan sebagai bahan baku dalam produk-produk aromaterapi.

Menanam Gaharu

Sebelum memulai budidaya gaharu, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Pertama, pastikan Anda memiliki bibit gaharu yang sehat. Bisa didapatkan dengan membeli pohon gaharu yang sudah tua. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan media tanam. Anda bisa menggunakan tanah berpasir atau tanah liat. Media tanam ini harus steril, agar tidak menulari bibit gaharu dengan hama atau penyakit.

Perawatan Gaharu

Setelah media tanam siap, Anda dapat melanjutkan proses budidaya dengan menanam bibit gaharu. Tanam bibit gaharu dengan cara menyebarkannya di atas media tanam. Perhatikan jarak antar bibit, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Setelah itu, pastikan tanamannya mendapatkan cukup air. Tanaman gaharu membutuhkan air yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Jika air terlalu banyak, maka akan membuat bibit gaharu menjadi rusak.

Penyiraman dan Pemupukan

Tahap selanjutnya adalah melakukan penyiraman dan pemupukan. Perhatikan jenis pupuk yang digunakan, karena pupuk yang berlebihan dapat membuat pohon gaharu menjadi rusak. Selain itu, pastikan untuk melakukan penyiraman secara teratur. Penyiraman dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan air hujan atau air yang diberikan secara manual. Air hujan sangat disarankan karena air ini lebih bersih dan tidak akan membuat tanaman gaharu menjadi rusak.

Penyiangan dan Perawatan Tanaman

Selanjutnya adalah melakukan penyiangan dan perawatan tanaman. Penyiangan dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan herbisida atau bahan kimia untuk menghilangkan gulma yang mengganggu tanaman. Penyiangan yang teratur akan membantu tan

Video:Cara Budidaya Gaharu