Cara Budidaya Bunga Kol Dengan Mudah

Bunga kol merupakan salah satu jenis bunga yang banyak digemari. Bunga ini memiliki warna yang beragam, mulai dari putih, merah, kuning, ungu, dan lain-lain. Selain itu, bunga kol juga memiliki bentuk yang unik dan indah. Jika Anda ingin memiliki bunga kol di rumah, berikut ini adalah cara budidaya bunga kol yang bisa Anda coba.

Cara Memilih Tanah dan Media Tumbuh Untuk Budidaya Bunga Kol

Cara pertama yang harus Anda lakukan saat ingin memulai budidaya bunga kol adalah memilih tanah yang tepat. Tanah yang dianjurkan untuk menumbuhkan bunga kol adalah tanah yang bertekstur lembut, berpori besar, dan bersifat sedikit asam. Jika Anda menggunakan tanah yang bertekstur keras dan bersifat basa, maka bunga kol akan sulit tumbuh dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memilih media tumbuh yang tepat. Media tumbuh yang disarankan untuk menumbuhkan tanaman kol adalah media tumbuh yang banyak mengandung kapur dan pasir.

Cara Menanam Bunga Kol

Ketika memilih media tumbuh dan tanah, selanjutnya Anda perlu menanam bunga kol dengan benar. Cara menanam bunga kol adalah dengan menyiapkan pot yang akan digunakan untuk menanam bunga kol. Jika Anda menggunakan pot yang terlalu kecil, maka bunga kol tidak akan tumbuh dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bibit bunga kol yang bagus. Bila Anda menggunakan bibit yang tidak bagus, maka bunga kol yang tumbuh juga tidak akan bagus.

Cara Merawat Bunga Kol

Setelah melakukan cara tadi, maka Anda harus tahu cara merawat bunga kol dengan benar. Cara merawat bunga kol adalah dengan memberikan air secukupnya. Air yang diberikan ke tanaman kol harus sedikit demi sedikit. Jika Anda memberikan air dengan terlalu banyak, maka bunga kol dapat terserang penyakit. Selain itu, Anda juga perlu menyiram tanaman kol secara teratur. Anda juga harus menjaga agar tanaman kol tidak terkena sinar matahari yang terlalu terik.

Cara Mengupas Bunga Kol

Selain cara di atas, Anda juga perlu tahu cara mengupas bunga kol dengan benar. Cara yang tepat untuk mengupas bunga kol adalah dengan menggunakan tangan. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memegang bunga kol lalu geser perlahan-lahan. Usahakan untuk tidak membuka kelopak bunga kol terlalu jauh sehingga tidak merusak bunga kol. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat mengupas bunga kol agar tidak merusak daunnya.

Video:Cara Budidaya Bunga Kol Dengan Mudah